Pemicu Kerusakan Pada Motherboard Dan Cara Mengatasinya

DuniaTeknologi.Info – Motherboard merupakan sebuah hardware yang terdapat pada CPU, bentuknya menyerupai/seperti sebuah papan, lebih tepatnya disebut papan PCB yang telah banyak digunakan di dunia komponen elektronika. Motherboard yang juga sering dikenal dengan istilah mainboard atau mobo ini merupakan tempat dimana perangkat keras pada komputer dan bagian – bagian pada CPU dapat saling terhubung satu sama lainnya.

Papan induk motherboard merupakan komponen utama dari PC, karena dengan adanya motherboard ini seluruh komponen PC dapat disatukan.
Nah, layaknya komponen lain, tentunya motherboard ini juga dapat mengalami kerusakan. Biasanya Anda dapat mendeteksinya dari pesan error yang ada di PC, terdapat bunyi beep secara terus menerus, dan lainnya.
Lantas apa penyebab rusaknya motherboard pada komputer atau laptop? Nah, berikut ini akan kami jelaskan penyebab dan solusi motherboard yang mengalami kerusakan tersebut.
Pemicu Kerusakan Pada Motherboard Dan Cara Mengatasinya
1. Tegangan dan suplai listrik tidak stabil
Penyebab dari kerusakan pada motherboard selanjutnya karena adanya tegangan dan suplai listrik yang tidak stabil. Munculnya permasalahan ini akan menyebabkan motherboard tidak mendapatkan suplai listrik secara optimal, kemudian tidak dapat mengoperasikan sistem komputer dengan normal. Hal inilah yang menjadi penyebab motherboard mengalami kerusakan, dan berpotensi terbakar bila suplai tegangan listrik terlalu besar.
Terdapat dua alasan mengapa motherboard mengalami kerusakan dari suplai listrik. Seperti power supply yang kualitasnya buruk atau mungkin klarena sudah mengalami kerusakan sebelumnya. Kemudian bisa juga diakibatkan tegangan listrik (AC) di rumah yang naik turun atau tidak stabil. Sedangkan untuk pengguna laptop, jika menggunakan bateray kualitas KW maka hal tersebut merupakan salah satu penyebab kerusakan motherboard.
Cara mengatasinya Anda bisa menggunakan volt stabilizer supaya tegangan listrik menjadi lebih stabil dan tidak mudah berubah – ubah. Untuk itu agar terhindar dari kerusakan motherboard sebaiknya pastikan kondisi power supply selalu prima, jika mulai rusak, lebih baik di ganti dengan yang baru, yang kualitasnya bagus. Sedangkan untuk pengguna laptop, idealnya menggunakan baterai original supaya bebas dari gangguan suplai listrik tidak stabil.
2. Terjadi overhead pada komponen CPU
Penyebab yang paling sering terjadi pada motherboard yaitu karena overheat atau panas secara berlebih pada beberapa komponen CPU yang Anda miliki. Komponen CPU yang biasanya sering mengalami panas berlebihan yaitu :
  • Harddisk
  • VGACard
  • Processor
  • RAM

 

Keempat komponen diatas bisa menyebabkan kerusakan pada motherboard bila tidak segera di atasi permasalahannya.

Baca Juga : Kelebihan DDR5 Yang Telah Hadir

Solusinya, ada beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan guna mencegah adanya overheat. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa anda coba agar kondisi PC menjadi lebih baik dari sebelumnya :
  • Menggunakan aplikasi dengan seperlunya, jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi secara bersamaan
  • Selalu menggunakan kipas tambahan agar kondisi PC tetap dingin
  • Sesuaikan aplikasi yang akan Anda jalankan dengan spesifikasi komputer yang Anda gunakan
  • Maksimalkan ruang pembuangan udara panas dari komputer, seperti kisi – kisi udara.

 

Dengan melakukan tips trik diatas dijamin komputer maupun laptop yang Anda gunakan dapat terhindari dari kondisi kerusakan motherboard
3. IC komponen terbakar
IC adalah salah satu kontroler yang bisa menjalankan fungsi komponen CPU. Adanya gangguan pada IC akan merusak motherboard PC Anda. Bila terjadi konsleting di bagian AC maka berpotensi terjadinya kebakaran. Oleh karena itu kurangi terjadinya overheating supaya suhu dari PC tidak terlampau panas. Timbulnya overheating menyebabkan IC terbakar dan mengalami gangguan.
Itulah beberapa penyebab kerusakan pada motherboard serta cara mudah dan efektif  mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *