7 Aplikasi Android Terbaik Untuk Guru

DuniaTeknologi.Info – Di zaman serba canggih saat ini para pengajar dituntut untuk inovatif dan kreatif. Sehingga tidak ketinggalan zaman dan kalah oleh para peserta didiknya. Berbagai aplikasi edukatif juga sudah banyak beredar bahkan gratis. Nah, buat Anda para guru, mungkin sudah saatnya untuk meningkatkan strategi pengajaran dengan memanfaatkan teknologi berbasis Android. Ini tentu saja sangat mudah diterapkan. Misalnya dengan menggunakan aplikasi Android terbaik untuk guru berikut ini.

7 Aplikasi Android Terbaik Untuk Guru

1. Teacher Gradebook

Dengan aplikasi ini maka guru bisa menjaga sekaligus mengelola jadwal. Aplikasi Android terbaik untuk guru yang satu ini sangat membantu jadwal raport kelas, absensi dan berbagai hal lain. Uniknya data dalam aplikasi bisa diekspor ke dokumen berformat CSV dan PDF. Guru juga bisa melakukan pengeditan pada setiap tugas siswa.

Aplikasi ini dibuat oleh Fran Meneu yang juga seorang tenaga pendidik. Di Google Play tercatat telah diinstall oleh 100 ribu pengguna. Versi gratisnya memuat iklan, sedangkan jika ingin bersih dari iklan cukup dengan membayar sebesar Rp73.000.

2. Remind: School Communication

Remind: School Communication merupakan aplikasi yang berguna untuk menjalin komunikasi antar guru, murid dan orang tua. Pada dasarnya aplikasi ini adalah aplikasi berkirim pesan. Guru bisa mengirim pesan kepada satu siswa maupun sekelompok siswa. Selain bisa digunakan untuk berbagai file, foto, dan lainnya, aplikasi ini juga mampu menerjemahkan pesan ke dalam 85 bahasa di dunia. Mantap bukan?

Remind: School Communication mengklaim telah digunakan oleh sekitar 27 juta tenaga pengajar, murid, dan orang tua di Amerika. Di Google Play Store, aplikasi ini sudah di-install oleh lebih dari 10 juta pengguna. Layaklah kalau tergolong sebagai aplikasi Android terbaik untuk guru.

3. Edmodo

Aplikasi pendidikan selanjutnya adalah Edmodo. Aplikasi ini juga berguna untuk mengelola berbagai tugas di kelas. Guru bisa memberikan ulasan, catatan, dan arahan pada setiap tugas yang dikerjakan siswa. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Edmodo juga bisa berfungsi sebagai pengirim pesan yang real-time.

Aplikasi ini telah populer digunakan. Terbukti dari jumlah install dari Google Play yang menembus angka lebih dari 10 juta. Aplikasi dari Edmodo.inc ini memang layak digunakan.

4. Google Classroom

Tak mau kalah, Google pun meluncurkan aplikasi Android terbaik untuk guru dan dunia pendidikan. Google Classroom terbilang sangat lengkap. Sekolah bisa mengorganisir kelas-kelas untuk para guru dan siswa. Dengan dukungan Google Drive, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah file, gambar, hingga video.

Guru bisa mem-posting tugas, mengoreksi hasil tugas para siswa, dan semuanya tanpa kertas. Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna.

5. ClassDojo

ClasDojo juga menyajikan suasanan kelas virtual yang seru. Tampilannya yang menarik didukung dengan berbagai fitur yang bagus. Berbagai hal yang berkaitan dengan kelas terdapat di sini. Mulai dari absensi kehadiran, komunikasi dengan orang tua, dan sebagainya. Selain versi gratisan, aplikasi ClassDojo menawarkan berbagai fitur berbayar, mulai dari harga Rp13000 hingga Rp139.000.

6. RuangGuru

Dari sekian aplikasi Android terbaik untuk guru, tampaknya Ruangguru adalah yang paling asyik. Dengan aplikasi ini siswa bisa belajar secara online, mengerjakan soal UN dan SBMPTN yang lengkap dengan pambahasam, serta terhubung dengan guru. Tersedia 3 aplikasi untuk masing-masing pihak siswa, guru, maupun orang tua.

7. School Media

School Media merupakan aplikasi pendidikan yang memungkinkan transparansi nilai akademik, pembayaran, hingga kehadiran siswa. Pihak orang tua bisa mengontrol kehadiran anaknya di sekolah dengan aplikasi ini. Dengan demikian, kerja guru jadi lebih ringan, siswa lebih terarah, dan orang tua bisa mengawasi.

Itulah 7 aplikasi Android terbaik untuk guru. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia pendidikan, cobalah mulai menerapkan teknologi untuk kemajuan anak didik Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *