Cara Memperbaiki Bluetooth Smartphone Tidak Bisa Menyala

Dari waktu ke waktu alat transfer file di dunia terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kurang lebih 15 tahun yang lalu kita hanya mengenal infra merah sebagai alat transfer file terbaik di dunia, tapi sejak di kembangkankannya bluetooth semua orang mulai berpindah pada fitur ini untuk mentransfer file.

Selain itu sampai saat ini bluetooth adalah salah satu fitur yang pasti ada pada setiap ponsel di duna ini. Mengapa demikian ? sebab selain ini sangat ringan, tapi juga sangat cepat untuk urusan mentransfer atau mengirim file. Tapi untuk file yang berukuran besar, bluetooth akan terasa lemot, maka dari itu beberapa orang yang memang faham masalah applikasi terus melakukan perubahan pada system transfer file di dunia.

Teknologi transfer data telah semakin canggih, bahkan saat ini ada yang memakai aplikasi yang memanfaatkan jaringan wifi, namun Anda tidak boleh melupakan peran bluetooth begitu saja. Sebelum semuanya berkembang seperti sekang ini adalah alat transfer file terbaik di dunia.

Fakta menunjukkan bluetooth masih banyak dipakai oleh para pengguna ponsel contoh kecilnya seperti konektivitas earphone/headset bluetooth atau sound yang memakai bluetooth. Di tambah lagi beberapa dari mereka yang lebih suka dengan transfer data lewat bluetooth atau memang di sebabkan oleh smartphone androidnya tidak bisa dipasang aplikasi trasnfers data melalui wifi seperti share it karena alasan tertentu. Misalkan saja ponsel Anda sudah penuh aplikasi lain baik karena RAM ataupun memori internal yang terbatas.

Pernahkah Anda mengalami bluetooth malah tidak dapat berfungsi atau tidak dapat di hidupkan ? jika memang iya maka Anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu baru kemudian Anda cari tahu Cara Memperbaiki Bluetooth Smartphone Samsung Tidak Bisa Menyala.

Ada beberapa penyebab bluetooth tidak berfungsi, misalkan saja memang tidak mau menyala atau dapat menyala tapi tidak bdapat dipakai sesuaikan fungsinya. Lalu bagamana cara mengatasi malasah ini ? apakah Anda tahu bagaimana jalan keluarnya ? Jangan khawatir sebab beberap saat lagi Anda akan tahu caranya.

Trik Memperbaiki Bluetooth Smartphone Samsung yang Tidak Menyala

Saat bluetooth pada ponsel Anda tidak dapat menyala atau mati, mungkin Anda akan bingung dan mulai mencari cara bagaimana cara memperbaikinya bukan ? Yaps dalam artikel ini kita akan memakai beberapa cara agar dapat menghidupkan bluetooth pada ponsel yang kita pakai, diantaraya sebagai berikut :

Clear Cache

Cara pertama yang dapat Anda lakukan merupakan dengan melakukan clear cache yang tersimpan otomatis pada aplikasi Anda. Cache ini dipakai untuk mempercepat aplikasi terbuka dengan mudah tetapi malah tak jarang cache ini juga dapat menumpuk dan malam membuat bluetooth jadi tidak mau menyala atau error. Nah untuk mempersihkan clear cache, Anda perlu melihat triknya yaitu dengan cara membuaka pengaturan lalu pilih kumpulan aplikasi, Setting > Apps > Bluetooth lalu tap clear cache yah. Setelah itu Anda coba gunakan bluetooth seperti biasa.

Clear data

Sebenarnya tidaklah cukup dengan hanya clear cache apabila memang masalah bluetooth juga belum teratasi. Dalam hal ini Anda juga dapat melakukan clear data. Caranya cukup mudah kok dan hampir sama seperti clear cache. Clear data ini akan secara otomatis menghapus seluruh daftar bluetooth yang telah terpairing. Sebab bisa jadi kejadian error karena bluetooth sudah kepenuhan daftar nama bluetooth yang tersimpan.

Error setelah di Root

Apaila bluetooth Anda error sesudah Anda melakukan Root, maka Anda dapat memakai aplikasi bernama Bluetooth Fix Repair. Aplikasi yang satu ini akan memperbaiki sistem bluetooth yang error tersebut, termasuk juga bluetooh yang tidak mau menyala.

Reboot

Selain itu Anda juga dapat melakukan reboot dengan mematikan smartphone Samsung lalu lepas baterai, sim card dan juga memori card yang ada pada ponsel. Kemudian Anda diamkan beberapa saat, sesudah beberapa menit baru Anda pasang kembali baterai sim card dan memori card lalu nyalakan kembali smartphone Samsung milik Anda tersebut. Mungkin saja dengan melakukan langkah ini bluetooth Anda akan kembali berfungsi sebab dari pengalaman pribadi juga sebatas ini yang di lakukan bluetooth kembali berfungsi.

Factory reset

Apabila memang masih tidak menyala juga, mungkin Anda bisa mencoba factory reset. Memang sih cara yang satu ini belum saya coba secara langsung tetapi sudah banyak yang sukses memperbaiki bluetoothnya setelah memakai cara sederhana ini. Dengan Anda mereset smartphone Samsung kesetelan awal pabrik hal itu akan membuat otomatis system juga direset seperti barang barang masih baru.

Flash Ponsel

Jika Anda sudah melakuka Factory reset tapi hasilnya masih saja nihil, maka cara terakhir Anda dapat melakukan flashing pada ponsel Anda. Jangan biarkan ponsel kesayangan Anda malah ada fitur yang tidak berfungsi, mungkin saja itu butuh update. Dengan flash maka akan secara otomatis semua data akan hilang dan semua ftur akan kembali seperti baru lagi.

Perlu di ketahui pada beberapa ponsel Samsung ada yang memainta update system operasi dan jika tidak di lakukan maka akan terjadi hank pada ponsel Anda. Maka dari itu jika sudah terjadi seperti itu, jalan terbaiknya adalah melakukan flashing pada smartphone.

Selain itu, jika Anda memang bisa melakukannya, Anda bisa melakukan root pada ponsel yang Anda punya tersebut. Lakukan dengan benar agar ponsel Anda sesuai seperti yang Anda mau, jangan sampai salah agar system tidak rusak.

Memang masalah bluetootk yang tidak dapat menyala sangat sering terjadi, terutama pada ponsel yang tidak pernah update applikasinya. Saran saya update secara berkala pada beberapa applikasi yang tidak Anda gunakan, sebab jika itu di biarkan, lambat lau akan terjadi masalah yang cukup fatal di kemudian hari.

Satu hal yang pasti, saat ada masalah pada bluetooth samsung Anda, jangan sampai mencongkelnya. Jika memang Anda sudah bingung dan tidak dapat memperbaikinya sendiri, maka Anda dapat meminta tolong pada tukang hp atau datan pada konter terdekat untuk memperbaiki bluetooth Anda. Dengan begitu masalah Anda akan cepat teratasi dan tentu tidak akan menyusul masalah baru karena kesalahan Anda membetulkan bluetooth tersebut.

Demikianlah tips dan trik memperbaiki bluetooth smartphone pada berbagai mereka yang tidak ingin menyala. Cara ini dapat Anda pakai jika Anda mempunyai merek lain seperti Xiomi, Lenovo, dan OPPO. Semua cara yang telah saya tulis bersifat netral jadi pasti akan bergunan untuk memperbaiki ponsel Anda.

Anda harus ingat, semua ponsel pada dasarnya sama untuk urusan buletooth. Jangan pernah khawatir jika hanya ingin membetulkan bluetooth, seperti yang saya katakan di atas yang paling penting jangan sampai Anda mencongkelnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *