Cara Membersihkan Layar Laptop Yang Baik dan Benar

Komputer dulu hanyalah sebagai perangkat canggih berharga mahal yang digunakan kalangan tertentu. Terutama mereka akademisi dan para karyawan perusahaan, tentu akan menggunakan komputer. Namun teknologi berkembang, saat ini komputer seolah tergantikan dengan laptop. Komputer jinjing ini pun jadi favorit dan disukai banyak orang. Hanya saja apakah semua orang cukup paham dengan cara membersihkan layar laptop?

Yap, sebagai perangkat teknologi yang bisa dibawa ke mana-mana, laptop memang dipandang jauh lebih efisien daripada komputer. Anda bisa menggunakan laptop entah dalam perjalanan, sedang bersantai di cafe atau tiduran di ranjang. Tetapi karena bisa digunakan secara mudah itulah, laptop relatif lebih cepat kotor. Salah satu bagian laptop yang sering kotor adalah layar alias monitornya.

4 Tips Cara Membersihkan Layar Laptop yang baik dan Benar

Sebagai bagian penting pada laptop, layar memang seringkali dipegang-pegang dan terkena debu. Agar kinerja Anda tak terganggu, maka wajib tahu beberapa tips cara membersihkan layar laptop berikut ini.

  1. Sebelum Anda membersihkan layar laptop, pastikan kalau perangkat itu benar-benar mati. Seperti yang Anda tahu, bagian dalam layar laptop terdiri dari berbagai panel elektronik yang begitu rentan kerusakan entah karena sentuhan atau air. Supaya tak terjadi dead pixel atau titik cahaya yang mati, matikan dulu laptop. Lagipula dengan layar mati, Anda bisa lebih mudah melihat kotoran.
  2. Karena layar adalah bagian sensitif, usahakan untuk menggunakan kain dengan tekstur lembut seperti katun atau jenis microfiber yang tidak berserat dan lembut. Mau cara membersihkan layar laptop macbook atau sistem operasi manapun, pastikan memakai kain lembut agar tidak menimbulkan goresan dan jejak partikel serat kain yang rontok. Jangan pernah memakai handuk kertas, tisu atau kertas toilet karena bisa membuat layar tergores.
  3. Ada beberapa cairan pembersih khusus untuk layar laptop yang bisa Anda peroleh di toko aksesoris komputer. Biasanya satu paket pembersih layar akan menyertakan cairan pembersih khusus, kain halus dan kuas kecil. Kalau tak bisa membeli, Anda juga bisa membuat cairan pembersih sendiri dengan air cuka biasa yang dicampur air bersih dengan perbandingan sama. Jangan pernah sekalipun Anda menggunakan cairan alkohol dan amoniak. Karena kedua kandungan itu bisa merusak layar LCD apalagi amonia. Amonia diyakini bisa membuat layar laptop menghitam. Begitu pula jangan sembarangan memakai cairan bensin untuk membuat layar laptop bening kembali.
  1. Ada baiknya saat Anda baru membeli laptop langsung pasang screen protector atau anti glare (gores). Pelindung ini bisa menjaga lapisan utama layar laptop dan mengurangi kemungkinan tergores serta mengurangi pancaran sinar blue light yang bisa merusak mata. Selain itu, untuk cara membersihkan layar laptop anti glare dianggap jauh lebih mudah daripada layar laptop langsung.

Keberadaan lapisan pelindung membuat Anda tidak terlalu khawatir untuk mengusap kain dan memberikan cairan. Untuk itulah beberapa orang kadang menyarankan langsung memasang anti gores pada layar laptop yang baru dibeli.

Baca juga info lain seputar laptop:

Jangan Bersihkan Layar Laptop Saja

Melihat ulasan keempat tips yang ada, tampaknya memang untuk membersihkan layar laptop tidaklah sulit. Bahkan saat ini di kota-kota besar ada beberapa penyedia jasa bersihkan laptop kalau Anda enggan dibuat ribet. Namun selain membersihkan layar, ada bagian lain yang juga harus rajin dibersihkan yakni keyboard.

Sama seperti cara membersihkan layar laptop, untuk membersihkan keyboard pun bisa memakai kain bertekstur lembut. Berikan sedikit cairan khusus pembersih laptop untuk mengusap tombol-tombol pada keyboard. Intinya, Anda jangan pernah malas menjaga kebersihkan laptop agar proses kerja bisa nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *