cara menemukan ponsel yang hilang

DuniaTeknologi.Info – Ponsel adalah salah satu barang yang sangat berharga. Apapun seperti komunikasi, transaksi, bisnis, informasi, dapat dilakukan dengan sebuah ponsel di tangan. Bahkan banyak juga yang memanfatkannya sebagai tempat menyimpan data penting. Lalu bagaimana jika tiba-tiba ponsel itu hilang? Tentunya ini sangat menyakitkan dan membuat panik, bukan? Tapi tak usah cemas, karena era digital juga menyediakan kemudahan terkait cara menemukan ponsel yang hilang.

Ponsel memang barang yang saat ini rentan hilang, atau pindah tangan kepemilikan dengan begitu mudahnya. Kasusnya bukan lagi tertinggal atau pun karena terjatuh. Tetapi benda hasil kemajuan teknologi ini, telah menjadi salah satu target operasi para pelaku pencurian. Hal ini tidak terlepas dari minimnya resiko serta mudahnya proses jual beli. Nah jika suatu saat tiba-tiba ponselmu raib, apakah kamu masih bisa menemukannya? Jawabnya tentu saja bisa.

Cara Menemukan Ponsel yang Hilang

Teknologi memang sangat memudahkan masyarakat dalam berbagai hal. Salah satunya adalah membantu mencari barang-barang yang hilang, misalnya ponsel. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa langkah di bawah ini:

Melacak dengan akun Gmail

Untuk bisa melacak ponsel yang hilang dengan menggunakan akun Gmail tidaklah sulit, dan tidak perlu men-download aplikasi tambahan. Karena layanan ini telah disediakan oleh Google. Jadi kamu hanya perlu masuk halaman situsnya dan log in dengan Gmail kamu. Namun untuk bisa menggunakannya dengan optimal, tentunya kamu harus mengingat alamat Gmail dan password-nya.

Jika sudah berhasil masuk ke Gmail, kamu akan menemukan suatu menu yang berisi fitur seperti: kunci untuk mengunci ponsel, putar suara untuk menderingkan ponsel, dan hapus untuk menghapus data di ponsel. Selain itu kamu juga akan dengan mudah mengetahui posisi ponsel melalui fitur peta yang ditampilkan. Tentunya ini menjadi cara menemukan ponsel yang hilang dengan kemudahan yang amat berguna, bukan?

Melacak Dengan Menggunakan Nomor Imei Ponsel

Nomor Imei merupakan suatu kode unik yang dimiliki setiap perangkat telepon. Kamu bisa melihatnya di bagian pengaturan ponsel atau mengeceknya di *#06#. Setiap ponsel memiliki nomor Imei berbeda. Jadi hal ini akan sangat membantu saat kamu ingin mencari ponsel yang hilang. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencatat atau mengingat nomor Imei ponsel.

Jika nomor Imei sudah diketahui, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah men-download aplikasi device manager melalui browser google chrome. Di aplikasi inilah nantinya kamu akan bisa melacak ponsel yang hilang, melalui nomor Imei ponsel, dengan memasukkan nomor tersebut di kolom yang sudah disediakan, saat kamu membuka aplikasi device manager.

Setelah nomor Imei dimasukkan, pilihlah tulisan “deringkan” untuk membunyikan ponsel. Maka ponsel yang hilang dan dalam keadaan mati sekalipun akan hidup kembali. Dan di layar ponsel yang sedang kamu gunakan untuk mencari, akan muncul sebuah titik yang menunjukkan lokasi ponsel yang hilang tersebut. Terus deringkan sambil menuju ke arah posisi ponsel itu.

Demikianlah dua cara menemukan ponsel yang hilang, baik dicuri atau lupa meletakkannya, dengan langkah mudah. Jadi tidak perlu buru-buru melibatkan pihak kepolisian. Kamu bisa coba melacak keberadaan ponsel yang hilang itu sendiri. Namun jika dirasa lokasi keberadaan ponsel butuh pengawalan, atau khawatir akan keselamatan diri, tidak ada salahnya mengajak anggota polisi saat menuju ke lokasi tersebut. Nah, sudah paham kan? Semoga bermanfaat, dan ponselmu segera ketemu. Lalu, adakah dari kamu yang punya trik lain? Silakan coretkan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *