5 Cara Membersihkan Virus di Flashdisk, Ampuh dan Mudah

Dengan perkembangan teknologi saat ini, rasa-rasanya penggunaan perangkat PC atau laptop sudah menjadi hal biasa. Perkara menyimpan file-file dokumen, foto atau video pun bisa menggunakan perangkat kecil bernama flashdisk. Hanya seukuran jari, flashdisk mampu menyimpan file luar biasa banyak hingga 32 GB. Namun masalah muncul saat terserang virus sehingga Anda butuh tahu cara membersihkan virus di flashdisk.

Cara Membersihkan Virus di Flashdisk Dengan Mudah

Biasanya sebuah flashdisk mendadak terkena virus karena sering digunakan ke banyak PC. Apalagi jika Anda memakai perangkat umum seperti komputer di warnet atau di kantor dan kampus, peluang terkena virus jauh lebih besar.

Tentu Anda bakal kebingungan saat virus membuat dokumen penting Anda tak bisa diakses seperti data skripsi, laporan keuangan perusahaan atau foto dan video pernikahan. Nah, supaya Anda tidak cemas, berikut ini beberapa tips cara membersihkan virus di flashdisk.

  1. Pakai Antivirus

Saat ini sudah ada banyak sekali software antivirus untuk menghapus virus di flashdisk. Ada program yang berbayar dengan kemampuan lebih maksimal, tapi ada juga antivirus gratis tapi optimal. Beberapa antivirus gratis yang lazim digunakan adalah Smadav, Avast! dan Avira. Untuk mengoperasikannya tinggal pasang flashdisk di PC lalu jalankan antivirus, lakukan pemindaian dan kemudian pilih DELETE untuk menghapus seluruh virus.

  1. Dihapus Dengan CMD

Salah satu virus yang kerap menyerang flashdisk adalah mengubah file jadi shortcut yang tak akan bisa dihapus. Untuk menghapus virus bandel ini tak perlu antivirus karena tinggal gunakan perintah CMD (Command Prompt) pada komputer. Untuk cara membersihkan virus di flashdisk dengan CMD, Anda harus mengaktifkan show hidden file saat flashdisk sudah terpasang.

Nantinya seluruh file tersembunyi dalam flashdisk akan terbaca dan kemudian buka program CMD. Jika flashdisk di partisi F, maka ketik ‘f:’ lalu tambah perintah ‘-s -r -h /s /d’ dan enter. Jika sudah selesai, Anda kembali cek flashdisk dan hapus file shortcut.

  1. Format Ulang Hapus Permanen

Menemui virus yang bandel dan selalu muncul? Maka harus pakai cara membersihkan virus di flashdisk secara permanen. Sangat mudah karena Anda hanya harus format ulang. Pertama-tama pasang flashdisk ke komputer lalu cari nama drive-nya. Setelah itu klik kanan pada flashdisk dan pilih opsi FORMAT lalu START. Jika berhasil, seluruh data flashdisk Anda termasuk virus akan terhapus dan kembali kosong untuk diisi lagi.

Artikel Tips Lainnya:

  1. Dihapus Manual

Memiliki komputer dengan sistem operasi lain seperti Linux? Maka bisa Anda manfaatkan. Tak seperti Windows, Linux juga kadang memiliki format kecil dan bisa langsung Anda boot lewat flashdisk. Setelah Linux terpasang, Anda bisa langsung membuka flashdisk yang berisi virus dan menghapusnya manual tanpa takut sistem komputer rusak. Kenapa begitu? Karena kebanyakan virus yang ada menyerang Windows, bukannya Linux.

  1. Gunakan Removal Tool

Selain antivirus, ada program Removal Tool yang bisa dimanfaatkan untuk menghapus virus. Program ini bisa Anda temukan cuma-cuma di Google. Hanya saja untuk menghapus virus yang ada, Anda perlu tahu apa nama virus yang menginfeksi flashdisk baru kemudian dijalankan. Removal Tool kadang diklaim lebih efektif menghapus virus di flashdisk daripada antivirus.

Dari kelima pilihan yang ada, terbukti kalau ternyata cara membersihkan virus di flashdisk sangatlah mudah. Bahkan Anda yang sekalipun bukan ahli komputer, bisa menjalankan kelima langkah di atas tanpa ribet sehingga tak perlu bingung saat virus menjangkiti flashdisk. Meskipun memang ada baiknya Anda memiliki file cadangan yang disimpan di tempat lain untuk berjaga-jaga saat virus benar-benar merusak flashdisk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *