4 Cara Membuat Mainan dari Barang Bekas, Mudah dan Menarik

Anak-anak sangat suka dengan mainan meskipun kelihatannya sederhana. Mainan anak tidak harus kita beli di toko mainan dengan harga yang mahal, sebagai alternatifnya bisa mencoba cara membuat mainan dari barang bekas, seperti kardus dan botol minuman plastik.

Perilaku Ramah Lingkungan dengan Mendaur Ulang Barang Bekas

Kardus dan botol bekas merupakan kategori sampah kering yang sebenarnya bisa didaur ulang menjadi sebuah mainan anak. Hal tersebut merupakan perilaku ramah lingkungan yang harus diterapkan dan diajarkan kepada anak. Jika barang bekas disimpan begitu saja, sehingga membuat rumah Anda menjadi terlihat berantakan, lebih baik barang bekas tersebut didaur ulang menjadi sebuah mainan anak yang unik.

4 Cara Membuat Mainan Anak dari Bakas Bekas

Cara membuat mainan dari bekas yang unik sebetulnya cukup mudah. Agar tidak bertele-tele, simak pemaparannya berikut ini.

1. Kursi dari kardus bekas

Membuat mainan anak ini cukup mudah, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan, seperti kardus, lem korea, cutter atau gunting, penggaris, bolpoin dan pensil.

Cara membuat:

Gunakan bolpoin, pensil dan penggaris untuk membuat gambar pola kursi di atas kardus, kemudian potonglah gambar pola tersebut dengan cutter atau gunting. Rangkai potongan tersebut dengan cara di lem. Mainan kursi dari kardus bekas sudah jadi deh!

2. Meja dari kardus bekas

Kursi sudah ada, tinggal membuat meja sebagai pasangannya. Membuat meja dari kardus bekas hampir sama dengan membuat kursi, yang membedakannya yaitu dari pembuatan gambar polanya saja. Siapkan bahan-bahan, seperti, kardus, lem korea, pulpen, pensil, gunting atau cutter dan penggaris.

Jangan Lewatkan Artikel Menarik Lainnya:

Cara membuat:

Gambar pola meja di atas kardus menggunakan pulpen, pensil dan penggaris. Pola gambar yang sudah jadi dipotong menggunakan gunting atau cutter, kemudian rangkai dan rekatkan potongan pola tersebut menggunakan lem korea. Meja kardus sudah jadi dan siap dipasangkan dengan kursi kardus sebagai mainan favorit anak.

3. Kura-kura dari botol minuman plastik bekas

Mainan anak ini terbilang unik juga, kerena bisa mengapung di air. Bisa juga dialihfungsikan menjadi celengan yang lucu, imut dan menarik. Berikut cara membuat mainan dari barang bekas botol. Siapkan beberapa bahan, seperti botol minuman plastik bekas, beng, spons, spidol dan cutter/gunting.

Cara membuat:

Potong ¼ bagian botol paling bawah dengan gunting atau cutter. Siapkan spons dan buatlah gambar kura-kura dengan spidol, pastikan lingkarannya sama persis dengan ukuran botol. Potong gambar tersebut mengikuti pola yang dibuat, kemudian rangkaikan botol dengan spons menggunakan benang, kurang lebih pada enam sisi.

Jika ingin dijadikan celengan, kasih saja lubang pada bagian botol sebesar lingkaran uang logam. Mainan kura-kura siap mengapung di air!

4. Kapal air dari botol minuman plastik bekas

Mainan ini sangat menarik, karena bisa mengapung dan berjalan di atas air. Berikut cara membuat mainan dari barang bekas yang bisa bergerak ini. Siapkan bahan-bahan, seperti botol bekas, 2 sumpit, karet gelang, 2 sendok plastik bekas, lem tembak dan gunting.

Cara membuat:

Rekatkan sumpit pada kedua samping botol dengan lem tembak. Agar lebih kuat, ikat dengan karet gelang. Kedua sendok pada bagian cekungan dipotong dan sisakan batang sendok ¼ saja untuk nantinya direkatkan menjadi sebuah baling-baling atau turbin.

Pasang karet gelang pada bagian bawah sumpit sebagai pegas penggerak baling-baling, kemudian pasang baling-baling tersebut ditengah-tengah karet pegas dan beri lem tembak agar lebih kuat. Mainan kapal air dari botol bekas siap meluncur di atas air!

Cara membuat mainan dari barang bekas tersebut bisa Anda ajarkan kepada anak untuk melatih kreativitasnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *