B- Smart Smartphone Untuk Difabel

B- Smart Smartphone Untuk Difabel – Di dunia ini tidak ada manusia yang  sempurna, setiap orang pasti memiliki kekurangan dalam dirinya. Tetapi sebagai hamba, kita harus tetap bersyukur atas apa pun pemberian yang diberikan oleh sang pencipta karena pasti itulah yang terbaik untuk kita. Selain bersyukur kita juga harus mampu mengubah segala sesuatu yang pada awalnya kita anggap sebagai kekurangan menjadikan berubah menjadi satu nikmat dan kelebihan.

Manusia dilahirkan dengan derajat yang sama sehingga tidak ada istilah jika ada manusia yang memiliki derajat yang lebih daripada yang lain kecuali karena keimanannya kepada sang pencipta. Menurut data WHO di dunia ada sekitar 285 juta orang difabel yang mengalami tunanetra yang jumlah terus meningkat sepanjang tahun. Difabel yang merupakan makhluk sosial yang sama seperti manusia pada umumnya juga membutuhkan ruang dan tempat untuk bersosialisasi dengan orang lain. Namun terkadang mereka kesulitan untuk melakukannya karena tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ditengah inovasi teknologi yang cepat ini lahirlah smarphone B- Smart yang khusus digunakan untuk difabel tuna netra.

B- Smart lahir dari tiga alumni perguruan tinggi swasta di Jogja dengan misi utama mereka adalah memfasilitasi difabel tuna netra untuk dapat mengakses teknologi terbaru khususnya smarphone. Smarphone ini memiliki tiga aplikasi utama yaitu B–Touch, B-school, dan B-tools.  B- touch digunakan untuk komunikasi, B-Scholl digunakan untuk pendidikan,dan B-Tolos digunakan khusus untuk membantu difabel una netra menggunakan smartphone dalam kehidupan mereka. Sampai saat ini B-Touch dan B-School sudah bisa digunakan tetapi B-Tools masih dalam proses pengerjaan.

Smartphone jenis ini memiliki beberapa fitur yang didesain sesuai kebutuhan difabel tuna netra. Fitur unggulan tersebut adalah braille keyboard, text to speech, speech to text, free training, free update, full maintenance, ocr untuk membaca buku, dan komunikasi. Dengan menggunakan fitur braile keyboard difabel tuna netra dapat menuliskan pesan singkat atau SMS dengan menggunakan smartphone layar sentuh.

Target pengguna dari B- Smart ini adalah tuna netra jadi fitur yang dimiliki akan disesuaikan dengan mereka. Untuk menulis pesan pada smartphone ini menggunakan huruf braille dimana huruf tersebut kombinasi enam buah simbol yang ditulis dengan enam simbol di B- Smart. Setiap pengguna melakukan input data maka akan dibacakan dalam bentuk audio begitu pun juga dengan navigasi dan sistem yang sedang berlangsung akan diberitahu secara otomatis dengan audio. Sehingga akan lebih memudahkan tuna netra untuk menggunakannya. Karena sebelumnya difabel tuna netra menggunakan handphone dengan keypad jenis qwerty atau handphone hanya dengan keybad yang biasa. Setiap orang pasti memiliki kelebihan olehh karena itu tuna netra mungkin tidak bisa melihat tapi mereka memiliki pendengaran dan sensor peraba yang sangat kuat.

Inovasi produk teknologi yang seperti merupakan salah satu inovasi yang sangat luar biasa. Dengan B- Smart ini maka akan membantu difabel berkebutuhan khusus sehingga mereka dapat melakukan kegiatan bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain dengan lebih mudah. Akses sarana dan prasarana yang memiliki aksesibilitas sampai saat ini masih sangat minim sehingga diharapkan dengan inovasi anak bangsa yang semcam ini akan mendorong anak bangsa lainnya untuk berinovasi dan menunjukkan kepedulian terhadap saudara lain yang membutuhkannya. Difabel tidak membutuhkan rasa belas kasihan dari orang lain yang mereka butuhkan adalah semangat, kepedulian, dan motivasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *