Cara Melacak Pemilik Nomor Telepon

DuniaTeknologi.Info – Pernah atau sering menerima panggilan telepon dari nomor tak dikenal? Dan sayangnya kamu tidak sempat mengangkat telepon itu. Hal ini tentunya menimbulkan rasa penasaran. Apalagi di layar ponsel tertera jumlah panggilan tak terjawab lebih dari satu. Di sisi lain kamu juga takut jika itu adalah nomor penipuan. Karena kasus seperti ini kerap terjadi. Agar tak menjadi korban, pastikan dulu siapa penelpon, yaitu dengan cara melacak pemilik nomor telepon tersebut.

Saat ini gangguan nomor tak dikenal yang tiba-tiba masuk ke ponsel, tidak hanya berupa panggilan telepon. Ada juga yang dalam bentuk pesan singkat (SMS), misalnya berupa pesan-pesan tidak sopan, minta pulsa, transfer uang, atau pesan-pesan lainnya yang mengganggu. Keadaan ini pastinya membuat hati mendidih kesal. Untuk itulah kamu perlu menyimak ulasan berikut, tentang bagaimana cara melacak pemilik nomor telepon iseng tersebut.

Cara Melacak Pemilik Nomor Telepon

Teknologi saat ini telah banyak menyediakan cara, bagi para pengguna ponsel untuk dapat melacak nomor-nomor tidak jelas, yang masuk ke dalam ponselnya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan:
Menggunakan Aplikasi Truecaller di Android.

Aplikasi Truecaller yang bisa disematkan di ponsel android ini, bisa menjadi alternatif sederhana, untuk mengetahui identitas dari nomor asing yang masuk. Untuk bisa menggunakan layanan fitur ini, kamu harus men-download aplikasinya dulu dengan gratis di playstore. Besarnya hanya 15 MB. Jadi cukup ringan dan tak akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan di ponsel.

Setelah berhasil men-download, kamu bisa langsung mengoprasikaan aplikasi dengan mengklik tulisan “Mulai”. Tetapi kamu harus mendaftar dulu dengan cara memasukkan nomor ponsel. Kemudian kode verifikasi berupa 6 digit angka akan dikirim ke ponsel kamu, untuk kemudian mengaktifkan layanan truecaller.

1. Menggunakan Web Resmi Truecaller Melalui Browser di Komputer

Selain di ponsel Android, cara melacak pemilik nomor telepon melalui truecaller juga bisa diakses melalui browser di komputer. Caranya tak jauh berbeda. Kamu harus masuk ke website resminya dan kemudian daftar. Jika sudah, kamu bisa langsung melacak nomor tersebut dengan cara memasukkan kode negara dan nomor teleponnya.
Selain dapat melacak nomor pemilik telepon yang sering mengganggu kenyamanan, aplikasi truecaller ini juga punya fitur yang dapat memblokir nomor tidak jelas yang kerap masuk dan membuat kesal.

2. Menggunakan Aplikasi Contactive

Aplikasi ini bisa diinstal melalui playstore. Setelah itu daftar menggunakan email, nomor telepon atau akun facebook. Fitur yang ada pada aplikasi Contactive ini akan menampilkan informasi terkait penelpon tak jelas ketika mereka menghubungi ponsel kamu, dengan syarat ponsel terhubung ke jaringan internet.

Selain itu, aplikasi Contactive ini juga bisa mengidentifikasi pemilik nomor tak dikenal, saat mereka mengirim pesan singkat (SMS). Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu men-dial nomornya, setelah itu matikan, dan kamu akan melihat data pemilik nomor tersebut di layar ponsel.

3. Menggunakan Akun WhatsApp

whatsApp juga bisa kamu manfaatkan untuk melacak pemilik nomor telepon yang mengganggu privasi, dengan catatan si pemilik nomor telepon juga punya akun WhatsApp.

Akses terlebih dulu WhatsApp Web, kemudian chatting dengan pelaku. Caranya adalah dengan mematikan semua aplikasi berjalan, kecuali halaman chatting tersebut. Buka task manager, klik Win + R, ketik cmd, enter, dan ketik netstat-an di kolom, dan enter. Setelah itu akan muncul alamat IP. Kemudian lakukan pelacakan lewat ip-address.com/ip_tracer/.

Demikianlah beberapa cara melacak pemilik nomor telepon yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui identitas si penelpon gelap atau pengirim SMS yang sangat menyebalkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *