7 Macam Teknik Pengambilan Gambar dan Hasilnya Yang Harus Anda Tahu

DuniaTeknologi.Info – Mungkin dalam keseharian kita sudah menjumpai dan melihat beragam bentuk foto. Masing-masing memiliki tujuan tertentu, dengan menggunakan teknik tertentu saat pengambilan gambarnya. Gambar close up misalnya, sering digunakan membuat foto diri untuk keperluan lamaran kerja dan sebagainya. Nah, berikut ini adalah 7 teknik pengambilan gambar yang umum dipakai dan perlu Anda tahu.
Memahami macam-macam teknik pengambilan gambar atau type of shot penting agar Anda tidak salah teknik. Sehingga hasil foto jadi kurang memuaskan. 
1. Extreme Long Shot
Disebut juga dengan Extra Long Shot dan Very Long Shot, merupakan teknik pengambilan gambar yang memiliki cakupan area sangat luas. Biasanya digunakan untuk mengambil gambar pemandangan alam baik berupa gunung, sawah, maupun manusia dengan menonjolkan bagian latar belakangnya. Sering juga dipakai untuk pengambilan gambar prewedding.
Dalam menggunakan teknik ini sebaiknya Anda memiliki komposisi yang pas sehingga bisa menyatukan objek utama dengan berbagai elemen di sekitarnya. Agar hasilnya secara keseluruhan merupakan kesatuan yang sempurna.
2. Long Shot
Jika pada Extreme Long Shot berusaha menampilkan latar belakang yang seluas-luasnya, maka dalam teknik Long Shot objek foto ditampilkan semuanya, dari atas hingga bawah namun dengan cakupan background tidak terlalu lebar.
Dengan kata lain, pengambilan gambar dengan teknik ini mengambil area yang pas menampilkan seluruh objek tanpa terpotong. Memang teknik Long Shot bertujuan mempertegas subjek foto dan ekspresinya tanpa meninggalkan bagian tubuh lain.
3. Medium Long Shot
Merupakan pengambilan gambar objek manusia yang hanya mulai kepala sampai batas lutut. Tentunya ruang yang diambil menjadi lebih sempit dari teknik sebelumnya. Tujuannya pun masih sama, namun hanya lebih memperjelas gerak-gerik objeknya.
4. Medium ShotMedium Shot merupakan teknik pengambilan gambar yang lebih dekat/sempit lagi ketimbang Medium Long Shot, karena area yang diambil hanya sampai batas pinggang. Tujuannya adalah untuk memfokuskan pandangan ke bahasa tubuh yang terlihat dari ekspresi obyek.
5. Close UpClose Up adalah pengambilan gambar yang mencakup area mulai atas pinggang atau bawah bahu hingga batas kepala. Dengan teknik ini wajah objek lebih jelas. Dan memang tujuannya adalah untuk lebih detail mengamati ekspresi dan mimik wajah obyek.
6. Big Close Up
Teknik ini lebih jelas lagi menampilkan wajah seseorang yang menjadi objek foto. Jika pada teknik close up yang diambil adalah bagian kepala hingga bawah dada ataupun atas pinggang, maka teknik ini hanya sampai batas leher atau bawah dagu. Tujuannya memang untuk lebih menekankan lagi tampilan ekspresi wajah seseorang.

7. Extreme Close Up

Teknik Extreme Close Up adalah pengambilan gambar yang memfokuskan hanya pada bagian tertentu dari salah satu bagian tubuh. Entah itu tangan, wajah, kaki dan sebagainya. Misalnya untuk wajah hanya difoto matanya saja, hidungnya saja, atau senyumnya saja. Tujuannya adalah untuk lebih memperlihatkan dan mempertegas emosi dan ekspresi. Jika pada selain wajah, tujuannya adalah untuk lebih memperjelas dan mempertegas fokus gambarnya.
Teknik ini sering diterapkan dalam pengambilan gambar untuk iklan produk kosmetik. Misalnya pembersih komedo atau obat jerawat biasanya meng-close up bagian pipi dan hidung. Produk lipstik mengambil close up bagian bibir dan sebagainya. 

Sebenarnya masih banyak lagi teknik pengambilan gambar atau type of shot. Namun secara garis besar hanya pengembangan dari ketujuh tipe yang telah disebutkan. Setelah mengerti macam-macam tipe pengambilan gambar ini, semoga saja Anda bisa menerapkan secara tepat.

One thought on “7 Macam Teknik Pengambilan Gambar dan Hasilnya Yang Harus Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *