9 Fotografer Paling Legendaris di Dunia Yang Karyanya Mengagumkan

DuniaTeknologi.Info – Dari masa ke masa fotografi tak lekang menjadi bagian dari kehidupan umat manusia. Sejak dari zaman teknologi kamera kuno hingga kamera digital masa kini, fotografi selalu bisa hidup dan menghidupi banyak orang. Sejarah mencatat 9 fotografer terbaik paling legendaris dunia yang karyanya menyentil berbagai sisi kehidupan.

Mereka memiliki karya fotografi yang luar biasa. Memantik orang yang melihatnya agar lebih peka terhadap berbagai hal, khususnya kemanusiaan. Berikut ini daftarnya …

9 Fotografer Legendaris di Dunia

1. Nadav Kander, Masternya Lanskap


Nadav Kander adalah fotografer yang terkenal dengan foto-foto lanskapnya. Pria kelahiran Tel Aviv 1 Desember 1961 ini semakin terkenal semenjak bertugas mendokumentasikan foto Obama untuk New York Times di tahun 2008. Foto-foto hasil jepretannya dianggap terbaik sepanjang 10 tahun terakhir.

2. Richard Kalvar, Master Foto Kontemporer

Kalvar merupakan fotografer kelahiran Brooklyn New York, 1944. Ia menjadi salah satu fotografer yang bergabung dengan Magnum Photos, sebuah persatuan kerjasama para fotografer internasional yang berkantor di New York, Paris, London, dan Tokyo.

Ia terkenal sebagai master foto kontemporer yang berhasil memasukan antara keanehan dan seni. Ia mengatakan dalam ungkapannya bahwa ia ingin membuat drama kecil yang membuat orang banyak akan berpikir, bermimpi, merasa, berfantasi dan tersenyum.

3. Richard Avedon Penentu Fashion Amerika

Richard Avedon (15 Mei 1923 – 1 Oktober 2004), seorang fotografer Amerika bergenre fashion dan potrait.ia dikatakan sebagai sosok yang mempengaruhi citra Amerika dalam bidang gaya, keindahan dan budaya dalam 50 tahun terakhir.

Ia tergolong seniman fotografer terkenal sepanjang masa yang berprinsip seni adalan pertarungan. Setelah ia meninggal The New York Times menerbitkan orbituari yang mengatkaan bahwa hasil jepretan Avedon membantu menentukan gaya fashion orang Amerika.

4. Hiroji Kubota, Legenda Fotografer Asia

Fotografer kelahiran Tokyo 1939 ini telah menyabet berbagai penghargaan. Tahun 1980 ia meraih Mainichi Art Prize. Selang setahun kemudian ia dianugrahi penghargaan tahunan fotografi Masyarakat Jepang.

5. Pieter Hugo Menyuarakan Afrika Selatan

Fotografer yang kini berusia 40 tahun ini berasal dari Afrika Selatan. Hasil fotografinya mengungkapkan seni, tradisi, sejarah mauoun kehidupan sehari-hari warga Afrika. Ia memberi ruang baru bagi masyarakat Afrika untuk berekspresi melalui foto-foto yang dibuatnya.

6. Vivian Maier, Legenda Fotografi Jalanan

Sosok Vivian Maeir menjadi satu-satunya legenda fotografer dunia yang tak mengejar karis fotografi. Ia bekerja sebagai baby sitter. Di sela waktu luangnya ia memotret kehidupan di sekitarnya. Karyanya terlambat mendapat apresiasi karena selama hidupnya anya tersimpan sebagai koleksi pribadi.

Beruntunglah tahun 2007 seorang kolektor bernama Jhon Maloof menemukan sisa-sisa karya Vivian. Hingga dua tahun ia menelusuri siapa pemilik karya yang dianggapnya mengagumkan itu, dan Maier telah meninggal tahun 2009.  Sehingga Maloof tak sempat berjumpa dengan Maier.

7. Mary Ellen Mark, Gaya Unik Jurnalistik


Wanita kelahiran Elkins Park, Pennsylvania, Amerika pada 20 maret 1940 ini baru meninggal 25 Mei 2015 yang lalu. Ia memiliki ciri khas unik dalam foto genre jurnalistik, potret dan dokumentasi. Karya-karyanya telah ditampilkan di berbagai galeri di dunia, maupun menghiasi halaman-halaman terkemuka seperti  seperti The New Yorker, Rolling Stone, Vanity Fair dan New York Times.

8. Annie Leibovitz Pemotret Selebriti Dunia

Wanita kelahiran Waterbury, Connecticut, Amerika pada 2 Oktober 1949 ini merupakan salah satu fotografer terbaik Amerika. Ia terkenal banyak memotret para selebriti dunia. Pengalamannya di bidang fotografi membuatnya punya banyak kontrak dengan berbagai majalah terkemuka.

9. Jean Gaumy Pemberani Dengan Foto-Foto Jurnalistik

Wanita yang kini berusia 69 tahun ini terkenal sebagai fotografer dan film maker asal Perancis yang karyanya luar biasa. Gambar hasil bidikannya yang membongkar sistem korup dalam penjara menjadi hal yang mendongkrak popularitasnya. Foto-fotonya hingga kini banyak terpajang di galeri-galeri dunia. Namun maaf duniateknologi tidak menemukan fotonya.

Itulah 9 fotografer legendaris dunia saat ini. semoga menjadi inspirasi yang membangkitkan semangat kita yang muda untuk terus berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *