Cara Membuat Foto Bokeh Dengan Galaxy J7+

DuniaTeknologi.Info – Foto bokeh merupakan istilah untuk menyebut foto dengan komposisi objek tajam dan latar belakang kabur. Efek kabur atau blur ini membuat objek foto terlihat sangat jelas dan fokus, juga membuat foto tampak artistik. Tahukah Anda? Ada cara membuat foto bokeh dengan Galaxy J7+. Harus dicoba nih…
Foto bokeh pada umumnya, hanya dapat dihasilkan oleh kamera DSLR dengan setting bukaan lensa yang lebar. Dengan mengatur angka F ke satuan yang kecil. Semakin kecil angka F, depth of field (DOF) yang Anda dapatkan semakin dangkal. Sehingga, area di luar fokus akan menjadi kabur. Teknik ini pun hanya bisa dipraktikkan pada kamera DSLR yang lensanya mendukung untuk itu.
Foto bokeh tidak bisa dihasilkan oleh kamera digital poket dan kamera handphone. Namun, seiring berkembangnya teknologi software yang menunjang kemampuan smartphone, kamera smartphone pun bisa menghasilkan foto bokeh.
Menghasilkan Bokeh dengan Smartphone
Salah satu smartphone yang dapat digunakan untuk membuat foto bokeh, yaitu Samsung Galaxy J7+. Efek bokeh yang dihasilkan berasal dari simulasi software. Bukan efek dari kemampuan lensa dan sensor kamera.
Samsung Galaxy J7+ menggunakan teknologi Live Bokeh dari kamera smartphone, dengan menggunakan dua kamera. Cara mudah dan sederhana ini ternyata mampu menghasilkan efek bokeh yang maksimal.
Kamera pertama dengan resolusi 13 megapiksel dengan bukaan lensa f/1.7 dapat mengambil gambar objek dengan jelas dan tajam. Sementara kamera yang lain, memiliki resolusi 5 megapiksel dengan bukaan lensa f/1.9 bertugas mengambil bagian latar belakang foto, yang akan diberi efek kabur.
Cara ini bekerja ketika foto yang diambil dari kedua kamera tersebut digabungkan di dapur pacu berkekuatan 2,39 Ghz. Tingkat efek kabur yang dihasilkan dapat Anda sesuaikan setelahh foto diambil.
Dengan kinerja fitur dual kamera ini, Samsung Galaxy J7+ menjadi pilihan alternative, untuk Anda yang selalu mengemas kini foto di media sosial dengan efek yang artistik. Bentuknya yang ringkas, dengan layar berukuran 5,5 inchi dan berat 180 gram, menjadi nilai lebih dalam hal membuat foto bokeh, bila dibandingkan kamera DSLR beserta lensanya yang besar dan berat.

Trik Menghasilkan Foto Bokeh dengan Galaxy J7+
Berlainan dengan smartphone lain yang menggunakan teknologi dual kamera, yang terdiri dari satu lensa wide dan satu tele, untuk memotret fokus pada objek di kejauhan. Samsung Galaxy J7+ memiliki dua kamera wide. Perbedaannya hanya terletak pada jenis sensor dan bukaan lensa.
Efek bokeh yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy J7+ adalah hasil simulasi software. Bukan dari kedalaman ruang seperti pada kamera DSLR. Sehingga kadang-kadang efek bokeh yang dihasilkan tidak sempurna. Misalnya, terdapat bagian objek foto yang seharusnya tajam, ikut menjadi kabur seperti bagian latar belakang.
Hal ini dapat diatasi dengan memilih latar belakang yang sederhana. Pilihlah latar belakanga yang memiliki pola sama atau warna yang seragam. Latar belakang dengan pola yang rumit, seperti batik akan memberi peluang adanya kecacatan pada hasil foto.
Biasanya, untuk mendapatkan foto bokeh dengan smartphone yang dibekali dual kamera, memerlukan jarak yang cukup jauh, bisa satu hingga dua meter, agar kamera dapat mengukur kedalaman foto. Namun, dengan Samsung Galaxy S7+, Anda tidak perlu mengatur jarak, karena kedua kameranya berjenis wide.
Untuk mempraktikkan trik tersebut, Anda dapat memotret makanan, miniature mobil, atau benda kecil lain yang perlu difoto dari jarak dekat. Anda akan mendapati latar belakang yang kabur dan objek yang benar-benar tajam. Demikian trik dan cara membuat foto bokeh dengan Galaxy S7+ yang dapat Anda gunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *