Begini Cara Merawat Traktor supaya Awet dan Tahan Lama

DuniaTeknologi.Info – Usaha dalam bidang pertanian semakin diminati banyak orang. Hal ini dikarenakan proses pengolahan tanah, penanaman, sampai panen dapat dibantu menggunakan mesin pertanian moderen. Salah satunya adalah mesin pengolah tanah, yaitu traktor. Namun jika dipakai secara terus menerus mesin ini juga dapat mengalami kerusakan. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir. Di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara merawat traktor yang benar supaya awet dan bisa dipakai dalam jangka panjang.

Ada banyak sekali jenis traktor yang sudah dijual luas di pasaran. Mesin yang satu ini mampu mempermudah kinerja petani dalam mengeolah tanah jadi. Tentu saja hal ini akan membuat waktu bekerja menjadi efisien dan para petani juga tidak perlu mengeluarkan tenaga yang banyak untuk mengolah tanah.

Mesin traktor yang dirawat dengan baik secara rutin akan mampu berfungsi dengan maksimal sampai bertahun-tahun. Namun ada beberapa perbedaan mendasar merawat traktor dibandingkan mesin pertanian yang lain. Lalu apa saja langkah untuk merawat mesin pertanian yang satu ini? Simak ulasan berikut ya.

Pelajari Buku Panduan Penggunaan Jenis Traktor yang Anda Beli

Produsen traktor biasanya akan memberikan intruksi secara rinci terkait perawatan dasar yang harus dilakukan pada mesin traktor. Berikut beberapa hal yang biasanya ada didalam buku panduan.
Jadwal perawatan. Jadwal ini akan memberikan rincian kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin, transmisi, mengganti filter, pelumasan sasis dan mengganti hidrolik.

Spesifikasi. Informasi ini biasanya tersedia dalam bentuk tabel yang akan memberi tahu Anda jenis cairan transmisi yang bisa Anda gunakan atau nama komponen pengganti yang bisa dipasang pada mesin traktor saat komponennya harus diganti. Anda harus melakukannya secara rutin supaya mesin traktor Anda terus bisa digunakan secara maskimal.

Lokasi titik pelumasan maupun bagian yang boleh dan tidak boleh diganti maupun dibongkar biasanya juga akan dibahas dalam buku panduan penggunan traktor. Sebagai langkah perawatan yang benar, usahakan supaya Anda mematuhi hal ini.

Di buku ini Anda juga bisa menemukan panduan dasar cara mengoperasikan traktor yang benar. Jika kondisinya Anda sudah pernah menjalankan mesin traktor sebelumnya, akan lebih baik jika Anda membaca panduan dasar penggunaan terlebih dahulu. Karena mesin traktor biasanya memiliki tatanan komponen mesin yang berbeda-beda, terlebih lagi jika Anda membeli dengan merek yang berbeda.

Membersihkan Mesin Traktor Secara Rutin

Anda harus membersihkan traktor dari debu maupun kotoran lainnya yang biasanya dapat menyebabkan kerusakan. Selain itu, Anda juga harus mencuci mesin ini secara berkala. Gunakan cairan khusus untuk mencuci mesin traktor yang sudah tersedia luas dipasaran.

Gunakan Spare part Standar

Anda juga disarankan untuk menggunkan perlengkapan atau spare part sesuai standar yang telah ditetapkan oleh produsen pembuat mesin traktor yang Anda beli. Selain sebagai upaya perawatan menggunakan sparepat sesuai standar mesin juga dapat memaksimalkan kinerja traktor.

Rutin Melakukan Pemanasan

Anda harus rajin memanasi mesin traktor terlebih dahulu sebelum digunakan. Ini bertujuan supaya nantinya traktor Anda dapat memiliki umur panjang dengan kondisi mesin yang stabil dan dapat Anda gunakan sesuai keinginan Anda.

Itulah beberapa cara merawat traktor yang dapat Anda lakukan supaya mesin traktor Anda bisa awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Sebagai tambahan, jika mesin yang Anda gunakan memiliki ukuran yang sangat besar, maka akan lebih baik jika menyerahkan urusan perawatan dan pemeliharaan mesin kepada ahlinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *