8 Setting Kamera dan Pendukungnya Yang Harus Diperiksa Sebelum Mulai Memotret

DuniaTeknologi.Info – Kegiatan memotret yang menyenangkan bisa jadi kekecewaan jika Anda melupakan beberapa hal paling pokok dalam kamera. Bagaimana rasanya ketika sudah capek-capek memoto ternyata pengaturan ISO nya tidak tepat. Walhasil, kita harus repot mengoreksi lagi ratusan foto hasil jepretan itu. Melelahkan bukan? Karena itu ada settingan yang harus diperhatikan sebelum mulai memotret. Juga ada hal yang terkait dengan kesuksesan pemotretan itu sendiri. Berikut ini rinciannya.
1. Memeriksa Pengaturan White Balance
White Balance sangat berpengaruh pada hasil jepretan. Pengaturan putih kamera harus sesuai kondisi lingkungan. Jika tak ingin repot, setting saja auto white balance agar kamera digital Anda bia menyesuaikan keadaan.
2. Memastikan Highlight Warning Kamera Dalam Kondisi On Atau Menyala
Dengan menyalakan Highlight Warning maka kita kan terhindar dari over exposure yang mengakibatkan foto yang nampak seperti terbakar. Selain memeriksa menyala tidaknya Highlight Warning, histogram di LCD kamera Anda bisa berguna untuk melihat kondisi foto yang baru diambil.
3. Memastikan Pengaturan ISO Sudah Sesuai Kebutuhan
ISO merupakan aturan standar bagi ukuran sensivitas kamera. Ukuran ISO tersebut mempengaruhi kada r cahaya yang ditangkap oleh kamera. Semakin tinggi ISO maka kepekaan kamera pada cahaya juga semakin tinggi. Jadi pastikan settingan ISO ini sebelum Anda memotret apakah sudah pas dengan suasana saat memotret.
4. Memeriksa Pengaturan Ukuran Dan Juga Format Foto Apakah Sudah Sesuai Kebutuhan
Pilihan format foto, apakah itu RAW, JPEG ataupun RAW + JPEG akan berpengaruh pada hasil foto dan besarnya ruang memori yang dipakai. Jika untuk memotret banyak gambar dalam format RAW maka Anda memerlukan memori card yang besar pula, minimal 4 GB. Jika memori Anda pas-pasan, maka settinglah penyimpanan dalam format JPEG saja. Lain halnya jika kartu memori Anda cukup longgar. Anda bisa menyimpan gambar dalam format JPEG + RAW.
5. Memeriksa Pengaturan Mode Exposure Kamera
Mode eksposur ialah pilihan penggunaan yang tersedia dalam kamera untuk memotret. Kadang disebut juga dengan Mode Pemotretan. Dari beberapa mode yang ada Anda harus pastikan mana yang pas dengan kebutuhan. Apakah Manual, Aperture Priority, Shutter Priority, ataukah Mode Program.
6. Memeriksa Fitur Lensa Kamera Yang Akan Dipakai
Kamera DSLR saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan, salah satunya fitur lensa. Nah, sebelum memotret pastikan Anda akan memakai fitur lensa yang mana. Mengecek dan menentukan fitur lensa yang akan dipakai sebelum memotret akan membantu menghasilkan gambar yang lebih sempurna.
7.  Memeriksa Ruang Yang Tersedia Dalam Kartu Memori
Sebelum mengabadikan momen besar yang membutuhkan banyak jepretan kamera, pastikan ruang memori Anda masih longgar. Tentunya Anda tidak ingin hasil foto yang bagus harus gagal disimpan gara-gara memori telah penuh. Jadi tak ada salahnya memeriksa memori sebelum acara berburu foto dimulai.
8. Memeriksa Persediaan Daya  Baterai
Dan, tak kalah penting adalah memeriksa ketersediaan daya dalam baterai. Terutama saat Anda akan bepergian dan mengambil gambar di lokasi yang jauh dari sumber energi listrik. Tentunya Anda tidak ingin sesi pengambilan gambar harus terhenti gara-gara baterai lemah. Memang banyak kamera DSLR yang telah dibekali baterai tahan lama, namun memeriksanya saat akan bepergian juga tak ada salahnya.
Itulah 8 settingan dan hal terkait kamera DSLR yang harus Anda periksa sebelum mulai memotret. Semoga menjadi catatan penting untuk mendukung kesuksesan Anda memperoleh gambar yang sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *