5 Alternatif Mesin Pencari Selain Google

Pada dasarnya mesin pencari Google ada dengan berbagi data pribadi kita dan membiarkan mereka melacak kita oleh Google di internet. Pada beberapa waktu tertentu, personalisasi ini menjadi sangat menjengkelkan saat Anda melihat terlalu banyak konten khusus dan iklan yang menargetkan lokasi Anda.


Maka dari itu, saya menawarkan beberapa Alternatif Mesin Pencari Selain Google yang mungkin akan sangat cocok dengan pribadi Anda. Nama-nama mesin pencari ini memang tidak setenar google, tapi untuk kualitas tentu tidak kalah jauh.

1.Yahoo!
Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya yahoo sudah ada lebih lama dari Google, dan sampai saat ini masih banyak netizen masih menggunakan Yahoo!. Selain ini akan dapat mencari hasil pencarian, mesin pencari alternatif dari Google ini mempunyai banyak hal yang ditawarkan.

Salah satu fiturnya yaitu portal web mempunyai fungsi sebagai agregator berita, layanan email, pusat permainan, direktori perjalanan, pusat belanja online, dan masih banyak lagi. Mesin pencari yahoo mendukung sekitar 38 bahasa. Jika memang Anda sedang mencari mesin pencari mandiri, portal web Yahoo menawarkan berbagai layanan mulai dari olahraga sampai perjalanan yang layak untuk Anda coba.

2. Bing
Berikutnya mesin pencari kedua yang paling populer yakni Microsoft’s Bing, yang saat ini sangat berhasil dalam pasar online. Ini adalah mesin pencari visual yang menawarkan beberapa alat berbeda terhadap pengguna untuk pengalaman yang lebih baik.
Hasil pencarian pada mesin pencari alternatif yang satu ini disediakan langsung oleh Yahoo! Search, dan beranda mempunyai latar belakang yang selalu berubah-ubah dalam menampilkan beberapa gambar indah dari hewan, tempat, orang, olahraga, dll. Mengenai pencarian pada file video, ini akan menampilkan sekumpulan thumbnail besar yang akan memberikan Anda penawaran pratinjau apabila Anda mengarahkan kursor ke atasnya dan memutarnya di halaman yang sama dengan satu klik pada satu file.


Layaknya Google, Bing dapat menampilkan iklan dan kemampuan seperti konversi, terjemahan, skor olahraga, periksa ejaan, pelacakan penerbangan, dan yang lainnya. Selain itu Bing juga mempunyai aplikasi seluler di Android serta iOS dan dalam pandangan saya ini adalah salah satu alternatif Google terbaik.

3. Qwant

Qwant ialah salah satu mesin pencari berorientasi privasi lain yang berbasis di Paris- Prancis. Situs web yang satu ini mengklaim, bahwa mereka tidak pernah merekam pencarian Anda ataupun memanen data pribadi untuk penargetan iklan dari beberapa perusahaan. Sebagai salah satu situs pencarian yang berfokus pada privasi, Qwant mempunyai banyak fitur luar biasa mirip dengan DuckDuckGo. Salah satu fitur terbaiknya adalah ‘’Qwick Search Shortcuts’’ atau juga bisa di sebut “Bangs”.


Antarmuka anatar penggunanya cukup menyenangkan dan menyoroti topik tren bersama dengan berita pada beranda secara teratur dan rapi. Berbagai istilah yang Anda cari akan ditampilkan dalam tiga kategori, yaitu Web, Berita, serta Sosial. Hasil pencarian yang telah dikategorikan dengan baik dan rapi ini memenuhi permintaan Anda dengan cara yang lebih efisien dan tepat sasaran. Bagi Anda pecinta musik, situs ini mempunyai bagian khusus di mana Anda bisa menemukan musik dan lirik baru dengan bantuan AI yang ada pada fitus mesin pencari selain google.


Pada dasarnya alternatif Google ini tidak melacak Anda, maka hal itu memungkinkan mereka tidak akan dapat menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi namun banyak pengguna saat ini lebih memilih untuk melarikan diri dari personalisasi berlebihan, Qwant bisa menawarkan pengalaman yang menyegarkan dan berbeda dari pada mesin pencari yang lainnya.

4. DuckDuckGo


Apabila Anda mencari privasi online, maka DuckDuckGo merupakan alternatif terbaik untuk Google. DuckDuckGo dengan cepat mendapatkan popularitas sebab mereka mempunyai privasi pengguna yang ditawarkannya. Situs web yang satu ini tidak pernah melacak Anda atau aktivitas online Anda yang berarti tidak ada iklan yang mengikuti Anda saat Anda membuak mesin pencari.


Bukan hanya itu saja, DuckDuckGo mempunyai antarmuka yang bersih dan membawa hasil pencarian dari Yahoo, Yandex, dan mesin pencari yang lainnya. Dalam hal ini Anda bisa menambahkan ekstensi DuckDuckGo ke browser Anda untuk menjaga aktivitas Anda tetap pribadi dan tetap terjada privasinya. DuckDuckGo menawarkan semua fitur standar mesin pencari seperti halnya Google tetapi ada satu fitur keren yang di namakan poni yang wajib Anda coba.


Fitur yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mencari langsung di situs lain seperti Wikipedia, Amazon, atau Youtube, dengan memulai kueri mereka dengan tanda seru! Saat Anda melakukan pencarian.

5. Swisscows

Sebelumnya Swisscows dikenal sebagai Hulbee, dimana mereka berhasil mencapai posisi ke-5 dalam daftar berkat pendekatan yang berfokus pada privasi setiap penggunanya. Swisscows cukup populer di kalangan orang tua yang menginginkan hasil pencarian yang sangat sesuai untuk anak-anak atau buah hati mereka. Pada Swisscows terdapat filter bawaan untuk konten pornografi dan kekerasan di mesin pencari tidak bisa diganti.


Swisscows yang merupakan Alternatif Google tidak menyimpan data pribadi, permintaan pencarian, alamat IP, atau pengidentifikasi lainnya, sehingga hal tu menjadikannya sebagai salah satu mesin pencari yang baik selain Google. Bagian terbaik yang ada pada Swisscows adalah servernya berlokasi di Swiss yang mempunyai beberapa undang-undang privasi paling ketat di seluruh dunia. Walaupun hal itu bergantung pada Bing untuk menarik data berdasarkan informasi semantik untuk hasil pencarian yang intuitif dan tepat.


Mesin pencari yang satu ini mempunyai system iklannya sendiri, di mana iklan hanya ditargetkan yang di dasarkan pada permintaan Anda dan bahkan lokasi Anda pun tidak akan terlacak. Selain itu fitur yang sangat wow pada Swisscows adalah kotak tag saran yang ditawarkannya setiap kali Anda mengetik kueri. Contoh saja Anda mengetikkan Windows 10 menyarankan kata-kata lain misalnya laptop, instal, pembaruan, fitur, aplikasi, dan yang lainnya.


Demikian 5 Alternatif Mesin Pencari Selain Google yang dapat Anda gunakan jika memang Anda mencari privasi yang terjaga saat Anda sedang berselancar di dunia internet. Ada beberapa alasan orang lebih memilih beberap Alternatif Mesin Pencari Selain Google yang telah saya ulas di atas.
Selain memang untuk menjaga privasi, mesin pencari tersebut juga mempunyai kelebihan lain yang biasanya tidak ada pada google. Anda tentu pernah melihat dan membuka sebuah blog, dan disana Anda akan menemukan iklan, baik itu di pnggir atau di tengah artikel.


Pada dasarnya ini sangat mengganggu, maka dari itu saya sarankan untuk Anda mencoba Alternatif Mesin Pencari Selain Google yang telah saya jelaskan. Bayangkan saja, setiap iklan pasti akan memakan paket data yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan koneksi wifi memang tidak masalah, tapi jika Anda menggunakan paket data ponsel tentu ini sangat merugikan dan akan membuat Anda boros dalam penggunaan paket data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *