Cara Memasang Cakram Keras Eksternal pada Playstation 3 dengan Benar

DuniaTeknologi.Info – Untuk Anda para pecinta game, Anda tidak akan bisa memainkan game yang telah terpasang di perangkat cakram keras ekternal secara langsung khususnya yang sudah beli playstation 3 atau playstation 4. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan pada sistem perangkat keras internal di playstation 3. Anda harus memformat atau mengubah terlebih dahulu sistem USB drive menjadi FAT32 dengan menggunakan komputer yang berbasis windows. Berikut ini adalah uraian bagaimana cara memasang cakram keras eksternal pada playstation 3.

Memformat Cakram Keras Menggunakan Windows

Langkah awalnya yaitu pasang cakram keras ekternal pada komputer. Anda bisa menggunakan kabel USB cakram keras eksternal untuk memasangnya ke perangkat komputer. Port A atau port USB biasanya berbentuk slot kotak yang pipih dan terpasang pada bagian samping komputer.

Kemudian, buka menu start yang ada di komputer Anda. Pilih menu This PC yang ada di kolom pencarian bagian menu start. Setelah itu akan ada sebuah ikon berbentuk monitor komputer yang akan ditampilkan dibagian atas jendela komputer Anda.

Selanjutnya, Anda bisa memilih ikon cakram keras yang biasanya berada di tengah halaman, dan klik kanan pada ikon cakram keras tersebut. Setelah klik kanan ditampilkan, Anda harus menekan klik bagian pilihan menu Properties. Opsi ini biasanya berada di bagian bawah menu turun, atau drop down menu yang akan muncul saat Anda mengeklik kanan ikon cakram keras.

Lihatlah teks yang ditampilkan di sebelah opsi menu file system. Opsi ini akan ditampilkan di bagian atas jendela komputer Anda, di dekat tab general yang secara otomatis akan dimuat saat Anda masuk ke menu properties. Jika kondisinya opsi file system tidak menampilkan teks FAT32, maka Anda harus memformat cakram keras itu sendiri supaya bisa mulai menghubungkan cakram keras eksternal ke playstation 3.

Langkah selanjutnya yaitu tutup jendela properties dengan menekan ikon X yang ada di bagian atas kanan jendela komputer Anda. Klik kanan kembali ikon cakram keras dan kemudian klik format. Opsi ini berada di bagian tengah menu turun yang akan ditampilkan di jendela komputer. Memformat cakram keras akan secara otomatis menghapus seluruh berkas atau file yang ada didalamnya.

Setelah langkah di atas selesai Anda sudah bisa memulai menghubungkan cakram keras eksternal ke perangkat playstation 3, karena sudah tersedia ruang kosong dan dukungan perangkat.

Proses Pemasangan Cakram Keras Eksternal

Untuk menghubungkan cakram keras ekternal pada playstation 3, Anda hanya perlu memasukan kabel USB cakram keras eksternal ke dalam porta USB playstation 3. Portal ini biasanya berada di bagian depan konsol playstation. Nyalakan playstation 3 dan controler. Cara termudah ini adalah dengan menekan tombol PS pada controller, atau Anda juga bisa menekan pilihan tombol power pada playstation 3 dan controller secara bersamaan untuk mulai menyalakannya.

Gunakan menu ke kiri untuk memilih setting, opsi ini biasanya berada di bagian kiri menu playstation 3. Selanjutnya, gerakkan menu ini ke bawah untuk pilih menu system setting dan tekan tombol X. Opsi ini berada di bagian bawah menu settings. Kemudian, gerakan menu ke bawah untuk memilih menu backup utility dan kemudian tekan tombol X, Anda dapat menemukan opsi ini yang ada di dekat bgian tengah menu system settings.
Pilih menu back up, opsi back up ini seharusnya menjadi pilihan pertama pada halaman yang akan ditampilkan. Pilih yes ketika diminta, dan kemudian tekan tombol X. Hal ini akan membawa Anda ke halaman pemilihan cakram keras.

Langkah selanjutnya yaitu pilih nama cakram keras eksternal. Jika Anda tidak memasang perangkat USB lain yang pada playstation 3, seharusnya cakram keras eksternal akan menjadi opsi satu-atunya pilihan yang tersedia. Selain itu, cara memasang cakram keras eksternal pada playstation 3 ini akan mencadangkan data atau mem-back up Playstation 3 dan secara otomatis menyalinnya ke cakram keras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *