Panduan Lengkap Cara Menerbangkan Drone Bagi Pemula

DuniaTeknologi.Info – Apakah Anda ingin atau baru saja membeli drone baru yang mengkilap. Segera setelah Anda mendaftarkan perangkat berteknologi tinggi Anda (yang diperlukan untuk selebaran yang beratnya mulai dari 0,55 hingga 55 pon, yang paling sering dilakukan oleh pengguna UAV), Anda akan siap untuk menerbangkan ke langit. Tapi tunggu — bagaimana jika Anda menabrak dan menghancurkan pesawat tak berawak Anda pada perjalanan pertama?

Baca Juga : Perusahaan Asing Mulai Melirik Drone Sebagai Transportasi Di Indonesia

Bagian tersulitnya adalah menerbangkan dengan stabil aplagi Anda sebagai pemula yang baru memiliki drone bagaimana Anda bisa membelokkan, mangatur kecepatan dan mendarat tanpa tabrakan. Saya yakin Anda tidak akan mahir hanya dalam waktu sehari menjadi pilot drone karena harus ada persiapan yang harus Anda perhatikan dan perhitungkan sebelum menerbangkan drone sebagai pilot pemula.

Akan ada ketakutan dalam diri Anda sperti menerbangkannya terlalu tinggi, terbawa angin, menabrak benda keras, terjatuh atau menabrak pohon alhasil pesawak tak berawak Anda menjadi hancur.Kami telah mengumpulkan kiat-kiat yang aman dari produsen dan Administrasi Penerbangan Federal, sehingga Anda dapat menghindari melukai pengamat atau, yang lebih penting, merusak gadget mahal Anda itu sendiri.

Panduan Lengkap Cara Menerbangkan Drone Bagi Pemula

Baca Buku Panduan Anda

Baca buku panduan sebelum Anda memulai dan mencoba drone dengan teliti dan pastikan Anda mengetaui fitur dan batasan-batasan dari drone ini. Karena dari setiap produk memiliki tombol yang berbeda dan fungsi yang berbeda pula dan hal yang paling mendasar Anda pelajari adalah mengetahui semua fungsi dari remote maupun control drone Anda serta stik untuk mengarahkan pesawak tak berawak yang Anda miliki.

Mulai Dengan Perlahan

Setiap manusia pun berbeda tidak ada yang membaca manual. Bahkan, banyak gadget tidak lagi datang dengan instruksi tercetak layaknya standar operasi prosedur. Tapi ketika datang ke drone, Anda harus membaca panduan itu untuk belajar tentang kontrol gadget sebelum Anda mengambilnya untuk . Kami tahu, itu membosankan pikirkan waktu yang dihabiskan sebagai pengorbanan yang Anda buat untuk memastikan Anda tidak merusak mesin terbang mahal Anda.

Setelah fitur pesawat tak berawak tampak akrab, cobalah penerbangan pertama yang rendah: Arahkan beberapa meter dari tanah di ruang bebas hambatan seperti halaman belakang Anda atau lapangan yang luas. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk merasa nyaman dengan kontrol dan pengaturan sebelum Anda pergi ke daerah yang lebih padat dan mengganggu seperti taman umum atau alun-alun kota.

Bahkan jika Anda ingin mendorong batas-batas mainan baru Anda, tahan godaan untuk melakukan terlalu banyak dan terlalu cepat. Meskipun banyak drone saat ini memiliki fitur ramah pemula, seperti menghindari rintangan dan melayang di tempat mereka sendiri, Anda harus belajar cara melakukan sendiri tugas-tugas ini. Jika Anda masih merasa tidak nyaman dengan perangkat setelah membaca petunjuk dan mengambil penerbangan uji rendah, periksa kursus pemula: DJI, misalnya, menjalankan kelas bebas sesekali.

Anda bisa memilih untuk jangan memasang kamera Anda terlebih dahulu karena Anda masih dalam tahap belajar cara menerbangkan drone karena jika drone menabrak benda yang keras tidak menutup kemungkinan kamera drone Anda akan rusak. Sehingga sangat disarankan Anda mencari tempat yang luas dan berumput

Lakukan Pemeriksaan Dan Pemeliharaan

Setelah beberapa hari Anda merasa nyaman dengan kontrol, Anda harus meluangkan waktu sebelum setiap penerbangan untuk menjalankan pemeriksaan pemeliharaan yang cepat. Anggap saja seperti servis mobil sebelum Anda mengoperasikannya, tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghindari kerusakan di masa depan.

Pertama, pastikan untuk mengisi baterai utama, serta setiap suku cadang yang akan Anda bawa. Selanjutnya, lihat semua baling-baling perangkat: Periksa mereka semua untuk tanda-tanda kerusakan dan, dan jika mereka terlihat longgar, perbaiki dengan aman di tempat.

Jika drone Anda termasuk kompas, langkah terakhir Anda adalah mengkalibrasi instrumen ini. Karena lokasi dapat memiliki profil elektromagnetik yang unik, sinyal di satu area mungkin tidak cocok dengan yang lain. Kalibrasi kompas sebelum penerbangan akan memberitahu dengung persis di mana tepatnya dan memungkinkan Anda untuk memposisikannya secara akurat begitu berada di udara. Anda harus menemukan proses ini sebagai opsi pemeriksaan dan pemeliharaan layaknya pesawat asli sebelum terbang dicek bagian quality control dalam aplikasi yang terkait dengan drone Anda.

Hindari Drone Diluar Jangkauan Pandangan Anda

Jika Anda tidak bisa melihat drone Anda, Anda tidak tahu apa yang dilakukannya. Jadi selama itu lebih tinggi, jangan biarkan gadget itu meninggalkan pandangan Anda. Itu bukan hanya saran yang bagus — ini adalah panduan resmi FAA. Mengikuti aturan ini cukup sederhana, dan bahkan lebih mudah jika Anda membatasi terbang ke siang hari dan menghindari kondisi cuaca buruk. Selain itu, Anda harus memeriksa lingkungan Anda sebelum lepas landas untuk memastikan Anda tidak akan secara tidak sengaja mengirim drone Anda menukik di belakang hambatan penglihatan dan penghalang.

Anda juga harus tetap mengendalikan drone setiap saat. Jaga tangan Anda di kemudi, bahkan ketika drone dalam mode lepas landas atau pendaratan otomatis. Cara lain untuk tetap waspada terhadap orientasi drone adalah membiasakan memulai setiap penerbangan dengan pesawat tak berawak, dan kameranya selalu menghadap Anda.

Untuk menghindari kehilangan kontrol, FAA juga menyarankan agar Anda tidak terbang saat berada di bawah pengaruh obat-obatan atau alkohol. Jika Anda terlalu terburu-buru untuk berada di belakang kemudi mobil, maka jangan angkat pesawat Anda, atau Anda bisa mendapatkan gigi yang rusak dari orang lain.

Remote Kendali (Stick) ke ruang terbuka lebar

Anda membutuhkan banyak ruang untuk menerbangkan drone, jadi batasi penerbangan Anda ke ruang terbuka lebar seperti taman dan pedesaan. Area yang luas ini ideal untuk menjaga drone Anda dalam pandangan sehingga Anda tidak akan terkejut dengan pohon atau papan iklan.

Sebagai sisi lain dari itu, FAA merekomendasikan untuk mengarahkan orang-orang, bangunan, dan area ramai yang akan Anda temukan di acara-acara publik. Ini akan memba1ntu melindungi tidak hanya drone Anda, tetapi juga orang lain. Sebagai bonus, menghindari sesama manusia berarti Anda akan menghindari situasi di mana tetangga mungkin menuduh Anda melakukan pengawasan.

Selain orang, Anda ingin menjauhkan drone Anda dari binatang. Jika UAV berdengung menakuti mereka, mereka dapat bereaksi tak terduga, kadang-kadang sejauh menyerang dan menghancurkan gadget Anda. Area berhutan dan lumbung dapat menyembunyikan hewan liar atau domestik, jadi jangan khawatir dan jangan ganggu habitat seperti ini.

Nah setelah membaca Panduan Cara Menerbangkan Drone Bagi Pemula diharapkan Anda tidak ada kegagalan dalam penerbangan pertama Anda dan selanjutnya yang bisa mengakibatkan mesin peswat tak berawak Anda rusak.Jika Ada Saran lain silahkan masukkan di komentar yah kawan.

 

 

2 tanggapan untuk “Panduan Lengkap Cara Menerbangkan Drone Bagi Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *