Cara Membuat Foto Bergerak di Instagram dengan Aplikasi Android

DuniaTeknologi.Info – Sebagai jejaring sosial berbasis foto dan video yang digemari millennial, Instagram terus menghadirkan fitur-fitur baru untuk memanjakan penggunanya. Foto bergerak pada Instastory termasuk fitur baru yang paling populer di kalangan pengguna Instagram. Cara membuat foto bergerak tidak sulit, cukup menuangkan kreativitas bermodalkan aplikasi Android di ponsel Anda.

Dengan foto bergerak, Anda dapat menjadikan momen yang diabadikan dalam foto menjadi lebih hidup. Bukan dirangkai menjadi video, melainkan foto statis Anda diolah menjadi foto yang dapat bergerak layaknya rekaman video.

Cara Membuat Foto Bergerak di Instagram dengan Aplikasi Zoetropic

Cara membuat foto bergerak menggunakan aplikasi Zoetropic ini sangat mudah karena tampilan mukanya didesain ramah pengguna. Cara menggunakannya yaitu:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Zoetropic dari Google Play Store ke perangkat Android Anda.
  2. Setelah aplikasi terpasang, Zoetropic akan menampilkan pilihan untuk mengambil gambar yang akan diproses.
  3. Pilih lokasi untuk mengimpor foto yang Anda inginkan.
  4. Tentukan area foto yang akan dijadikan bergerak dan yang akan dijadikan tetap diam.
  5. Setelah menentukan area tersebut, tekan tombol mulai berupa ikon segitiga di bagian atas untuk memainkan foto bergerak.
  6. Aturlah hingga gerakan foto sesuai dengan keinginan Anda.
  7. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan hasilnya dengan menekan menu Option atau ikon berlambang titik tiga pada bagian kanan atas.
  8. Pilihlah Save/Export Video untuk menyimpan foto bergerak yang sudah dibuat.
  9. Selanjutnya, Anda dapat menekan tombol With Logo untuk mengekspor foto dan menentukan jenis file GIF.
  10. Hasil foto bergerak akan tersimpan pada ruang penyimpanan internal yang dapat diakses dari Gallery atau Photos pada menu utama.

Langkah-langkah di atas merupakan cara membuat foto bergerak melalui aplikasi Zoetropic. Setelah memiliki foto bergerak, Anda tinggal mengunggahnya ke Instagram Story. Foto yang diunggah secara otomatis akan bergerak-gerak ketika dilihat oleh pengguna yang lain.

Selain menghasilkan efek foto bergerak, ternyata Zoetropic dapat memberikan efek-efek lain yang tidak kalah menarik. Aplikasi ini menyediakan fitur berupa alat-alat yang memiliki fungsi khusus. Misalnya alat gerak pada setiap titik yang ingin Anda tambahkan dengan efek.

Anda juga dapat menggunakan alat stabilisasi untuk menentukan titik-titik yang tak dapat digerakkan, menghindari distorsi yang tak diinginkan, dan membentuk daerah yang terstabilisasi. Ada juga alat masker untuk menentukan area gambar yang ingin dijadikan tetap statis.

Alternatif Aplikasi Android untuk Membuat Foto Bergerak

Selain cara membuat foto bergerak dengan aplikasi Zoetropic, Anda juga bisa melakukannya dengan beberapa aplikasi alternatif seperti di bawah ini.

  1. Lumyer: Photo Video Editor

Aplikasi edit foto bergerak ini dapat menjadikan foto Anda tampak hidup seperti sebuah video. Keistimewaan Lumyer Photo Video Editor adalah filter yang ditawarkan mencapai 200 jenis yang dapat dipilih sesuai selera Anda.

  1. Loopsie-Motion Video Effects Living Photos

Aplikasi Loopsie memberikan efek sinematik yang akan membuat foto terlihat menawan. Ketika membukanya, Loopsie akan memberikan tutorial sederhana mengedit foto dan video, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan mudah. Loopsie sangat ringan, cocok sekali untuk dipasang pada ponsel Android dengan ruang penyimpanan kecil.

  1. Poltaverse

Poltaverse mampu mengubah foto menjadi gambar bergerak yang realistis. Terdapat banyak fitur dan alat di dalamnya yang memungkinkan Anda menghasilkan foto bergerak yang menarik. Hasil edit juga bisa disimpan dalam format GIF, PNG, dan MP4.

Demikian cara membuat foto bergerak di Instagram dengan menggunakan aplikasi Android. Anda bisa memilih salah satu aplikasi tersebut untuk menghasilkan gambar bergerak yang diinginkan. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *