Cara Ampuh Meningkatkan Kecepatan WIFI

Cara Ampuh Meningkatkan Kecepatan WIFI –Dengan jutaan pengguna yang menghubungkan perangkat seluler mereka ke hotspot Wi-Fi di seluruh dunia, tidak heran orang ingin tahu bagaimana cara meningkatkan kecepatan Wi-Fi mereka untuk memutar film, mengunggah dan mengunduh dokumen mereka dan mentransfer data dengan cepat.

Inovasi dalam teknologi Wi-Fi adalah apa yang membuatnya lebih cepat dari generasi sebelumnya. Dan karena kecepatan Wi-Fi umumnya terkait dengan jangkauan koneksi Internet Anda, berikut adalah beberapa cara untuk membantu Anda meningkatkan jangkauan itu dan memperluas sinyal nirkabel Anda.

Mengapa Wi-Fi Anda lambat ?

Jika kita bertanya mengapa koneksi Wi-Fi Anda lambat? Sebenarnya hal tersebut berkaitan dengan hambatan fisik antara WIFI dan perangkat. Misalnya dinding dan lantai, dapat memengaruhi sinyal nirkabel serta jarak antara perangkat dan titik akses dan jumlah perangkat yang menggunakan jaringan Wi-Fi Anda. Bahkan hal-hal sederhana, seperti mengatur jarak antara router Anda, dan ground dapat mempengaruhi kinerja WI-FI Anda.

Pastikan untuk berbicara dengan penyedia layanan Internet Anda untuk memastikan Anda membayar untuk kecepatan yang Anda butuhkan. Penyedia berbeda menawarkan kecepatan yang berbeda dan Anda mungkin tidak memiliki paket terbaik untuk kebutuhan koneksi Anda.

Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi Anda

Terdapat tiga faktor kunci yang berdampak pada kecepatan koneksi Internet Anda – lokasi router Anda, teknologi, dan perangkat yang terhubung dengannya. Maka dari itu agar WI-FI Anda dapat lebh cepat maka dapat melakukan bebrapa hal di bawah ini!

Tempatkan router Anda di lokasi terbuka

Karena Wi-Fi pada dasarnya hanya perangkat nirkabel, maka secara otomatis kecepatan koneksi Anda dipengaruhi oleh jarak. Selain itu beberapa hambatan juga mempengaruhi, seperti dinding, lantai dan langit-langit, gangguan elektronik dan jumlah pengguna jaringan. Semua faktor ini berkontribusi memperlambat koneksi Wi-Fi Anda.

Untuk mendapatkan sinyal terbaik, letakkan router nirkabel di lokasi terbuka di lantai utama rumah Anda, jauh dari tembok dan penghalang. Yang ideal adalah meletakkannya di lantai, di atas furnitur. Jauhkan dari perangkat elektronik lain yang dapat menyebabkan interferensi, seperti gelombang mikro, pengasuh elektronik, dan telepon nirkabel. Anda juga dapat mengatur antena secara tegak lurus, satu di arah horizontal dan yang lainnya di arah vertikal.

Ingin tahu di mana titik mati jaringan nirkabel? Coba gunakan aplikasi seluler, seperti CloudCheck *, untuk mencari titik-titik ini. Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi di mana sinyal lebih kuat sehingga Anda dapat menemukan tempat yang baik untuk router Anda. Anggap saja sebagai feng shui Wi-Fi untuk router nirkabel Anda!

Gunakan teknologi Wi-Fi Modern

Teknologi berubah dengan cepat dan salah satu cara terbaik untuk mempercepat jaringan nirkabel Anda adalah dengan menggunakan perangkat keras terbaru. Wireless-N (802.11) dan Wireless-AC (802.11) adalah teknologi yang lebih baru dan lebih cepat, sementara Wireless-A (802.11a), -B (802,11b), dan -G (802.11g) lebih tua dan lebih lambat.

Router Wireless-AC yang lebih baru memiliki kecepatan transfer data hingga tiga kali lebih cepat daripada model Wireless-B / G / N yang lebih lama dan menawarkan fungsionalitas “dual-band” sehingga Anda dapat membebaskan saluran untuk perangkat nirkabel yang lebih lama akses.

Dan tentu saja, Anda ingin melindungi jaringan Wi-Fi Anda dengan kata sandi sehingga tetangga Anda tidak dapat melakukan streaming film dengan koneksi nirkabel Anda!

Batasi perangkat dan optimalkan pengaturan

Bermain game online, obrolan video, dan streaming film dan video adalah aktivitas intensif bandwidth yang dapat mengurangi kecepatan Internet dan akses semua orang yang terhubung ke jaringan Wi-Fi tersebut. Memiliki pengaturan Kualitas Layanan (QoS) yang memungkinkan Anda mengontrol aplikasi mana yang memiliki akses prioritas ke bandwidth Internet. Misalnya, Anda mungkin ingin memprioritaskan koneksi video jika Anda memiliki terlalu banyak rapat dan mengurangi prioritas unduhan file cloud. Anda mungkin menerima dokumen Anda nanti, tetapi Anda tidak ingin panggilan itu jatuh ketika Anda berbicara dengan klien penting atau seseorang dalam keluarga Anda!

Anda juga ingin router nirkabel Anda menerima pembaruan firmware terbaru. Meskipun banyak router baru memiliki proses pembaruan terintegrasi, Anda mungkin perlu mengakses pengaturan router Anda untuk memulai pembaruan secara manual.

Ini juga merupakan ide bagus untuk menghubungkan perangkat stasioner, seperti desktop dan konsol game, langsung ke router untuk menyediakan bandwidth yang lebih baik untuk perangkat seluler Anda. Anda dapat memasang ekstensi peramban yang dapat memblokir iklan, animasi, dan video yang mencuri bandwidth. Bahkan penyesuaian kecil, seperti memblokir iklan dengan streaming, dapat meningkatkan pengalaman pengguna Anda.

Anda juga dapat menyempurnakan pemilihan saluran di router Anda. Secara default, banyak router nirkabel dikonfigurasikan untuk berkeliaran di saluran 6. Ini berarti bahwa router tetangga Anda mungkin juga menggunakan saluran 6, menyebabkan kemacetan di saluran itu karena jumlah perangkat yang terhubung dengannya. Menggunakan alat seperti Wi-Fi Analyzer * atau Wi-Fi Scanner * dapat membantu mengidentifikasi saluran router dengan bandwidth lebih banyak dan memberikan kecepatan internet yang lebih baik.

Jika router Anda relatif baru, router harus dapat beralih di antara dua frekuensi radio – 2,4 GHz (standar terlama) dan 5 GHz (standar terbaru). Router nirkabel pintar dapat memilih frekuensi terbaik untuk Anda dan lingkungan Anda. Setiap frekuensi memiliki beberapa saluran: 14 hingga 2,4 GHz dan 30 hingga 5 GHz. Dengan demikian, jika router Anda memiliki kemampuan untuk berpindah frekuensi secara otomatis, ia dapat memilih dari 44 saluran. Jika lebih lama dan hanya dapat mengakses 14 2,4 GHz saluran, lebih mungkin untuk menemukan “lalu lintas” pada koneksi Wi-Fi. Anda dapat memeriksa pengaturan router untuk melihat apakah itu secara otomatis beralih antara saluran dan konfigurasi optimal.

Tips Lain untuk Mempercepat WI-FI

Apakah Anda masih belum puas dengan kecepatan WI-FI yang telah Anda punya hanya dengan menggunakan beberapa tips di atas ? Anda juga masih ingin memperluas jangkauan koneksi Internet? Maka Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini!

Gunakan extender jangkauan nirkabel

Meskipun mungkin tidak mempercepat koneksi, tapi ia mampu meningkatkan sinyal di titik-titik mati di rumah atau kantor Anda. Misalnya, jika router Anda berada di lantai pertama rumah Anda, Anda dapat menambahkan extender jangkauan nirkabel di lantai lain untuk meningkatkan sinyal. Ini bisa sangat membantu di daerah dengan dinding tebal atau struktur fisik lainnya yang mampu mencegah sinyal nirkabel.

Tambahkan titik koneksi

Pikirkan titik koneksi untuk membuat mesh nirkabel di rumah Anda. Mereka mengirimkan sinyal internet satu sama lain untuk mengatur jaringan nirkabel. Mereka dirancang untuk ruang besar dengan beberapa lantai.

Dengan Anda mempercepat WI-FI, maka di sadari atau tidak itu akan berdampak pada kehidupan Anda sehari hari. Mungkin Anda tidak menyadari saat Anda bekerja dengan kecepatan WI-FI maksimal, hal itu akan membuat Anda lebih rileks dalam bekerja. Selain itu, jika Anda menggunakan jaringan WI-FI di rumah maka hal itu akan lebih menyenangkan saat sedang live streaming dan beberapa aktifitas lainnya yang memerlukan koneksi internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *