Tips Penting Dalam Membeli Tripod, Agar Mendapatkan Yang Terbaik

DuniaTeknologi.Info – Tripod merupakan peralatan tambahan dalam fotografi. Namun kadang bagi sebagian orang, tripod menjadi perlengkapan wajib yang harus disandingkan dengan kamera. Sebab tripod memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu sebagai dudukan terbaik untuk kamera, yang sejauh ini belum tergantikan. Karena termasuk perangkat penting, maka sebaiknya Anda mempertimbang beberapa hal, sebelum membeli sebuah tripod, agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, idealnya pertimbangkan beberapa fitur penting berikut ini sebelum Anda membelinya.
Tips Dalam Membeli Tripod yang Wajib Anda Ketahui
1. Pertimbangkanlah Berat dari Tripod
Sebelum memilih tripod, sebaiknya Anda perhatikan beratnya. Supaya Anda tidak terbebani saat hendak membawanya kemana-mana. Memang benar semakin berat, maka semakin stabil pula tripodnya. Namun bagi Anda para treveler, pasti menginginkan tripod yang ringan, agar nyaman dibawa kemana pun. Maka sebaiknya Anda memilih  tripod yang terbuat dari bahan alumunium atau karbon.
Tripod yang berat biasanya digunakan untuk kegiatan indoor, seperti foto studio. Sebab tripod tersebut tidak sering dipindah-pindah. Jadi kalau untuk kebutuhan seperti ini, sebaiknya Anda memilih tripod yang berat. Agar memiliki kestabilan yang tinggi.
2. Hitung Kapasitas Beban
 
Fungsi utama tripod adalah sebagai dudukan kamera. Maka sebelum memilih tripod, sebaiknya Anda menghitung kapasitas beban dari beberapa alat, seperti berat kamera, tripod head (jika tripod yang akan dibeli tidak ada head bawaan) dan lensa kamera terberat milik Anda (jika ada). Kemudian Anda hitung berat totalnya, agar disesuaikan dengan kapasitas beban dari tripod yang akan dibeli.
Memang kebanyakan tripod sudah didesain memiliki kemampuan menahan beban yang cukup berat. Tapi tetap saja Anda harus menghitung berat total peralatan kameradiatasnya, agar tripod yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab semakin tinggi kapasitas beban, maka biasanya semakin tinggi pula harganya. Jadi seandainya peralatan Anda ringan, untuk apa Anda mengeluarkan uang lebih untuk membeli tripod yang diatas kebutuhan Anda.
3. Periksalah Kestabilan dari Kepala Tripod
Jika Anda membeli tripod yang sudah ada headnya, sebaiknya Anda periksa dengan seksama kestabilan serta kekuatan dari kepala tripod. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memastikan bahwa kepala tripod tidak mengangguk, saat Anda telah mengencangkan kuncinya. Jika masih mengangguk saat sudah dikencangkan, berarti kualitasnya kurang bagus.
4. Pilihlah Tinggi Tripod yang Sesuai Kebutuhan Anda
 
Tripod sendiri bisa Anda setting pada ketinggian maksimum, yang memungkinkan Anda dapat mencover objek lebih luas. Namun sebaiknya Anda juga mempertimbangkan tinggi tripod yang akan dibeli. Karena biasanya semakin tinggi tripodnya, maka akan semakin besar pula beratnya. Ini demi kenyamanan Anda, agar tidak terbebani ketika akan membawa tripod kemana-mana.
5. Pertimbangkan Jumlah Segmen Kaki Tripod
 
Kaki tripod memang memiliki jumlah segmen (potongan) yang bermacam-macam, ada dua, tiga ataupun empat. Kenapa ini harus Anda pertimbangkan? Sebab semakin banyak segmennya, maka kaki tripod di bagian bawah akan semakin kecil. Sehingga tingkat kestabilannya akan semakin rendah. Namun kelebihannya, akan membuat fisik tripod semakin ramping. Jadi lebih nyaman dibawa kemana-mana.
6. Sebaiknya Pilih Tripod yang Ada Gantungannya
 
Sebagian tripod dibekali dengan fitur gantungan yang terletak di tengah-tengahnya. Tahukah Anda, apa fungsi dari gantungan tersebut? Gantungan tripod berfungsi untuk menambah beban tripod, dengan menggantungkan pemberat tambahan agar kestabilan tripod lebih terjaga.
Demikianlah informasi mengenai tips penting dalam membeli tripod, agar anda tidak salah pilih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *