Cara Memperbaiki Memory Card Agar Tetap Bisa Dipakai

Memiliki gawai dengan kapasitas memori internal yang tak cukup banyak, membuat kita harus memutar otak untuk menyiasati hal tersebut. Keberadaan memory eksternal sangat bermanfaat untuk menyimpan atau mem-back up file-file penting yang tidak muat disimpan di memory internal. Namun, adakalanya memory eksternal ini mengalami kerusakan. Sehingga, artikel yang akan membahas tentang cara memperbaiki memory card ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Banyak faktor yang bisa memengaruhi kerusakan memory card itu sendiri. Di antaranya, seperti kasus-kasus berikut ini: memory card tiba-tiba error, tidak terbaca, minta diformat, dan lain sebagainya. Namun tenang saja, jangan panik dulu ketika memory card Anda dijangkiti penyakit seperti itu. Ada baiknya, konsultasikan terlebih dahulu perihal memory card yang rusak tersebut pada teman Anda atau orang yang bisa memperbaikinya. Atau, langsung saja simak uraian cara memperbaiki memory card berikut.

Cara Memperbaiki Memory Card Agar Tetap Bisa Dipakai

Cara Pertama: Bersihkan Fisiknya

  1. Keluarkan memory card eksternal yang terpasang di handphone Anda. Untuk model baterai tanam, Anda tak perlu mematikan gadget terlebih dahulu. Namun, untuk model biasa, pastikan Anda mematikan gadget terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Bersihkan memory card. Ambillah penghapus pensil yang masih bersih untuk menghapus lempengan tembaga berwarna kuning pada memory card. Caranya adalah dengan menghapusnya menggunakan gerakan searah. Gosoklah secara perlahan saja.
  3. Masukkan kembali memory card ke dalam slot memory yang tersedia. Kemudian periksa gadget Anda, sudah bisa membaca file di memory card atau belum.

Cara Kedua: Hapus Data

  1. Cara ini dilakukan ketika Anda sudah siap kehilangan file-file penting yang belum diback up, dan masih tersimpan di memory card yang rusak. Tidak perlu melepas memory card seperti cara pertama. Cukup masuk ke bagian Pengaturan pada smartphone android Anda. Lalu carilah bagian Penyimpanan.
  2. Klik pada pilihan Hapus SD Card untuk menghapus semua data, termasuk virus yang menyebabkan memory card tersebut rusak. Ketika hal ini dilakukan, maka memory card akan kembali seperti baru lagi. Namun, Anda harus sebisa mungkin mengikhlaskan data-data penting yang juga ikut terhapus.

Cara Ketiga: Error Checking

  1. Hubungkan smartphone android Anda ke PC, netbook, atau laptop menggunakan kabel data.
  2. Periksa keterhubungan dalam mode Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  3. Bukalah menu Windows Explorer, lalu klik kanan pada drive memory card yang terpasang. Setelah muncul beberapa pilihan, pilihlah Properties > Tools > Error Checking untuk mengetahui kerusakan yang terjadi. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
  4. Keluarkan atau Eject memory card. Lalu periksa kembali apakah sudah terbaca atau belum di smartphone Anda.

Cara Keempat: Salin Data Ke komputer

Cara memperbaiki memory card ini digunakan ketika memory card terbaca dengan baik di komputer, namun tidak terbaca di smartphone.

  1. Buatlah folder baru di komputer Anda dengan nama sembarang. Hal ini bertujuan untuk memback up data-data yang ada di memory card yang tidak terbaca di smartphone tadi.
  2. Copy semua file atau data yang terdapat pada memory card. Lalu Paste ke folder baru yang tadi sudah Anda buat di komputer.
  3. Pastikan semua data telah tersalin dengan baik. Kemudian, klik kanan pada memory card, lalu pilih Format.
  4. Salin kembali data yang ada di folder tadi ke memory card yang sudah diformat.
  5. Periksa ulang apakah memory card sudah kembali normal atau belum.

Nah, itulah cara memperbaiki memory card yang rusak agar tetap bisa dipakai seperti semula. Selain bisa menghemat pengeluaran, untuk tidak membeli memory card yang baru, memperbaiki memory card ini juga merupakan soft skill yang bisa Anda asah untuk membantu teman-teman yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *