9 Tips Memotret Dengan Kamera Handphone Agar Hasilnya Bagus

DuniaTeknologi.Info – Ponsel pintar atau smartphone sudah jadi benda yang wajib dibawa kemana-mana. Berbagai kemampuan yang tertanam dalam ponsel telah membuat kita punya ketergantungan pada alat satu itu. Termasuk diantaranya untuk mengabadikan momen penting. Karean tidak setiap orang memiliki kamera DSLR yang mahal-mahal, maka kamera ponsel biasanya sudah cukup untuk memotret. Nah, berikut ini kami rangkum 11 tips memotret dengan kamera handphone untuk memperoleh hasil yang bagus.

Meskipun hasil jepretan kamera handphone tentu tak sesempurna kamera DSLR tetapi dengan berbagai teknik dan trik, hasil jepretan ponsel bisa saja dikira hasil kamera mahal. apalagi dengan dukungan berbagai fitur ponsel yang semakin canggih.


1. Meskipun Ada fitur Zoom, Jangan Dipakai

Fitur zoom untuk mendekatkan objek dalam kamera justru akan mengakibatkan hasil gambar kurang bagus. Resolusinya akan turun dan kadang hasil gambarnya jadi pecah. Jadi jangan gunakan zomm, tapi mendekatlah ke objek.

2. Posisikan Objek Mendapat Cahaya Yang Cukup Terang

Kamera ponsel tidaklah seperti mata kita yang mampu beradaptasi dalam ruangan yang remang. Kamera memerlukan bantuan flash untuk mengambil gamabr di dalam ruangan. Namun jarak efektif lampu ini hanya 2-3 meter. Jadi mendekatlah ke objek. Pengambilan gamabr dalam ruangan bisa juga dengan tambahan lampu yang terang.

3. Memastikan Posisi Yang Stabil Agar Ponsel Tidak Bergoyang

Dengan posisi yang stabil maka hasil jepretan akan semakin baik. Jika perlu gunakan bantuan alat khusus agar ponsel bisa stabil. Jika tidak maka Anda bisa berdiri dengan bersandar pada pohon, tembok, dan sejenisnya.

4. Pelajari Tentang Kompisisi Memotret

Komposisi dalam memotret cukup kompleks, jadi pelajari lebih dalam dari berbagai ulasan yang ada lalu terapkan dalam pemotretan. Sekedar kenal, dalam fotografi ada komposisi golden ratio, rule of third, spiral, pola dan lain sebagainya. Jadi kamu nggak asal jepret saja.

5. Cobalah Ambil Gambar Dari Sudut Yang Berbeda

Inovasi dan kreatifitas. Cobalah berinovasi dengan berbagai sudut dan angle untuk menghasilkan foto yang tidak biasa.

6. Pilihlah Resolusi Tertinggi Yang Tersedia
 
Dengna resolusi tertinggi maka kita juga akan mendapat hasil jepretan terbaik. Selain itu juga bisa dicetak lebih besar. Tetapi pertimbangkan pula ketersediaan ruang dalam memori. Sebab semakin besar resolusi maka semakin besar pula ruang yang diperlukan.

7. Pastikan Kebersihan Lensa Kamera Ponsel

Rajin-rajinlah membersihkan ponsel Anda, terutama pada bagian lensa kameranya jika ingin mendapat gambar yang jerinih. Pakailah kain lembut tanpa cairan apapun. Namun jika nampak berminyak, maka perlu menggunakan cairan pembersih LCD. Semprotkan pada kain halus lalu gunakan untuk membersihkan minyak di lensa. Anda juga bisa membaca artikel Langkah Dan Cara Membersihkan Lensa Kamera sebagai referensi Anda.

8. Kenali Waktu Jeda Shutter, Jangan Bergerak Setelah Memotret

Tidak seperti kamera biasa, kamera ponsel memerlukan jeda waktu beberapa saat setelah memotret. Jadi setelah memencet tombol pengambilan gambar, tetaplah tenang sampai ponsel menyimpan hasil gambar.

9. Berlatih Dengan Memfoto Sesering Mungkin

Agar terbiasa dan terlatih, maka Anda harus sering-sering memotret. Bukankah jama sekarang memotret tida butuh roll film seperti jaman kuno? Jadi tak usah segan menghabiskan memori ponsel demi memperoleh hasil yang baik. Toh nanti yang jelek bisa dihapus.

Itulah 9 tips memotret dengan kamera handphone untuk mendapat hasil yang tak kalah dengan kamera mahal. Cobalah terus mengasah dan mengeksplorasi kemampuan memotret dengan kamera ponsel ini. Boleh juga Anda pakai aplikasi bawaan ponsel untuk memotret dengan hasil yang lebih menarik. Nah, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *