5 Emulator PlayStation Terbaik untuk Android

DuniaTeknologi.Info – Bagi penggemar game, PlayStation tentu sudah tidak asing lagi. PlayStation telah menghadirkan begitu banyak game terpopuler seperti Winning Eleven, Tekken, dan Final Fantasy. Konsol game yang hadir sejak tahun 1994 ini telah mewarnai kehidupan sebagian orang sejak masa kecil mereka. Kini, Anda tak perlu membeli perangkat permainan PlayStation untuk memainkannya, apabila sudah memiliki perangkat Android. Melalui smartphone atau tablet, Anda bisa bermain PS dengan bantuan emulator PlayStation terbaik untuk Android.

Ingin tahu aplikasi emulator apa saja yang dapat Anda gunakan? Berikut ringkasannya.

5 Emulator PlayStation Terbaik untuk Android

1. ClassicBoy

ClassicBoy merupakan emulator all in one yang mendukung beberapa konsol game seperti SEGA, Nintendo, NES, NeoGeo, Gameboy Advance, dan PlayStation. ClassicBoy dapat bekerja pada smartphone dengan OS Android versi 2.3 atau lebih tinggi. Aplikasi ini telah didukung dengan pengendali perangkat keras dan kontrol layar sentuh yang bisa disesuaikan. Ada juga beberapa pengaturan audio dan pengaturan penyimpanan.

Dengan demikian, ClassicBoy menjadi pilihan emulator yang baik bagi pengguna Android. Untuk memasangnya, Anda dapat mengunduh secara gratis dari Google PlayStore. Anda juga dapat menaikkan ke versi Pro untuk fitur-fitur yang lebih baik.

2. ePSXe

Dapat dikatakan, ePSXe adalah emulator PlayStation terbaik untuk Android saat ini. Pasalnya, emulator PlayStation satu ini mudah digunakan dan sangat stabil. Aplikasi emulator ini juga mendukung mode split screen, save and load states, dan grafis Open GL. Selain itu, ePSXe juga memiliki fitur pengendali perangkat keras dan kontrol yang bisa disesuaikan. Sayangnya, aplikasi ini tak dapat diperoleh secara gratis alias berbayar.

3. FPse

Seperti aplikasi emulator PlayStation yang lain, FPse juga dibekali fitur-fitur standar. Fitur tersebut meliputi save and load states, penyesuaian kontrol, dukungan pengendali perangkat keras, dan kompatibilitas tinggi. Namun, FPse juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pengaturan lanjutan dan plug in tambahan untuk membantu Anda bermain dengan nyaman dan lancar.

Penggunaan emulator ini memungkinkan Anda memilih grafik yang lebih baik dari game yang dimainkan, tergantung pada spesifikasi perangkat. Untuk memiliki aplikasi ini, Anda harus mengeluarkan biaya karena tidak tersedia versi gratisnya.

4. Matsu PSX Emulator

Matsu PSX Emulator hampir serupa dengan ClassicBoy Emulator. Aplikasi emulator ini mendukung berbagai jenis konsol seperti NES, SEGA, SNES, Game Gear, dan PlayStation. Selanjutnya aplikasi ini akan dikembangkan untuk mendukung konsol PSP, NDS, N64, dan DC.

Emulator ini memiliki berbagai fitur dasar yang berfungsi dengan baik, meski terdapat sedikit kekurangan. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis. Namun versi gratis yang ditawarkan disertai dengan iklan yang kerap muncul. Untuk menghilangkannya, Anda harus melakukan upgrade ke versi Pro dengan sejumlah biaya.

5. RetroArch

RetroArch merupakan emulator Playstation untuk Android yang paling terkenal. Aplikasi RetroArch mendukung multi-platform serta dapat mengunduh plug in secara terpisah. Bagi Anda yang sudah mahir menggunakan aplikasi emulator besutan Libertro ini, kemungkinan tidak akan beralih ke emulator lain. Pasalnya RetroArch sangat stabil dan bekerja dengan baik ketika Anda bermain game. Apalagi aplikasi ini merupakan open source, dapat diunduh gratis tanpa batasan.

Masih banyak emulator lain yang dapat Anda temukan dari Google PlayStore. Akan tetapi, kelima nama di atas merupakan emulator PlayStation terbaik untuk Android yang sudah terbukti menjadi  pilihan pengguna. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *