Fungsi Tersembunyi Tombol Esc Pada Keyboard yang Tidak Banyak Diketahui

Fungsi Tersembunyi Tombol Esc Pada Keyboard yang Tidak Banyak Diketahui – Komputer telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia sejak tahun ’90 an. Piranti ini terdiri dari banyak perangkat keras, yang salah satunya adalah keyboard. Dalam keyboard terdapat banyak tombol, dan pada pembahasan kali ini, sesuai judul di atas, kita akan mengupas mengenai fungsi tersembunyi dari tombol Esc.

Pada tombol Esc, yang sering kita ketahui hanyalah untuk melakukan proses cancel pada proses apapun yang kita lakukan. Atau bisa di bilang merupakan kebalikan dari tombol enter yang selalu memproses apaun ketika kita menekannya.

Tombol Esc pertama dikenalkan pertama kali oleh Bob William Bremer, ahli komputer asal Michigan, USA yang secara bersamaan memperkenalkan ASCII (American Standard Code for Information Interchange) sebagai bahasa pemrograman. Kode ASCII sendiri berguna untuk membantu para programmer berpindah dari satu kode ke kode lain saat melakukan pekerjaannya.
Perintah umum yang biasanya diterapkan pada tombol Esc meliputi No (tidak), Stop (berhenti), Abort atau Cancel  (membatalkan), Quit (kembali), atau Exit (Keluar). Selain itu, sebenarnya terdapat fungsi unik lain dari tombol bernilai Unicode 001B ini.

Fungsi Tersembunyi tombol Esc pada Keyboard

1. Membatalkan suatu dialog atau suatu perintah

Biasanya ketika dialog box muncul dengan berbagai macam pilihan, dengan mouse kita bisa menutupnya dengan klik gambar silang. Tapi cobalah hemat waktu anda dengan menekan langsung tombol Esc yang secara instan dan ajaib menutup dialog box tersebut.

Selain itu, jika anda berkutat dengan programming, jika anda menjalankan sebuah perintah dan lupa memberikan kontrol untuk menghentikan suatu perintah, maka secara default, Tombol Esc dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghentikan perintah tersebut.

2. Membentuk Perintah perintah baru dengan kombinasi tombol lainnya

Pada beberapa sistem operasi, dan juga aplikasi, tombol Esc biasa digunakan dengan kombinasi tombol lainnya yang akan menghasilkan fungsi tertentu. Seperti misalnya pada Windows dengan menekan tombol Ctrl + Esc akan menghasilkan fungsi membuka start menu, dan Ctrl + Shift + Esc yang akan membuka Task manager, alternatif kombinasi tombol Ctrl + Alt + del.

Sementara itu, sistem operasi Mac OS, kombinasi tombol Command + Option + Esc akan membuga dialog Force Quit yang sering digunakan untuk menutup paksa program yang sedang tidak merespon. Fungsi yang hampir sama dengan Windows Task Manager pada sistem operasi Windows.

Sedang dalam aplikasi seperti pada kebanyakan Game, tombol Esc akan berfungsi untuk Pause, atau membuka pilihan pengaturan game, bahkan fungsi lainnya seperti keluar dari game. Fungsi ini mungkin sudah umum diketahui karena perkembangan game yang semakin hari semakin pesat.

3. Membuka Program yang Sebelumnya

Pada sistem operasi Windows, terdapat fungsi tombol Esc yang relatif jarang diketahui oleh banyak orang, yaitu membuka program yang sebelumnya telah tertutup. Bagaimanakah maksudnya?

Misal anda sedang membuka Paint, kemudian anda tutup Paint untuk menjalankan Notepad, ketika anda berkeinginan untuk membuka kembali program Paint kembali. Bagi sebagian orang, mereka akan mencari cari paint dengan mousenya atau dengan mengetikkan kata kunci paint pada start menu.

Cara di atas masih kurang efektif, dan efisien jika anda sedang dalam keadaan tergesa gesa. Tombol kombinasi Alt + Esc dapat digunakan untuk membuka Paint kembali. Bandingkan saja, anda harus mengetikkan keyword lagi atau mencari cari letak program paint dengan hanya menekan tombol Alt + Esc saja. Simple.

Nah itu dia beberapa fungsi tersembunyi dari tombol     Esc. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *