Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Dan Berbunyi

DuniaTeknologi.Info – Salah satu masalah yang sering ditimbulkan oleh perangkat komputer yaitu hardisk yang rusak bahkan sampai berbunyi. Seperti yang kita tahu, hardisk merupakan bagian terpenting dalam sebuah perangkat komputer. Meskipun Anda memiliki uang untuk membeli baru, namun dunia teknologi berpesan ada baiknya jika Anda terlebih dulu membaca artikel Tips Memilih Dan Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik.

Namun jika Anda belum memiliki tabungan yang cukup untuk membeli yang baru ada baiknya jika Anda pernah mengalami masalah tersebut, maka simak ulasan tips memperbaiki hardisk rusak dan berbunyi berikut ini.

Tips Memperbaiki Hardisk Rusak
 
1. Cek dan Pastikan
 
Langkah awal untuk memperbaiki hardisk rusak yaitu dengan melakukan pengecekan atau memastikan kondisi sistem komputer. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membongkarnya. Jika Anda tidak memiliki keterampilan memperbaikinya, lebih baik bawa ke service komputer.
Nah, berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan bahwa hardisk Anda mengalami masalah:
  • Mesin komputer berbunyi keras seperti melengking.
  • Saat digunakan komputer mengalami laoding yang sangat lama. Hal ini terjadi karena hardisk tidak terbaca secara sempurna oleh sistem.
  • Untuk kondisi yang menunjukkan bahwa hardisk rusak parah yaitu komputer tidak dapat masuk ke windows untuk digunakan.
  • Bahkan lebih parahnya lagi, hardisk tidak terdeteksi saat di cek melalui BIOS, meskipun hardisk dalam kondisi terpasang.

 

Jika tanda-tanda tersebut terjadi ada komputer Anda, maka bersiap-siaplah memback-up data ke tempat lain misalnya flashdisk maupun hardsik eksternal. Hal ini untuk menyelamatkan data Anda jika komputer Anda benar-benar rusak parah.
2. Copot Hardisk
Jika Anda telah memastikan bahwa hardisk komputer benar-benar rusak, maka Anda dapat melakukan tindakan perbaikan hardisk rusak dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Bongkar hardisk kemudian masukkan dalam kantong statik khusus lalu tutup dengan rapat.
  • Setelah tertutup dengan rapat, masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 20 menit hingga 1 jam.
  • Setelah itu, keluarkan hardisk dari kantong statik, kemudian keringkan dengan cara dijemur dan dilap.
  • Setelah benar-benar kering, masukkan dan rakit kembali hardisk ke dalam komputer Anda.
  • Apabila hardisk sudah terpasang dengan baik, cobalah hidupkan komputer Anda dan lihat apakah hardisk sudah bekerja dengan normal atau tidak. Semoga berhasil.

Namun, jika cara di atas tidak dapat mengembalikan hardisk berfungsi seperti semula, maka hal tersebut menunjukkan bahwa hardisk Anda telah mengalami kerusakan yang parah. Maka solusinya yaitu membeli hardisk yang baru.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop/Komputer Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Mencegah Hardisk agar Tidak Cepat Rusak
Agar laptop yang Anda miliki tidak cepat rusak, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti yang kami jelaskan berikut ini.
1. Matikan Laptop dengan Cara Shutdown

Prosedur yang benar mematikan laptop yaitu dengan mengklik shutdown. Namun, terkadang kita lupa mematikan laptop dengan prosedur yang benar alias menekan tombol power secara langsung.
2. Hindari Pakai Laptop di Atas Kasur
 
Saat Anda mengunakan laptop, maka prosesor dan VGA laptop akan panas. Panas ini akan tersimpan dalam laptop jika Anda meletakkan laptop di atas kasur. Hal ini akan menyebabkan laptop menjadi overheat. Untuk lebih amannya, gunakan kipas laptop atau USB pendingin sehingga dapat menjaga sirkulasi udara pada perangkat laptop Anda.
3. Gunakan Anti Virus
 
Kerusakan hardisk bisa juga disebabkan oleh serangan virus. Nah, untuk mengantisipasinya, selalu gunakan anti virus terpercaya untuk mencegah serangan virus dari aktivitas download dan install aplikasi pada perangkat laptop Anda.
Itulah informasi terkait tips memperbaiki hardisk rusak dan hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan hardisk. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *