7 Penyebab Smartphone Sering Panas yang Perlu Diwaspadai

DuniaTeknologi.Info – Jika sudah memegang smartphone dengan kondisi full baterai dan banyak kuota, terkadang kita terlena dalam penggunaannya. Selain menjadi tidak peduli dengan apa yang ada sekitar kita, waktu juga menjadi lebih cepat sementara pekerjaan belum selesai. Smartphone telah mengubah banyak hal sulit menjadi mudah atau sebaliknya. Jika kondisi smartphone anda seringkali bermasalah terutama panas, berikut ini bisa anda simak penyebab smartphone sering panas.

Smartphone Panas, Android Cepat Panas, Penyebab Smartphone Cepat Panas

 

1. Serangan Virus atau Malware

Yang perlu diketahui pertama kali adalah serangan virus yang bisa terjadi di smartphone anda. Virus atau malware ini bisa anda atasi dengan menginstall aplikasi antivirus. Smartphone panas anda bisa terjadi karena adanya virus atau malware menghambat kerja system smartphone anda sehingga harus bekerja lebih keras. Lakukan scanning rutin untuk membuat aman smartphone anda.

2. Baterai, Penyebab Smartphone Sering Panas

Sumber daya smartphone adalah baterai. JIka kebutuhan penggunaan smartphone anda tinggi, kapasitas baterai juga tidak bisa memenuhi. Kondisi ini menuntut kita untuk sering mengecas smartphone. Jika anda sudah mencharge berulang kali, biasanya performa baterai akan menurun dan jika dipaksa untuk bekerja maka membuat smartphone menjadi panas. Hindari menggunakan smartphone ketika di charge.

3. Cuaca Panas

Penyebab Smartphone panas kali ini karena factor eksternal. Jika anda menggunakan smartphone dibawah sinar matahari langsung, bisa dipastikan membuat smartphone anda panas. Selain itu, smartphone anda bisa panas jika sering dimasukkan ke tempat – tempat uang minim sirkulasi udara seperti kantong celana yang ketat. Sama halnya dengan manusia, smartphone buth tempat yang memiliki sirkulasi udara agar tidak panas.

4. Casing Handphone

Kenali casing smartphone anda. Jika yang anda gunakan adalah menyita banyak udara maka bisa jadi ini adalah penyebab smartphone panas di permasalahan anda. Gunakan casing dengan bahan yang dingin seperti plastic atau silicon. Hindari bahan metal atau aluminium karena bisa mempengaruhi suhu smartphone anda. Jika anda berada di ruangan yang dingin, maka smartphone anda bisa menjadi lebih dingin (berlebihan) namun jika di tempat panas, suhu smartphone juga akan lebih meningkat.

5. Periksa Sinyal Anda

Sebenarnya, smartphone sudah diatur sedemikian rupa untuk selalu mencari sinyal atau jaringan seluler. Oleh karena itu, ketika anda sedang berada di wilayah yang sulit sinyal lebih baik anda mematikan smartphone atau gunakan mode pesawat. Jika tidak dan anda tetap memaksakan smartphone menyala mencari sinyal, baterai akan tersedot dan membuat panas smartphone.

6. Aplikasi dalam Smartphone Anda

Sekarang ini sudah banyak ditemukan ragam aplikasi menarik yang membuat anda jadi ingin menginstall semuanya. Tapi tahukah anda itu juga menjadi penyebab smartphone sering panas? Panasnya smartphone bukan karena banyak aplikasi diinstall tetapi banyaknya aplikasi yang digunakan secara bersamaan. Anda bisa mengunakan aplikais yang menurut anda paling penting, sementara lainnya bisa anda ubah menjadi off atau uninstall.

7. Spesifikasi Smartphone

Bnayak beredar di pasaran smartphone yang murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Namun anda perlu lebih teliti ketika membeli smartphone. Jika anda butuh multitasking, anda bisa memilih smarphone yang memiliki spesifikasi canggih. Kenali jumlah RAM jenis processor dan kapasitas penyimpanan smartphone anda. Sebab, semakin tinggi RAM maka jumlah aplikasi yang bisa dibukan akan semakin banyak.

Baca Juga Inilah 5 Aplikasi GPS Android Terbaik Selain Google Maps yang Perlu anda Miliki

Setelah mengetahui beberapa penyebab smartphone sering panas, anda bisa melakukan penanganna lebih lanjut tentu saja untuk menyelamatkan smartphone anda dari kerusakan. Gunakan secara bijak dan tidak berlebihan agar anda tidak mendapati kondisi panas pada smartphone. Semoga informasi ini membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *