Apa Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Bagaimana Cara Ampuh Mengatasinya ? Simak Ulasannya!

Apa Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Bagaimana Cara Ampuh Mengatasinya ? Simak Ulasannya! –Akhir-akhir ini banyak orang yang bertanya pada saya melalu emai, mengenai apa saja yang menyebabkan ponsel cepat panas ? maka dari itu saya akan coba menjawabnya melalui artikel ini. Ponsel pintar saat ini tentu akan sangat berbeda dengan zaman dulu,  dimana sekarang mempunyai lebih banyak komponen yang fungsinya lebih beragam dan kompleks. Nah dengan komponen banyak dan kompleks tersebut, maka untuk beberapa penyebab ponsel cepat panas tentu akan sangat beragam.

Saya yakin beberapa dari Anda akan sangat kesal saat sedang enak bermain game malah ponsel Anda pakai terasa panas. Terlalu lama di gunakan juga merupakan salah satu penyebab ponsel panas, tapi tidak hanya itu saja berikut beberapa Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Cara Ampuh Mengatasinya, antara lain :

Charger Anda Bermasalah

Apabila bagian ponsel yang cepat panas ada tepat di dekat port charger, maka bisa jadi penyebab ponsel cepat panas tersebut adalah karena charger Anda yang bermasalah. Charger yang tidak sesuai atau tidak cocok dengan spesifikasi ponsel akan menyuplai daya lebih tinggi atau lebih rendah dari yang dibutuhkan ponsel Anda. Nah dengan alasan tersebut akan menyebabkan ponsel cepat panas walaupun baterai sudah terisi penuh.

Bukan hanya itu saja, mengisi ulang baterai dengan charger yang tidak sesuai juga akan menyebabkan pengisian ulang baterai lebih lama dari biasanya. Saran saya untuk menangani masalah tersebut adalah ganti charger yang bermasalah dengan charger original atau mempunyai output sesuai dengan yang dibutuhkan ponsel Anda.

Baterai Ponsel Bermasalah

Penyebab ponsel cepat panas dapat Anda juga ketahui lebih cepat dengan cara meraba bagian ponsel mana yang cepat panas tersebut. Apabila bagian belakang ponsel cepat panas, maka bisa jadi penyebab utamanya adalah pada baterai. Baterai ponsel yang telah rusak atau menurun fungsinya akan lebih cepat panas jika dibanding baterai baru. Maka dari itu, solusi paling mudah untuk menangani ponsel cepat panas yang diakibatkan oleh baterai adalah bawa ke tukang servis dan minta ganti baterainya.

Menggunakan Ponsel saat di-Charge

Memakai ponsel saat sedang di-charge juga akan menyebabkan kinerja baterai lebih berat dan hal tersebut akan membuat ponsel cepat panas. Apabila kebiasaan tersebut terus menerus dilakukan, maka baterai bisa kembung bahkan bisa meledak secara tiba-tiba. Maka dari itu, apabila Anda tidak ingin ponsel cepat panas, lebih baik tunggu sampai proses isi ulang baterai sampai selesai, setelah itu Anda bisa memakai ponsel itu kembali.

Terlalu Lama di Tempat Panas

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya ponsel sama seperti perangkat elektronik. Ponsel juga bisa menghasilkan panas sendiri ketika kinerjanya meningkat dan terlalu banyak menghabiskan tenaga. Saya yakin Anda sudah mengetahui bahwa sumber panas utama dari ponsel adalah dari baterainya sendiri. Nah karena memang ponsel bisa menghasilkan panas sendiri, oleh karena itu hindari terpapar panas dari luar. Sebab panas yang tinggi dari luar dapat menyebabkan ponsel cepat panas dan merusak komponen yang ada di dalamnya.

Nah untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan menghindari meletakan ponsel terlalu lama di tempat panas seperti: dekat kompor, dashboard mobil, dekat microwave, di bawah sinar matahari langsung, atau dekat kipas laptop yang mengeluarkan udara panas saat di pakai.

Ada Aplikasi Bermasalah

Pada beberapa kasus aplikasi bisa jadi biang keladi penyebab ponsel cepat panas. Apabila Anda terlalu banyak menjalankan aplikasi di latar belakang (background), maka hal itu akan menguras baterai. Perlu Anda pahami bahwa semakin banyak baterai terkuras maka semakin cepat ponsel panas. Bukan hanya itu saja, apabila ada aplikasi yang mengonsumsi daya baterai secara berlebihan, maka akan membuat ponsel cepat panas.

Dalam hal ini jika Anda ingin mengetahui apakah ada aplikasi yang ‘rakus baterai’ Anda dapat mengecek di Setting > Battery. Saran saya untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan cegah aplikasi tersebut restart secara otomatis. Apabila hal tersebut masik belum cukup Anda bisa uninstal aplikasi tersebut dari ponsel Anda.

Lupa Mematikan Mode “Overclock”

Pada beberapa tipe ponsel terbaru yang khusus untuk ponsel gaming akan dibekali fungsi ‘overclock’ yang tujuannya untuk memacu performa processor suapa dapat bekerja lebih kencang dari biasanya. Fungsi yang satu ini mempunyai banyak julukan mulai dari Performance Mode sampai Turbo Mode. Apapun itu, intinya fungsi ini akan memaksa processor ponsel Anda bekerja di kecepatan maksimal. Apabila mode overclock terus menerus Anda gunakan, maka hal itu akan membuat processor cepat panas dan baterai terkuras lebih cepat. Untuk mengatasi hal ini yakni dengan mematikan mode overclock ketika tidak dibutuhkan dan jangan sampai lupa mematikannya.

Kesulitan Mencari Sinyal

Saat ponsel Anda sedang kesulitan mencari sinyal atau sinyal internet dari provider terlalu lemah, maka hal itu akan membuat ponsel cepat panas. Karena ponsel yang Anda pakai dipaksa terus menerus untuk mencari sinyal dan kecepatan internet yang dibutuhkan untuk bekerja secara normal. Pada umumnya hal tersebut terjadi saat Anda berada di dalam lift atau ponsel terlalu lama disimpan di celana jeans sehingga menghambat penerimaan sinyal dari privider yang Anda pakai. Dan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mematikan data saat kualitas sinyal di tempat Anda kurang bagus.

Menggunakan Casing yang Terlalu Ketat

Saran saya jangan sembarang pilih casing jika tidak ingin ponsel cepat panas. Penyebab ponsel cepat panas ternyata bisa juga datang dari hal sepele seperti salah pemilihan casing pada ponsel. Casing yang terlalu ketat, secara tidak langusng akan menghambat sirkulasi udara di sekitar ponsel. Apabila suhu ponsel terus meningkat akibat terlalu lama dipakai, casing akan menghambat panas keluar dari ponsel Anda sehingga hal itu akan menyebabkan ponsel cepat panas.

Bukan hanya itu saja, casing ponsel yang terlalu ketat dan bahan yang terlalu tebal juga akan mengurangi sensitivitas antena untuk menangkap sinyal selular dari providr yang Anda pakai. Kondisi tersebut akan menyebabkan ponsel harus bekerja ekstra keras untuk menangkap sinyal selular yang akibatnya lama kelamaan baterai akan terkuras dan ponsel cepat panas. Solusi terbaik agar hal ini tak terjadi, sangat saya rekomendasikan untuk memilih casing yang tidak terlalu tebal dan tidak menutup seluruh permukaan ponsel Anda.

Demikian beberapa Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Cara Ampuh Mengatasinya yang dapat saya ulas. Beberapa penyebab di atas adalah yang paling sering terjadi, dan apabila Anda sudah melakukan beberapa solusi yang telah saya tulis masih saja ponsel Anda cepat panas. Sangat saya sarankan untuk di bawa ke tempat service.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *