Cara Memperbaiki PS4 Mati Total Atau Rusak Ataupun Gagal Menyala

DuniaTeknologi.Info – Seperti halnya komputer PS4 juga punya hardisk dan processor hingga kipas. Kualitas gambar yang tinggi serta grafik yang menghasilkan krakter mirip aslinya inilah yang membuat begitu banyak orang yang menyukai PS4. Namun bagaimana jika tiba-tiba PS4 Anda rusak, mati total dan tidak menyala?

Baca Juga : Tips Agar Menang Mudah Main PES2017

Kondisi kerusakan bisa akibat terjatuh atau hal lain. Cara yang kami bagikan kali ini simpel saja. Karena kemungkinan kerusakan adalah dari media penekan processor yang longgar mengakibatkan kinerja sistem menjadi tidak normal. Kali ini kita akan ambil pengalaman dari Duwi Arsana, seorang tukang servis elektronik yang juga blogger dan Youtuber. Simak langkah dan penjelasannya berikut ini.

Faktor Kerusakan Yang Biasa Menimpa PS4

Pada kasus yang dialami Bang Duwi Arsana, ada sebuah PS4 yang didapatkan dari rekannya. Katanya baru jatuih dari ketinggian dan langsung mati. Ketika dites ternyata PS4 tersebut hanya nyala sebentar lalu mati.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi PS4 Sering Panas

Kerusakan bisa juga terjadi pada kaki-kaki processor. Kaki processor yang seharusnya melekat pada PCB terlepas ataupun putus.

Kemungkinan lainnya adalah adanyha kerusakan pada bagian komponen yang harus menggunakan solder. Jika kerusakannya berupa pecah atau retak pada bagian yang disolder, maka cara mengatasinya adalah dengan mengganti komponen tersebut. Sedangkan bila tombol powernya mati total, ini mungkin saja kerusakan pada power suply-nya.

Cara mudah memperbaikinya adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama bongkar dulu casing PS4 dan jangan lupa untuk mengenali bagian masing-masing komponennya. Jangan sampai bisa membongkar tapi nggak bisa mengembalikan.
Selanjutnya tinggal memeriksa jika kerusakannya berupa lampu yang hidup sesaat lalu mati, maka periksalah bagian penekan processor. Kemungkinan ada kerenggangan sehingga jadi longgar hingga daya tekan pada processor.

Longgarkan baut-baut pada penekan processor.  Lalu dengan menggunakan koin 500 rupiah, kedua ujung penguat processor itu diganjal agar posisi processor menjadi kuat.
Kancangkan kembali baut pengunci agar koin terjepit kuat. Dan langkah selanjutnya adalah mengetes apakah trik unik ini berhasil. Dan ternyata dengan diganjal uang koin 500 rupiah PS4 kembali menyala normal.

Cara Mengatasi Masalah PS4 Gagal Menyala

PS4 gagal menyala bisa juga disebabkan hal lain yang bukan kecelakaan. Seperti kasus yang ramai saat awal-awal peluncuran PS4. Banyak pengguna yang mengeluh bahwa PS4 gagal menyala. Menganggapi keluhan tersebut, seperti dilansir Tempo, akhirnya pihak Sony menerbitkan panduan 4 langkah mengatasi masalah PS4 gagal menyala.

  1. Langkah pertama adalah dengan melakukan re-set ulang PS4 ke kondisi pabrik. Caranya, matikan total konsol kemudian hodupkan kembali dengan cara menekan rombol power hingga berkedip-kedip dua kali.
  2.  Cara kedua adalah dengan mematikan PS4. Cabut kabel powernya, lalu pasang kembali dan nyalakan. Meski nampak sederhana dan remeh, namun cara ini pernah berhasil dilakukan beberapa pemilik dari PS4.
  3. Cara ketiga adalah dengan mengecek terlebih dahulu adakah pin yang bengkok di colokan kabel HDMI. Pada beberapa kasus, ditemukan adanya unit yang cacat produksi pada bagian colokan HDMI. Pin bengkok ini haris diluruskan agar kabel HDMI bisa tersambung dengan benar.
  4.  Dan terakhir, jika dari ketiga cara yang disarankan pihak Sony tersebut tidak bisa membuat PS4 Anda menyala, hubungi saja Costumer Service, karena Sony akan mengganti unit yang cacat tersebut.

Jadi, begitulah cara memperbaiki PS4 yang mati total atau rusak, serta langkah memperbaiki PS4 baru namun ada masalah dengan processor/pendinginannya. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Satu tanggapan untuk “Cara Memperbaiki PS4 Mati Total Atau Rusak Ataupun Gagal Menyala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *