Inilah Alasan Mengapa Keamanan Iphone Dianggap Lebih Baik Dari Android

Kenapa Keamanan Iphone Dianggap Lebih Baik Dari Android

DuniaTeknologi.Info – Menggunakan gadget besutan Apple khususnya Iphone merupakan suatu kebanggan tersendiri. Sejarah pendiri perusahaan yang melegenda, design yang elegan, fitur-fitur yang jarang ada di smartphone lain dan seabreg kelebihan lain membuat siapapun yang memakai produk tersebut seakan bertambah nilai kepercayaan dirinya.

Meskipun sudah banyak beredar smartphone android yang lebih murah dan dengan spesifikasi bersaing, namun tampaknya tak mengurangi eksistensi iphone sedikitpun. Bagi sebagian orang, salah satu pertimbangan membeli iphone adalah sisi keamanannya yang benar-benar bisa diandalkan.

Baca Juga : Kemudahan Hidup Di Era Digital Dari Kerjaan Hingga Masalah Kredit

Nah, penasaran kenapa keamanan Iphone dikatakan lebih baik daripada Android? Untuk menjawab hal tersebut, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1. Keamanan yang Lebih baik Dibandingkan Android
Iphone dikenal memiliki kinerja yang sangat baik. Bisa dikatakan hampir tidak terdapat celah untuk bisa membobol sistem operasi pada iphone. Sampai saat ini belum ada yang bisa meretas iphone, berbeda dengan Android yang memiliki banyak celah, apalagi jika perangkat Android tersebut sudah di root.

Untuk mendapatkan aplikasi tertentu di appstore anda harus membayar cukup mahal. Hal ini dikarenakan pengembang akan melakukan pengembangan secara terus menerus untuk menghindari celah dari para peretas menembus firewall nya.

2. Tahan Akan Malware
Bisa dikatakan iphone kebal terhadap malware. Ini dikarenakan memang sistem keamanan yang cukup baik. Apple akan benar-benar menyeleksi aplikasi yang bisa dijual di appstore, dan memastikan aplikasi tersebut bebas malware, lain hal nya dengan Android. Begitu banyak aplikasi yang bisa and download di playstore, seringkali aplikasi tersebut mendapatkan julukan “aplikasi sampah”.

3. Tidak Ada Aplikasi Pemecah Kode Enkripsi
Pihak Apple menolak untuk bekerjasama dengan NSA untuk menciptakan aplikasi untuk memecahkan kode enkripsi Iphone. Pemecah kode enkripsi akan membahayakan privasi pengguna Iphone, ini merupakan alasan mengapa keamanan Iphone lebih baik daripada Android.

4. Aplikasi Untuk Meretas Android
Ada kabar berita kerjasama antara Inggris dan Jerman sudah megembangkan aplikasi untuk meretas perangkat Android dengan mengaktifkan kamera dan merekam tanpa anda sadari. Tetapi tidak demikian dengan Iphone, semua aplikasi yang ada di appstore sudah melewati proses screening untuk mencegah malware.

5. Fasilitas Icloud
Bagi pengguna produk Apple, Icloud bukanlah hal yang asing. pada dasarnya fungsi icloud mirip dengan teknologi cloud computing (komputasi awan). Fitur ini memungkinakan pengguna menyimpan dan mensinkronisasi data seperti foto, musik, dokumen dan lain-lain.

Lantas apa hubunganya dengan keamanan? Nah ini dia, jika anda mengaktifkan icloud di perangkat iphone anda, jika iphone anda hilang anda bisa melacak keberadaan iphone anda dan anda bisa memerintahkan iphone anda untuk mengeluarkan suara tanda iphone anda telah dicuri.

Dan yang paling utama, iphone anda tidak akan bisa di reset kalau anda tidak memasukan password icloudnya. Maka orang yang mencuri iphone anda tidak akan bisa melakukan apa-apa terhadap iphone anda, karena anda juga bisa menghapus semua data anda dari jarak jauh.

6. Touch ID
Touch ID di perangkat iphone merupakan fitur keamanan terdepan. Iphone akan meminta scan sidik jari anda untuk membuka layar interface Iphone, jika gagal scan sidik jari langkah keamanan kedua adalah passcode.
Fitur ini kalau diingat-ingat mungkin iphone yang pertama menerapkan fitur touch ID. Sekarang beberapa merek produsen smartphone sudah menanamkan fitur itu di smartphone besutanya masing-masing.

Nah itulah alasan kenapa iphone dari sisi keamanan dianggap lebih baik daripada android.Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *