5 Cara Efektif Untuk menghemat Baterai Android

5 Cara Efektif Untuk menghemat Baterai Android

 

DUNIA TEKNOLOGI – 4 Cara Efektif untuk Menghemat Baterai Android

Sebenarnya banyak cara yang bisa digunakan untuk menghemat baterai tapi saya hanya akan membagikan 4 cara , karna saya rasa cara-cara yang dibagikan di website-website lain terlalu berlebihan dan tidak efektif.

Pernah Merasa Bahwa Baterai Android , Smartphone atau gadget anda Tidak tahan lama ?

Dan Faktanya banyak sekali Gadget yang memiliki kapasitas baterai yang sangat konyol hanya dalam hitungan beberapa menit baterai sudah harus diisi.

Kasus ini sangat sering di temukan apalagi untuk para pengguna yang hobbynya bermain game di Gadgetnya.
Sebenarnya ada 2 Kemungkinan yang terjadi pada Gadget sobat yaitu

  1. Terlalu banyak penggunaan daya.

2. Baterainya memang sudah rusak.

Jika kemungkinan yang terjadi pada android sobat adalah nomor satu maka Sobat bisa menghematnya dan jika yang terjadi adalah kemungkinan nomor 2 ya terpaksa sobat harus merogoh kocek untuk membeli baterai baru.

Nah Untuk kemungkinan nomor satu saya akan membagikan Cara untuk Menghemat Baterai Gadget sobat yaitu :

1. Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar

Cara Menghemat baterai dengan mengurangi kecerahan layar dapat dikategorikan sebagai cara yang ampuh dan efektif .

Karna pada dasarnya Layarlah yang selalu Bekerja 24 jam pada saat anda ingin memainkan gadget sobat dan jika ternyata tingkat kecerahannya sangat tinggi maka ini akan berdampak pada pengurasan Baterai.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda menurunkan kecerahan ke level terendah .

Untuk caranya sendiri

– Silahkan geser/drag kebawah layar utama pada gadget anda dan Turunkan levelnya .

– Untuk Lebih jelasnya silahkan Lihat gambar dibawah ini


2.  Matikan Nada Getar atau Getaran 
Sulit dipercaya memang jika getaran membuat baterai gadget anda cepat habis , ya tapi inilah kenyataannya .
Pada saat Hp anda bergetar batrai akan menguras puluhan Mah , Untuk mematikan sistem getaran ini sangkat mudah dan simple sekali hanya dengan – mendrag kebawah dilayar utama lalu Pilih icon bertuliskan getaran / vibrate dengan itu gadget anda akan secara Otomatis mematikan Sistem Vibratenya
3. Gunakan Fitur Waktu Tidur pada Gadget / Android anda
Cara menghemat Baterai selanjutnya Ialah dengan mengatur waktu tidur cara ini umumnya sama dengan cara diatas intinya ialah meminimalkan penggunaan daya pada layar utama yang bertujuan untuk menghemat daya baterai.
Untuk caranya Silahkan Pergi Kepengaturan – Lalu Pilih Opsi Kunci layar atau sandi –  Lalu pilih Tidur dan tentukan waktu yang anda inginkan. ( Xiaomi Redmi 2 )
Rekomendasi saya ialah semakin Cepat waktu tidur maka semakin Hemat daya yang digunakan.
4.  Matikan , Bluetooth, NFC,GPS, Wi-Fi dan Data Seluler

Cara paling efektif untuk menghemat baterai android selanjutnya ialah dengan menonaktifkan fitur Bluetooth, NFC, GPS,Wi-Fi dan Data Seluler jPada saat tidak digunakan.

Loh kok harus dimatikan ?

Alasannya ialah karena jika semua fitur tersebut dalam keadaan aktif maka mereka akan terus-menerus mencari signal meskipun Semua fitur diatas tidak kita gunakan

Proses pencarian sinyal inilah yang dapat dikatakan banyak menggunakan daya baterai bahkan sampai – sampai membuat baterai menjadi Panas.

Maka dari itu Gunakan disaat yang dibutuhkan saja

5. Aktifkan Mode Hemat Baterai 
Cara Terakhir ialah Menggunakan Mode hemat baterai atau Menggunakan Aplikasi Penghemat baterai , Cara ini memudahkan anda saat anda tidak bisa memanage Baterai anda disaat anda sedang sibuk.
Saat baterai anda dalam keadaan Low, Sistem ini akan otomatis Mematikan Aplikasi yang sedang berjalan dan Meredupkan layar utama , Jadi anda tidak perlu khawatir akan Kehabisan Baterai disat yang darurat.
Sekian Tentang Artikel 5 Cara Efektif Untuk Menghemat Baterai Android. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat Membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *