6 Drone Militer Tercanggih Di Dunia

Drone merupakan sebuah pesawat tanpa awak yang memiliki mesin seperti pesawat pada umumnya, dengan ukuran mesin yang lebih kecil dan disesuaikan dengan kebutuhannya. Beberapa negara, berusaha menciptakan drone militer tercanggih, sebagai penunjang kebutuhan militer mereka diantaranya bertujuan untuk keamanan, pengintaian militer maupun penelitian.

Jenis Drone Militer Tercanggih Di Dunia

1. RQ-1 Predator

Drone RQ-1 Predator adalah sebuah pesawat tanpa awak yang digunakan untuk mengintai di suatu wilayah negara yang sedang konflik. Memiliki daya tahan tinggi dan mampu beroperasi lebih lama yaitu sekitar 40 jam, dengan kapasitas bahan bakar 450 liter. Pesawat ini, pernah digunakan saat perang di Timur Tengah. Selain dapat terbang lama, pesawat ini dapat membawa beberapa rudal sebagai pertahanan dan dapat terbang tinggi sekitar 45.000 kaki dengan jarak 200 km.

2. MQ-9 Reaper

MQ-9 Reaper adalah drone militer tercanggih yang pernah diproduksi, karena daya jelajah paling tinggi hingga 1850 km dengan ketinggian maksimal 52.000 kaki. Drone tersebut dikembangkan oleh Amerika Serikat dan paling sering digunakan untuk ektivitas pengintaian di negara konflik. Untuk muatan yang dapat dibawa yaitu 1.360 kg senjata.

Daya tahan saat melakukan operasi sekitar 36 jam dengan biaya produksi sekitar $16.900.000. Pesawat tersebut diproduksi oleh General Atomics Aeronautical Amerika Serikat. Perusahaan tersebut secara khusus membuat proyek drone militer Amerika Serikat.

3. Wing Loong II

Drone Wing Loong II adalah salah satu drone militer asal Cina dengan daya jelajah 4000 Km dengan durasi waktu 20 jam. Dapat terbang hingga ketinggian 30.000 kaki dengan kecepatan 150 Km/Jam, dan mampu membawa senjata dengan berat 200 kg. Penjualan drone ini ke berbagai negara Asia dan Afrika diantaranya Arab Saudi, Mesir, Nigeria, dan UEA dengan harga $10.000.000.

4. MQ-8B Fire Scout

Drone MQ-8B Fire Scout adalah drone yang desainnya seperti helikopter. Drone ini diciptakan untuk pertempuran jarak dekat yang dilengkapi dengan bom, kamera, dan senjata. Drone MQ-8B Fire Scout menjadi drone militer tercanggih, dengan kelebihan yang dimilikinya yaitu lincah dan mudah dioperasikan oleh pilot di ground station.

Sistem penerbangan pada drone tersebut juga hampir sama seperti drone quadcopter, sehingga mudah dalam pengoperasiannya. Sedangkan pada drone militer cukup sulit untuk diterbangkan karena memerlukan landasan untuk mendarat. Northrop Grumman adalah perusahaan tempat Drone MQ-8B Fire Scout diproduksi dan pernah digunakan saat perang di Timur Tengah tahun 2001.

5. IAI Eitan

Israel juga telah memproduksi sebuah drone IAI Eitan yang dapat terbang selama 70 jam dengan ketinggian 45.000 kaki. Spesifikasi yang dimiliki mampu membahayakan kondisi lawan perang, karena dengan kecanggihannya dapat memberikan sketsa lokasi sasaran yang akan diserang.

Apalagi drone milik Israel tidak dijual ke negara lain, sehingga tidak diketahui berapa harganya. Namun, untuk biaya produksinya sekitar $80.000.000 dengan daya jelajah sejauh 3,889 Km dan mampu membawa muatan 20.000 Kg.

6. Hugin 1000 AUV

Drone sejatinya adalah piranti teknologi tanpa awak yang dapat berupa apa saja diantaranya pesawat, kapal selam, maupun robot penjinak bom. Hugin 1000 AUV merupakan drone yang dimiliki TNI AL dan dapat menyelam, serta mengirimkan data pada kedalaman maksimal 3 Km.

Drone tersebut, juga berfungsi mencari benda asing dan digunakan untuk melakukan penelitian tentang ilmu kelautan. Drone militer tercanggih ini dilengkapi dengan tiga bilah baling-baling sesuai dengan standar NATO dan kendali kemudi. Selain itu, terdapat tiga negara yang menggunakan Hugin 1000 AUV yaitu Indonesia, Polandia dan Italia. Nah itulah deretan drone super canggih. Semoga Indonesia punya banyak ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *