Tips Buat Video Slow Motion Dengan Smartphone Agar Hasilnya Lebih Dramatis

DuniaTeknologi.Info – Buat video slow motion dengan smartphone bakal digandrungi oleh pengguna media sosial beberapa bulan ke depan. Hal itu membuat para produsen berlomba-lomba merancang smartphone dengan fitur kamera terbaik, salah satunya yang mampu merekam dalam gerak lambat. Bahkan, fitur tersebut diprediksi oleh David Soong, seorang fotografer profesional yang telah menekuni profesinya selama 2 dekade, akan menjadi trend di tahun ini.

Menurutnya, ada banyak momen yang sebetulnya biasa saja, tapi begitu diabadikan dengan fitur tersebut menjadi terlihat keren dan epic. Misalnya, orang yang sedang berlari, makan atau minum, burung-burung terbang dan momen-momen sederhana lainnya. Beliau juga mengatakan, dalam tiga bulan ke depan akan banyak footage slow motion di media sosial. Terlebih dengan kreatifitas anak muda yang tidak terbatas seperti sekarang.

Cara Kerja Fitur Slow Motion

Pernahkah Anda melihat adegan ulang goal saat pertandingan sepak bola? Biasanya, tayangan tersebut ditampilkan dalam gerakan lambat. Bola yang seharusnya meluncur dengan cepat dilambankan hingga setiap detil gambar terlihat begitu jelas. Itulah yang dinamakan slow motion.

Ia bekerja dengan cara mengurangi pergerakan dari frame video yang direkam. Jadi, bila awalnya bergerak 100% (normal), akan berubah menjadi 25% atau 50% lebih lambat. Trik ini kerap dipraktikkan oleh orang yang ingin mengedit video atau menonton rekaman kamera pengintai jika terjadi kasus pencurian.

Memperlambat video biasanya dilakukan pada perangkat komputer atau laptop menggunakan software tertentu. Namun, terbilang cukup ribet dan sulit, terutama bagi yang tidak memiliki skill di bidang multimedia dan teknologi. Selain itu, bakal menghabiskan waktu yang lama karena prosesnya cukup panjang.

Solusinya, Anda bisa memakai kamera atau ponsel yang memiliki fitur terkait. Beberapa kamera digital saat ini telah mampu merekam video slow motion dengan frame rate tinggi. Saat diputar dalam 24-30 FPS, video akan menampilkan gerakan objek yang lebih lamban. Smartphone pun tidak ingin ketinggalan. Beberapa bahkan sanggup merecord sampai 960 FPS pada resolusi HD 720p. Fitur itu menghadirkan gerakan objek 32 kali lebih pelan daripada perekaman normal.

Menurut David Soong, smartphone mempunyai kelebihan tersendiri dibanding kamera digital dalam hal pengambilan video yang beken dengan nama Slow Mo itu, yakni bentuknya lebih praktis dan bisa dibawa ke mana-mana. Sehingga ia selalu siap diraih dari saku jika tiba-tiba momen yang menarik muncul di depan mata.

Selain itu, pengguna tinggal meng-klik dua kali untuk menjalankan aplikasi kamera. Lalu, mengatur frame rate agar hasil video slow motion bagus dan tidak patah-patah. Settingan yang bisa digunakan, yaitu dari 30-60 FPS. Semakin tinggi nilai FPS-nya, semakin lambat dan detail pula video tersebut.

Memang dari kualitas dan fleksibilitas, kamera digital lebih unggul dari smartphone. Sebab, umumnya camdig yang bisa digunakan untuk merekam video Slow Mo memiliki lensa zoom serta sensor gambar lebih besar. Ada pula kamera aksi yang dapat dibawa menyelam ke dalam laut dan mengabadikan momen dalam gerak lambat.

Tapi, untuk keseharian, smartphone jelas lebih ringkas, terutama bila digunakan pada tempat-tempat tertentu, seperti museum yang membutuhkan izin khusus jika ingin membawa kamera ke dalam.

Momen-momen Menarik yang Bisa Dibuat Slow Motion

Beberapa smartphone masa kini menonjolkan kemampuan perekaman video slow motion. Sesuai namanya, fitur tersebut akan memperlambat pergerakan objek yang direcord, sehingga tampak lebih dramatis. Lalu, momen-momen seperti apa yang menarik untuk dibuat dalam gerakan lambat? Simak ulasannya berikut:

Kejadian yang Berlangsung Cepat

Peristiwa-peristiwa yang terjadi secara cepat biasanya sulit diamati oleh indera penglihat. Contohnya, adegan berlari dan terjun ke kolam renang, orang yang sedang menari, saat peserta marathon sampai di garis finish dan lain-lain. Sangat menjengkelkan, bukan? Terutama jika itu merupakan momen berharga yang harus didokumentasikan. Nah, bila buat video slow motion dengan smartphone, Anda bisa mencermati detail-detail yang luput dari pandangan secara perlahan.

Partikel yang Bergerak Cepat

Partikel di sini maksudnya adalah benda-benda kecil yang mempunyai gerakan cepat dan susah diamati serta dinikmati keindahannya oleh mata. Seperti bulir-bulir air hujan yang bisa diperlambat supaya tampak jelas serta dicermati perubahan bentuknya ketika jatuh di tanah atau membentur benda lain. Siapa pun yang melihatnya pasti akan terkesima seakan menyaksikan panorama yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Selain itu, ada partikel lain yang dapat dijumpai di kehidupan sehari-hari, tanpa melibatkan cuaca, yakni ketika melakukan pillow fight atau perang bantal. Bulu-bulu yang berterbangan tentu akan menjadi objek nan menarik untuk dibuat slow motion.

Gerakan Smartphone

Tidak hanya objek, gerakan ponsel pun bisa diperlambat ketika diguncang-guncangkan dengan cepat ke atas, bawah, samping atau mengitari subjek. Sehingga, efek yang dihasilkan lebih menarik.

Momen Sederhana

Selain mengabadikan aktifitas atau kegiatan tertentu, Anda juga dapat menyulap momen-momen sederhana menjadi lebih dramatis dengan fitur video slow motion. Misalnya, gerakan-gerakan yang terjadi saat menuang susu ke mangkuk berisi sereal atau meniup gelembung sabun.

Tips Membuat Video Slow Motion

Meskipun kelihatannya mudah, tapi dalam praktiknya mengambil video slow motion perlu dilakukan oleh orang yang mempunyai pemahaman supaya menghasilkan gambar nan lebih epic. Setidaknya, ada empat tips yang bisa diterapkan untuk membuat video gerak lambat dan mengunggahnya di media sosial, di antaranya:

Peka

Ini merupakan hal yang harus dimiliki apabila seseorang ingin memberi efek slow motion pada video. Peka terhadap peristiwa-peristiwa yang berlangsung di sekitarnya, seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Sebab, momen yang bagus biasanya tidak akan terjadi dua kali. Sehingga, mereka harus tanggap dan segera menggapai perangkat smartphone untuk mengabadikannya.

Melihat Kondisi

Sebelum melakukan perekaman, Anda perlu melihat keadaan objek. Apabila ia dalam kondisi diam, maka Anda lah yang harus bergerak bersama smartphone. Tenang saja, efek yang dihasilkan tidak kalah bagus dengan ketika merecord objek yang berjalan.

Pencahayaan

Dalam fotografi dan pembuatan video gerak lambat, aspek ini sangat vital. Maka, supaya tidak terjadi flicker pada gambar, cahaya yang terekam oleh lensa harus terang, baik di dalam maupun luar ruangan.

Kreatifitas

Kunci untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal dalam pengambilan video slow motion adalah kreatifitas. Oleh karena itu, Anda harus mengasahnya dari sekarang. Toh, untuk mempelajari fotografi dan videografi tidak sesulit jaman dulu, dimana internet belum berkembang seperti sekarang.

Dulu, untuk membuat foto atau video nan bagus diperlukan pengetahuan tinggi dan alat-alat yang canggih. Tapi, sekarang semua orang bebas berkarya dan menuangkan kreatifitas hanya dengan modal ponsel. Bahkan, bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Salah satu contohnya adalah buat video slow motion dengan smartphone yang akan digilai pengguna media sosial beberapa bulan mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *