Cara Memastikan Motor Teknologi Canggih Anda Tetap Prima di Musim Hujan

DuniaTeknologi.Info – Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini harus menjadi perhatian khusus bagi para pengguna kendaraan bermotor. Hal ini tidak lepas dari bertambahnya tantangan yang harus dialami saat berada di jalanan. Bagi para pengendara sepeda motor Yamaha, ada beberapa komponen motor yang harus diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Kondisi yang berbeda antara musim kemarau dan hujan tentu menyebabkan sebuah sepeda motor mempunyai perlakuan yang berbeda pula, termasuk bagi pengendara motor skuter matik. Walaupun kita ketahui motor jenis ini sangat lincah pada kondisi jalanan normal atau kering, namun pada kondisi jalanan basah ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian lebih. Perlakuan yang tepat akan berefek pada awetnya komponen pada sepeda motor dan jaminan keselamatan saat berkendara.

Di bawah ini adalah beberapa tips cara mempersiapkan Yamaha Fino Anda untuk menjawab tantangan berkendara di musim hujan, antara lain:

  • Kondisi Ban

Tingkat kelicinan aspal pada kondisi kering dan basah tentu sangat berbeda. Pada kondisi hujan, ban kendaraan akan sangat mudah selip. Hal ini dapat diminimalisir dengan mengecek tekanan angin dan kondisi fisik ban. Ban sepeda motor yang sudah gundul dan tekanan angin yang tidak sesuai anjuran buku manual akan sangat berbahaya. Jika kondisi hujan deras, kurangi tekanan ban sekitar 2-3 psi dari anjuran standar saat berkendara pada musim kemarau.

  • Kelistrikan

Air hujan yang mengenai body motor ditakutkan merembes masuk dan mengenai rangkaian kabel yang terkelupas. Hal ini tentu sangat berbahaya. Selain menyebabkan tidak berfungsinya beberapa komponen seperti lampu dan klakson, hal ini bahkan dapat menyebabkan terbakarnya komponen kelistrikan kendaraan Anda.

Lampu sepeda motor skuter matik Anda juga harus prima pada saat kondisi hujan. Maka dari itu cek kondisi kelistrikan pada sepeda motor Anda. Lapisi kabel bodi yang terbuka dengan lakban hitam agar air tidak mudah masuk.

  • Membilas Air Hujan dengan Air Tawar

Air hujan yang mengandung asam yang menyebabkan cat body pada sepeda   motor Anda mengalami pengikisan. Selain itu, kandungan asam menyebabkan karat pada besi yang dikenainya. Sangat disarankan segera membilas bagian kendaraan Anda yang terkena hujan dengan air tawar. Dengan perawatan yang baik dan rutin, maka kondisi cat sepeda motor Anda akan selalu tampil prima.

  • Pengecekan Rem

Pada kondisi basah, fungsi rem bisa menurun karena ada air yang membasahi bagian kampas. Hal ini tentu saja sangat berbahaya pada kondisi jalanan yang licin karena hujan. Maka dari itu pengecekan secara berkala kondisi rem sangat diperlukan. Kampas rem menjadi faktor utama dalam kasus ini. Kampas rem yang mulai menipis dan kotor akan memperburuk kualitas pengereman. Jika permukaan kampas rem sudah menipis, maka segera ganti dengan kampas rem yang baru dan mempunyai kualitas baik. Jangan lupa bersihkan semua komponen mekanis yang terdapat di perangkat rem agar kerjanya tidak macet terhalang karat dan kotoran.

  • Knalpot

Banjir ataupun genangan yang ada di jalanan mengandung banyak kotoran. Pada saat seorang pengendara sepeda motor melewati genangan ini, ditakutkan kotoran masuk ke knalpot dan menyumbat saluran pembuangan. Apabila kondisi ini dibiarkan secara terus menerus, tentu saja akan menimbulkan kerusakan pada bagian knalpot sepeda motor Anda. Untuk mengatasi hal itu semprotkan oli ke dalam knalpot dan olesi leher dengan grease agar terhindar dari karat.

Hal lain yang tidak kalah penting saat berkendara di musim hujan adalah melihat kondisi Anda sendiri sebagai pengendara. Jika Anda merasa tidak mampu untuk melewati hujan dengan menggunakan sepeda motor alangkah lebih baik untuk menepi menunggu hujan reda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *