Tips Cara Memperbaiki Speaker HP Yang Rusak

Setiap ponsel atau gadget pasti memiliki speaker tanam yang menjadi salah satu kelengkapan ponsel secara mendasar. Adapun fungsi speaker sendiri biasanya untuk mengeluarkan bunyi atau suara yang berasal dari pembicaraan telepon, mendengarkan audio, radio, dan lain sebagainya. Namun, adakalanya speaker mengalami kerusakan yang berarti, akibat pemakaian oleh pengguna yang kurang berhati-hati. Nah, untuk itu perlu adanya cara memperbaiki speaker hp yang rusak.

Sebelum Anda menyerahkan masalah ini ke tukang servis gadget, mungkin ada baiknya untuk melakukan perbaikan sendiri terlebih dahulu. Karena biasanya, kerusakan speaker hp itu beragam tingkat keparahannya. Ada yang masih bisa diselamatkan dengan menerapkan cara-cara sederhana. Namun jika kerusakan sudah menyentuh tahap serius, maka memang diperlukan orang yang benar-benar mengetahui cara memperbaiki speaker hp dengan baik dan benar.

Ada berbagai macam penyebab yang mampu membuat speaker hp menjadi rusak. Di antaranya ialah kerusakan yang terjadi pada sistem, maupun korosi yang disebabkan oleh uap air yang mengendap pada bagian speaker itu sendiri. Biasanya, hal tersebut bersumber dari keringat pada tangan saat memegangnya, terpercik air atau sistem hang. Korosi tersebut menyebabkan suara yang dihasilkan menjadi statis dan konstan, sehingga menghasilkan suara tak jelas pada speaker.

Cara Memperbaiki Speaker Hp yang Rusak

Lantas, bagaimanakah tips mudah untuk memperbaiki speaker hp yang rusak? Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

  1. Keringkan Speaker HP

Kasus yang kebanyakan terjadi ialah dimana speaker menciptakan suara terdistorsi akibat adanya kelembaban yang berlebihan, atau keringat yang bersumber dari tangan kita ketika memegang hp. Untuk itu, hal yang perlu dilakukan adalah mengeringkannya terlebih dahulu. Hal tersebut bisa Anda terapkan dengan mematikan hp, dan membiarkannya kering sendiri. Atau bisa juga dengan mengelapnya dengan kain kering dan bersih, dianginkan pada kipas angin, atau bahkan hair dryer.

  1. Bersihkan Speaker HP

Cara ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan benda kecil seperti peniti, jarum pentul ataupun klip kertas, untuk menjangkau bagian-bagian dalam speaker. Bisa jadi, banyak debu yang menutupi bagian speaker, lantas membuat speaker menjadi tidak bekerja secara optimal. Bersihkanlah secara perlahan dan berhati-hati agar tidak menyebabkan speaker justru semakin rusak. Cara ini sangat efektif untuk membersihkan speaker hp dari debu-deu yang menempel.

  1. Beralihlah ke Pengaturan Volume

Biasanya, kerusakan speaker yang masih tergolong tingkat rendah bisa diatasi hanya dengan memperbaikinya melalui pengaturan volume pada ponsel iu sendiri. Untuk mendapatkan kembali suara yag jernih, Anda bisa mengatur tinggi rendahnya volume hp yang awalnya tidak jelas. Namun, pada beberapa hp memang terdapat pengaturan yang berbeda. Jadi, pastikan Anda mengaturnya sesuai dengan hp Anda masing-masing.

  1. Ketik Kode Khusus

Para vendor smartphone biasanya menyertakan kode-kode khusus yang akan berlaku jika kita mengetikkannya dengan benar. Kode ini adalah kode rahasia yang bisa jadi berbeda-beda tergantung jenis merk dan tipe hp. Nah, untuk mengetahui kode-kode khusus tersebut, Anda bisa mencarinya di Google untuk mendapatkan susunan kode secara lengkap dan benar. Mungkin kode untuk memperbaiki speaker rusak juga bisa anda temukan.

Itulah tips atau cara memperbaiki speaker hp yang rusak secara sederhana, yang bisa Anda lakukan sendiri. Namun, jika menggunakan cara-cara di atas masih belum berhasil, segeralah bawa hp anda ke tempat servis untuk diketahui penyebab kerusakannya. Lalu, diperbaiki sesuai dengan kerusakan apa yang dialami. Mungkin, perlakuan yang diberikan pada speaker hp yang rusak akan berbeda-beda, tergantung kondisi hp itu sendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *