Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Dapat Membuang Air

DuniaTeknologi.Info – Ada banyak sekali orang yang mengluhkan kerusakan pada mesin cuci yang mereka miliki karena disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu masalah yang paling sering dihadapi adalah mesin cuci yang tidak bisa membuang air dengan baik. Untuk Anda yang pernah mengalami hal seperti ini, berikut ini beberapa cara memperbaiki mesin cuci yang tidak dapat membuang air dengan baik.

Penyebab utama yang sering membuat mesin cuci tidak dapat membuang air yaitu karena adanya sumbatan pada salah satu komponen pembuang air di mesinnya. Hal ini membuat proses membuang air bilasan tidak dapat berjalan dengan normal. Dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini, Anda akan dapat menemukan solusi untuk memperbaiki mesin cuci yang Anda miliki.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Dapat Membuang Air

Periksa Slang Pembuangan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa bagian selang pembuangan air dengan cara melepaskannya terlebih dahulu. Kemudian, pada bagian dalam selang ini aliri dengan air yang bertekanan tinggi. Apabila terdapat sumbatan pada bagian dalam selang, maka tekanan air akan mendorong pada sumbatan ke luar selang mesin.

Posisikan Lebih Tinggi

Pastikan bahwa ketinggian mesin cuci tidak lebih dari 2,5 meter dari lantai, sedangkan untuk ujung selang pembuangan hanya masuk ke lubang air dengan ukuran 11 cm. Pastikan juga bahwa lubang ini tidak tertutup oleh benda apapun dan jangan sampai selang ini bengkok atau terbelit, karena hal ini akan memperlambat proses pembuangan air dan bisa menyebabkan kerusakan selang.

Bersihkan Pompa

Jika mesin cuci sudah mau mengeluarkan air, maka bersihkan pompa dengan namun sebelum itu jangan lupa melepaskan kabel mesin cuci dari arus listrik terlebih dahulu.

Bersihkan Saringannya

Langkah cara memperbaiki mesin cuci yang tidak dapat membuang air selanjutnya adalah membersihkan saringan. Jangan lupa untuk membersihkan saringan dan kemudian membilasnya. Pastikan bahwa tidak ada benda yang tersangkut dalam komponen kipas pompa. Kemudian bilas dan pasang saringan kembali dan putar searah jarum jam hingga terpasang dengan kencang. Selanjutnya pasang kembali panel dan beberapa komponen yang telah Anda lepas sebelumnya.

Akan tetapi ada satu hal yang tidak boleh Anda lupakan, yaitu pada saat akan melepaskan saringan pompa maka, Anda harus menyiapkan handuk dan ember terlebih dahulu. Kedua benda ini untuk berjaga-jaga apabila ada air sumbatan yang tiba-tiba keluar. Jika ruang cuci Anda terbatas, Anda juga harus memindahkannya ke tempat yang lebih luas atau lebih lebar misalnya seperti garansi atau halaman.

Untuk memastikan tidak terjadi sumbatan pada selang air, maka Anda harus rajin memeriksa bagian pembuangan air. Dan pada saat akan memperbaiki atau mengecek beberapa bagian komponennya, jangan hubungkan mesin cuci dengan arus listrik.

Pada saat Anda menggunakan mesin cuci, maka seharusnya mesin cuci dapat mengeluarkan atau membuang air dengan cepat. Jika tidak, maka ada kemungkinan bahwa bagian pompa mesin cuci harus diganti. Apabila hanya terjadi kerusakan ringan namun Anda tidak dapat memperbaikinya, maka Anda dapat meminta bantuan kepada ahlinya. Atau jika kondisi mesin cuci yang Anda miliki masih dalam masa garansi, maka Anda dapat membawanya ke service center terdekat.

Karena cara memperbaiki mesin cuci yang tidak dapat membuang air membutuhkan pengalaman dan tenaga yang profesional, maka Anda tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Jika memang belum berpengalaman, maka lebih baik segera membawanya pada ahli servis mesin cuci, supaya mesin cuci yang Anda miliki bisa awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *