Evolusi Grafis Game Dari Dulu Sampai Sekarang

DuniaTeknologi.Info – Perkembangan game bisa dimulai di tahun 1988. Dalam pasar video game rumah saat itu, Nintendo telah berada di puncak kesuksesan. Karena 8-bit Nintendo Entertainment System (NES) mampu menguasai pasar hingga bertahun-tahun meskipun telah ada pesaing lain seperti Sega dan Atari. Namun hal itu, Nampak beda ketika pasaran Sony mampu menjelajah pasar dengan Sony PlayStation nya. Meskipun sebenarnya antara Sony dengan Nintento sebelumnya adalah mitra. Namun mereka akhirnya bersaing untuk membuktikan siapa yang unggul. Hingga akhirnya Sony mampu berada di puncak hingga saat ini.

Evolusi grafis game dari dulu sampai sekarang lebih detail bisa dilihat pada ulasan berikut ini :

PlayStation

Pada masa ini, telah disebut sebagai masa dimana game konsol kelima telah datang. Saat ini telah muncul perangkat yang dapat mendukung file hingga 32-bit. Sedangkan perangkat yang mempunyai CD-ROM masa saat itu ialah 3D0 Atari dengan Jaguar pada tahun 1993. Hingga akhirnya para eksekutif Sony membangun secara penuh mesin PlayStation.

Tak lama kemudian divisi SCE masuk kedalam divisi yang tersukses dari semua divisi Sony. Akan tetapi penjualan PlayStation dihentikan di tahun 2005 diseluruh dunia, ketika berhasil mencatatkan hingga 102 juta unit dalam masa 9.5 tahun. Di tahun 2000, PlayStation telah mengalami re-design dalam portabilitas. Saat itu pula Nintendo cuma mampu menjual hingga 32.930.000.

PlayStation 2 (PS2)

Sega Dreamcast tercatat sebagai konsol pertama yang merangkul internet menjadi bagian dari game, apalagi ada browser Web terintegrasi, walaupun dengan koneksi modem 56K. Kesuksesan Sega terlihat menjanjikan karena penjualan awal mampu mencapai 500.000 unit Cuma dengan waktu 2 minggu di awal penjualannya di Amerika September 1999 silam.

PlayStation 2 mampu mencapai puncak keberhasilan dengan rekor penjualan yang mencapai 150 juta unit mampu terjual sampai Februari 2011 Cuma dalam waktu 10 tahun serta 11 bulan sesudah dirilis awal pada tahun 2000 di jepang.

PlayStation 3 (PS3)

Selanjutnya Xbox 360 sebagai gelombang konsol terdepan dari pada generasi yang ke-7 tahun 2005 silam. Disertai jaringan Xbox Live dalam bermain online akan mendorong keuntungan sangat besar Xbox pada masa itu. Sony menghadapi problem manufaktur masa itu, karena tidak bisa menyokong format Blu-Ray. Dalam masanya, PS3 adalah konsol pertama yang telah menyokong full high-definition video dengan resolusi 1080p.

Seperti pada PS2, PS3 pun memperkenalkan versi ramping mesinnya di bulan Agustus tahun 2009. Hal ini terlihat hingga 33% lebih kecil dengan berat kira-kira 4,3 kilogram. Vendor Sony akhirnya juga meluncurkan game multiplayer secara online gratis disertai jaringan PlayStation Network dan mengumpulkan hingga 90 juta pengguna di awal 2012 silam.

PlayStation 4 (PS4)

Selanjutnya perang konsol game dalam generasi kedelapan tampak di depan mata. Persaingan tersebut dimulai oleh Nintendo Wii U tahun lalu, sekaligus menandakan jika Nintendo mulai memimpin seperti dahulu kala. Namun semua mata tertuju oleh dua raksasa yakni: Xbox One dengan PlayStation 4. Itu tidak mungkin dan 150 juta konsol yang pernah dijual sama hal nya dengan PS2. Karena persaingan bukan Cuma datang dari konsol, melainkan banjir handheld (misalnya Sony PlayStation Vita) maupun smartphone yang telah mendukung.

PS4 dengan Xbox One telah memulai debut pertamanya dari Amerika Utara dalam harga $399.99 serta $499.99. Keduanya juga menggunakan chip AMD didalam CPU dan juga grafis. Keduanya juga mempunyai 500GB hard drive, Wifi dan Gigabit Ethernet, telah didukung oleh video 4K, serta masih banyak lagi. Tapi kedua konsol tersebut tidak mendukung game pada konsol game sebelumnya. Nah, Evolusi grafis game dari dulu sampai sekarang bisa terlihat secara nyata dengan persaingan yang ketat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *