Tips Mengamankan Akun Social Media dari Serangan Hacker

Tips Mengamankan Akun Social Media dari Serangan Hacker – Di era saat ini tampaknya hampir semua orang memiliki akun social media-nya masing-masing, entah itu Facebook, Instagram, Twitter, atau Path. Namun tak jarang pula para pengguna akun-akun tersebut menjadi sedikit resah lantaran ada beberapa oknum seperti misalnya para Hacker yang dengan sengaja meretas akun tersebut yang kemudian dipergunakan untuk hal-hal tak bertanggung jawab.

Social Media Tidak Lepas Dari Tangan Hacker Untuk Selalu Mencoba Membobolnya

Oleh karena itulah bagi para pengguna akun social media tampaknya harus lebih berhati-hati dalam mengamankan akunnya. Untuk itu disini kami akan bagikan ulasan seputar tips mengamankan akun social media dari serangan para Hacker. Nah, berikut ulasannya:

Tips Mengamankan Akun Social Media 

1. Hindari menggunakan password umum

Apakah anda pernah melakukan sebuah registrasi akun socmed dan kemudian saat hendak mengisi kolom password tiba-tiba terdapat tulisan yang menunjukkan kadar kekuatan / keunikkan dari password yang anda tulis? Hal itu sebenarnya memang harus diperhatikan karena sebuah password yang unik dapat meminimalisir resiko akun anda terkena Hack dari oknum tak bertanggung jawab.

Oleh karena itu usahakan untuk menggunakan password dengan kombinasi huruf dan angka yang unik, namun pastikan pula jika kombinasi tersebut bukanlah kombinasi dari nama dan tanggal lahir anda karena jika demikian maka password tersebut akan terlalu mudah untuk ditebak dan di-hack oleh para Hacker.

2. 1 password untuk 1 akun

Hal selanjutnya yang tak kalah penting untuk anda lakukan agar akun-akun social media anda terlindung dari serangan para Hacker adalah dengan memastikan jika password yang anda gunakan tidaklah sama antara satu akun dengan lainnya. Hal ini untuk menjaga kebocoran informasi apabila salah satu password anda telah diketahui oleh seorang Hacker, sehingga Hacker tersebut tidak apat menggunakan password itu untuk akun lainnya.

3. Verifikasi 2 langkah

Untuk memberikan keamanan ekstra pada akun-akun social media anda maka ada baiknya jika anda menerapkan verifikasi 2 langkah untuk setiap akun yang ada. Hal ini sebenarnya terbukti cukup ampuh untuk menghindari serangan para Hacker yang mencoba untuk mengakses akun anda karena apabila ingin Log in pada akun tersebut maka yang dibutuhkan bukan lagi username dan password, melainkan juga membutuhkan verifikasi dari pesan yang terkirim pada nomor telepon anda.

Dengan demikian maka setiap saat ingin Log in pada akun tersebut maka sistem keamanan dari akun itu akan mengirimkan sebuah pesan berisi kode yang dapat anda masukkan ketika sedang melakukan Log in sehingga dapat dipastikan jika para Hacker yang tidak mengetahui kode tersebut tidak akan bisa masuk ke dalam akun anda.

4. Scan antivirus

Hal terakhir yang dapat anda terapkan untuk mengamankan akun social media anda dari serangan para Hacker adalah dengan rutin meng-scan komputer anda dengan program antivirus yang terpercaya. Hal ini penting untuk dilakukan karena virus-virus yang ada pada komputer anda bisa jadi merupakan virus yang sengaja dikirimkan oleh para Hacker untuk kemudian membaca basis data pada jaringan sehingga password dari akun anda pun dapat dengan mudah diketahuinya.

Dalam kasusnya adapula Hacker yang mengirimkan virus dalam bentuk email yang mana biasanya email tersebut memiliki subject dan nama pengirim yang tidak jelas sehingga akan lebih baik jika anda tidak membuka email tidak dikenal yang masuk pada inbox guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Disamping itu Anda juga harus mengetahui Cara Paling Umum Yang Digunakan Hacker agar akun social media Anda aman dari serangan hacker. 

Demikianlah ulasan yang dapat anda terapkan seputar tips mengamankan akun social dari serangan para Hacker, semoga bermanfaat.

One thought on “Tips Mengamankan Akun Social Media dari Serangan Hacker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *