Andromeda OS Baru Google, Gabungan Android dan Chrome OS

DuniaTeknologi.info – Google terlihat semakin serius dalam mengembangkan Sistem Operasi (OS) sendiri di berbagai platform. Setelah sukses dengan Android, Chrome OS, Chromecast, dan juga Fuchsia. Pada akhir tahun ini dikabarkan raksasa internet itu masih akan mengembangkan satu buah OS lagi, yakni berrnama Andromeda. Andromeda bukanlah sebuah desain OS baru, namun Andomeda merupakan OS gabungan dari Android OS dan Chrome OS. Kabarnya, Andromeda akan berbasiskan Android yang akan ditambah dengan berbagai fitur canggih dari Chrome OS.
Andromeda Sistem Operasi untuk Laptop dan Tablet
Andromeda berbeda dari Fuchsia OS yang mana jika Fuchisia lebih ditujukan bagi perangkat-perangkat IoT milik Google. Sedangkan Andromeda kemungkinan besar akan digunakan pada perangkat laptop dan juga tablet.
Meskipun gabungan dari Android dan Chrome OS, Andromeda dikatakan bukanlah sebagai produk penerus dari  Chrome OS. Google mengatakan bahwa Andromeda merupakan sebuah sistem operasi untuk desktop yang benar-benar baru.
Untuk dapat diketahui, Chrome OS sendiri merupakan OS buatan Google yang memiliki basis internet, Chrome OS adalah OS yang dibuat oleh Google khusus untuk laptop. Semua aplikasi yang tersedia  di Chrome OS berbasiskan situs web. Oleh sebab itu, pengguna haruslah selalu terhubung ke jaringan internet untuk menggunakan mayoritas aplikasi yang ada pada Chrome OS. Chromebook adalah sebutan bagi laptop yang mengunakan Chrome OS ini.
Selain informasi yang telah disampaikan di atas, belum ada lagi bocoran lain yang muncul dari pihak Google atau pihak lain. Google sendiripun masih menutup mulut  mereka rapat-rapat perihal OS baru tersebut. Akan tetapi, berdasarkan rumor yang banyak beredar, Andromeda akan menjadi OS yang lebih baik dari Chrome OS yang telah ada saat ini.
Apakah laptop Andromeda bisa digunakan secara offline? bekum juga ada informasi terkait hal ini. Satu hal yang sudah pasti, Andromeda dikatakan akan menjadi pesaing kuat dari laptop yang berbasis Windows OS dan bahkan Mac OS sekalipun. Apakah rumor ini benar? kita lihat saja nanti pembuktiannya.

Pixel 3 ‘Bison’, laptop pertama dengan Sistem Operasi Andromeda

Berdasarkan desas-desus yang beredar, Google telah menyiapkan sebuah laptop perdana yang akan berbasis Andromeda OS. Perangkat laptop tersebut memiliki nama kode ‘Bison’. Laptop ini digosipkan akan memiliki nama resmi Pixel 3.
Berdasarkan rumor, Bison dikatakan memiliki bentuk laptop convertibel, yang mana Bison bisa dioperasikan sebagai laptop biasa dan juga bisa dioperasikan sebagai tablet, lengkap dengan stylus untuk mempermudah pekerjaan. Laptop ini dikabarkan dibuat dengan ukuran layar 12,3 inci, dengan teknologi layar sentuh dan memiliki desain sangat tipis, tebalnya hanya sekitar 10 mm saja.
Ada dua model perangkat dari laptop ini, yakni satu perangkat dengan Prosesor Intel m3 atau Core i5 dengan memori penyimpanan 32 GB atau 128 GB, dan RAM 8 GB atau RAM 16 GB. Pixel 3 dikabarkan akan diperkenalkan pada acara peluncuran berbagai produk Google pada bulan Oktober ini.
Selain itu, di acara tersebut Google juga akan memperkenalkan dua smartphone Pixel yaitu Google Pixel dan Google Pixel XL, Google juga akan memperkenalkan sebuah Chromecast baru, dan sebuah router WiFi.
Meski sudah banyak rumor beredar, namun Laptop Pixel 3 dikabarkan baru akan dirilis pada tahun 2017 yang akan datang. Seperti apa penampakan dan performa dari Laptop dengan RAM Sangar ini? kita nantikan saja informasi selanjutnya. [DT]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *