7 Tips Memotret dengan Kamera DSLR Untuk Menghasilkan Foto Bagus

DuniaTeknologi.Info – Kamera DSLR memang semakin digandrungi untuk mengabadikan berbagai momen. Entah untuk mengabadikan panorama maupun acara prewedding. Beragam kamera DSLR beredar di pasaran. Ada yang murah di bawah 5 jutaan ada pula yang harganya tembus puluhan juta. Nah, kalau sudah punya kamera DSLR, berikut ini kami ulas tips cara memotret dengan kamera DSLR untuk menghasilkan foto yang bagus.

Agar memotret dengan kamera DSLR milikmu menghasilkan gambar yang oke, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.
1. Cermati Pemilihan Format, Resolusi Tinggi Berarti Gambar Semakin Bagus
Kamera DSLR mempunyai dua pilihan hasil gambar; Raw dan JPEG. Karena itu hendaknya mengenali dua format ini. JPEG (Joint Photographic Experts Group) merupakan hasil gambar yang telah melalui berbagai setingan yang Anda terapkan. Sedangkan Raw yang secara artinya mentah adalah hasil gambar yang masih murni hasil olahan sensor kamera.
2. Kesulitan Mengatur Fokus Secara Manual? Pakai Autofocus Saja
Para fotografer profesional sudah ahli dalam mengatur fokus secara manual agar objek yang dijepret bisa tertangkap sempurna. Namun bagi kita yang pemula, gunakan saja yang mudah, yaitu Autofocus.
Ada 3 pilihan mode autofocus yang tersedia di kamera DSLR. Ada  Autofocus Single Area (Canon: One Shot AF, Nikon:  Single Area AF ) yang fungsinya untuk mengunci focu objek pada titik tertentu. Meskipun benda sudah berpindah, namun kita tidak kehilangan fokus.
Autofocus Continuous (Canon: AI Servo, Nikon: Continuous/AF-C) adalah mode auto untuk menganalisa pergerakan objek. Mode ini digunakan untuk memotret objek yang terus bergerak.
Autofocus Hybrid, merupakan campuran Single & Continuous. Mode ini sangat membantu untuk menangkap gambar ojek yang kadang bergerak kadang diam. Secara otomatis kamera akan berubah mode sesuai kondidi objek. Hanya saja tidak setiap kamera DSLR memiliki fitur ini.
3. Agar Hasil Gambar Tajam, Gunakan Image Stabilization
Fitur ini sangat membantu ketika kita mengambil gambar di tempat yang minim cahaya. Kenali kamera DSLR milikmu apakah memiliki fitur ini ataukah tidak. Kamera merek Canon EOS M5 misalnya, telah dibekali fitur ini.
4. Manfaatkan Fitur Sensor Cleaning Untuk Menghapus Debu Secara Otomatis
Tentunya banyak debu yang hinggap di sensor kamera DSLR. Untuk manfaatkan fitur Sensor Cleaning yang sudah banyak tertanam di kamera DSLR. Namun perlu juga sesekali dilakukan pembersihan secara manual dengan cara yang sangat hati-hati.
5. Gunakan Depth-Of-Field Preview
Tombol DOF Preview ini merupakan alat bantu untuk melihat perkiraan foto yang dihasilkan. Sehingga kita bisa menilai mana objek yang fokus dan mana yang tidak. Dept og Filed sendiri  adalah variasi jarak anatara kamera dengan subyek foto dalam menghasilkan variasi fokus foto.
6. Manfaatkan Fungsi Noise Reduction
Saat pengambilan gambar dalam suasana kurang cahaya, biasanya pengguna kamera akan menaikkan ISO, namun ini mengakibatkan timbulnya noise. Tetapi jika Anda memakai DSLR, tidak usah terlalu khawatir munculnya bintik hitam ini. Karena kebanyakan kamera DSLR sudah tersedia fitur Noise Reduction untuk mengurangi bintik hitam yang muncul.
7. Sesekali Boleh Juga Berexperimen dengan White Balance
Secara singkat White Balance merupakan kemampuan kamera untuk membaca, mengatur, serta menyesuaikan temperatur warna dengan merujuk pada jumlah cahaya yang diterima sensor. Hasilnya warna asli objek dengan warna dalam foto bisa sama. Penggunaan White Balance ini biasa diterapkan ketika memotret dalam ruangan dan keadaan lain yang minim cahaya.

Bagaimana? Bisa menerapkan 7 cara memotret dengan kamera DSLR di atas? Mari terus berlatih agar hasil jepretan kita makin mirip para profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *