5 Browser Terbaik untuk Windows, Linux dan Macos

Apakah Anda sedang mencari Browser terbaik untuk Windows? Yaps… saya katakan Anda sudah datang pada laman web yang tepat. Tentu Anda telah mengetahui bahwa browser merupakan pintu ke ruang informasi yang biasa dikenal sebagai world wide web. Dalam hal ini yang harus Anda lakukan ialah mengetik URL di bilah alamat, dan browser Anda secara otomatis akan melakukan sisanya untuk menampilkan situs web yang mencakup hal-hal teknis, misalnya menghubungi server DNS untuk memperoleh alamat IP situs web tertentu.

Beberapa orang terkadang merasa bosan atau kurang menyukai fitur pada browser tertentu, sehingga mereka akan memilih browser lain untuk di instal pada komputernya. Nah, saya disini merekomendasikan 5 Browser Terbaik yang dapat Anda instal di OS Windos, Linux, Macos dan beberapa OS lainnya.

Google Chrome

Saat Google pertama kali memperkenalkan Chrome tepa pada tahun 2009 yang lalu, dengan sangat cepat grafiknya naik di karenakan memang browser web tercepat saat itu. Walaupun memang ada beberapa pesaingnya tapi Google Chrome menjadi yang paling banyak dipakai saat ini dengan lebih dari 60% pangsa pasar.

Selain mempunyai fitur dasar yang istimewa seperti manajemen bookmark, tema, ekstensi, mode penyamaran, dan yang lainnya. Satu yang sangat saya mengenai Chrome ialah manajemen profil. Fitur yang satu ini memungkinkan banyak orang memakai peramban yang sama tanpa adanya riwayat internet, riwayat unduhan, dan dan beberapa hal lain yang digabungkan.

Hebatnya lagi  Google Chrome memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan konten ke perangkat berkemampuan Chromecast memakai jaringan WiFi mereka. Hal lain yang menjadikan Google Chrome salah satu aplikasi browser web terbaik saat ini ialah dukungan lintas perangkat. Browser web yang satu ini bisa dengan mudah menyinkronkan riwayat internet, kata sandi, tab, bookmark, dan yang lainnya pada seluruh perangkat apabila Anda sudah masuk ke akun Google Anda.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox baru-baru ini mengemas beberapa fitur yang sangat berguna untuk penggunakanya seperti rekomendasi yang lebih baik, halaman task manager baru, manajemen tab yang disempurnakan, dan banyak lagi.

Saat ini Mozilla Firefox memakai mode Pribadi, alternatif browser Chrome ini memakai fitur yang disebut Perlindungan Pelacakan untuk mencegah permintaan dari pelacakan domain dari perangkat lain, dengan demikian Mozilla Firefox akan dapat memuat halaman web dengan sangat cepat.

Microsoft Edge

Saya yakin Anda telah mengetahui bahwa Microsoft merilis Edge untuk menyelamatkan nama mereka yang hilang dari browser veteran yakni Internet Explorer. Saat ini tampaknya Edge tidak diragukan lagi dari sekian banyak perangkat lunak browser terbaik untuk Windows, dan baru-baru ini mereka muncul dengan dukungan Android dan iOS.

Beberapa orang mungkin tidak ingin keluar dari zona kenyamanan dalam menggunakan Chrome, tetapi Edge mempunyai sesuatu untuk ditawarkan. Saya yakin jika Anda memakai Edge sebentar, ada banyak fitur yang Anda inginkan dan bermanfaat.

Pada Microsoft EdgeAnda bisa menyisihkan tab untuk membuat ruang untuk tab browser baru, satu Hub menyediakan akses ke bookmark, unduhan, riwayat internet, dan yang lainnya. Ekstensi Notes bawaan cukup membantu setiap penggunanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan catatan, menulis, menyorot sesuatu, dan menyimpan halaman web pada perangkat.

Opera

Beberapa dari Anda mungkin ingat bahwa beberapa tahun yang lalu memakai Opera Mini di ponsel Anda yang mendukung Java. Mungkin dapat di katakan itu adalah mesin pencari web tertua yang saat ini menerima pengembangan aktif, Opera hampir saja mati pasaran karena keberhasilan Chrome.

Versi desktop browser web yang satu ini, sekarang mencakup beberapa fitur yang biasanya dirancang untuk ponsel cerdas, seperti mode kompresi data serta penghemat baterai. Fitur menarik yang lainnya yang bisa dipamerkan oleh Opera ialah ad-blocker bawaan, layanan VPN, konverter mata uang, alat screenshot, dan yang lainnya.

Tetapi dalam pandangan saya fitur yang paling menonjol ialah fitur Opera Turbo yang memampatkan lalu lintas web tertentu dan menjadikannya sebagai salah satu browser terbaik untuk windows untuk Anda yang mungkin mempunyai bandwidth rendah.

Sama halnya seperti aplikasi browser web lainnya, Opera pada versi dekstop juga mendukung sinkronisasi lintas perangkat untuk membuat penjelajahan tersedia di semua perangkat tempat Anda memakai akun Opera Anda baik itu pada ponsel atau komputer.

Saat ini lebih dari 1000 ekstensi tersedia untuk Anda pada Opera. Satu hal yang sangat saya sukai adalah setiap pengguna dapat menginstal ekstensi Chrome di Opera. Hal ini di sebabkan browser yang satu ini sudah mulai memakai mesin yang sama dengan Chromium.

Chromium

Apabila saat ini Anda memakai Google Chrome, saya yakin Anda tidak akan mengalami masalah saat beralih ke rekanan open-source yang mempunyai keberadaannya di sistem Linux. Hal itu terbukti di mana hanya Chromium di mana Google meminjam kode sumber untuk Chrome.

Jika Anda lihat dari tampilan dan rasa, dan fitur, Chromium sama halnya dengan Chrome. Dalam hal ini  Anda bisa masuk memakai akun Google, mengunduh ekstensi, menyinkronkan data,  dan masih banyak lagi layaknya Anda menggunakan  Chrome.

Tetapi memang ada perbedaan yang mungkin membantu penggunanya dalam membuat pilihan yang lebih baik.  Seperti halnya  alternatif browser Chrome yang satu ini tidaklah mendukung pembaruan otomatis, codec video audio eksklusif. Dan menurut saya kekurangan terbesarnya dalah tidak disertai dengan komponen pemutar.

Demikian 5 Browser Terbaik untuk Windows yang dapat di instal pada Komputer Anda. Seperti yang saya katakan ebenarnya memang tidak hanya terbatas pada windows, tapi memang sampai saat ini OS windows adalah yang paling terkenal di dunia karena memberikan kemudahan pada setiap penggunanya.

Anda mungkin berfikir bahwa semua bowser akan dapat memberikan kemudahan pada penggunanya, tapi faktanya beberapa dari mereka selalu ada kelemehan dan kelebihan masing masing. Misalkan saja google chroom yang saat ini merupakan browser dengan pengguna terbanyak di dunia mempunyai kelemahan yang cukup fatal, sehingga memungkinkan orang beralih pada pada browser yang lainnya. Kelemahan tersebut berupa iklan yang mayoritas ada pada sebuah web.

Hal tersebut saya yakin akan sangat mengganggu pengguanya, sebab selain itu akan menyebabkan lemot tapi juga akan memakan data yang lebih banyak. Mungkin Anda yang menggunakan wifi ini tidak terlalu menjadi masalah, tapi bagi Anda yang menggunakan paket data seperti berselancar di internet dengan ponsel maka itu akan lebih cepat dalam pemakaian paket data.

Tapi dengan kecepatan dan kemudahan dalam pengoprasiannya beberapa orang tidak mempermasalahkan hal tersebut. Namun jika Anda termasuk pada beberapa orang yang ingin hemat pada paket data, maka sangat saya sarankan Anda menggunakan Opera. Pada browser yang satu ini Anda harus mengaktfkan hemat paket data agar lebih efisen dalam penggunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *