Cara Mengatasi Video Tidak Dapat Diputar pada PC Windows

Pernahkah Anda mengunduh video di internet atau videonya hasil ngopy dari flashdisk ke komputer Anda, lalu pada saat di play/dimainkan video tersebut malah tidak dapat diputar atau ada notifikasi error ?

Hal seperti ini memang sangat menjengkelkan, apalagi jika memang video tersebut adalah hasil dari mengunduh di internet. Sudah buang buang waktu untuk menunggu video berhasil seluruhnya di download malah tidak dapat di putar.

Mungkin Anda akan sangat kesal, dan bingung mengapa video tersebut tidak dapat di putar. Saya juga pernah mengalaminya, kala itu saya sangat kesal mengapa hal itu bisa terjadi. Padahal sudah du unduh dan berhasil 100%.

Perlu Anda ketahui ada beberapa hal yang menyebabkan video tidak dapat di putar atau di mainkan. Nah, dari kita mengetahui beberapa penyebabnya, pasti akan ada jalan untuk mengatasi hal tersebut.

Cara Mengatasi Video Tidak Dapat Dimainkan pada PC Windows

Seperti yag saya katakan di atas ada beberapa penyebab video tidak dapat di putar. Nah, saya telah menyiapkan beberapa hal yang saya pernah alami mengenai penyebabnya dan cara mengatasi video tidak dapat diputar di windows 10, 8 dan 7, diantaranya :

Codec pada PC windows tidak mendukung

Apakah Anda tahu apa itu codec?? Sebelum kita membahas cara mengatasi video tidak dapat di putar, pertama tama saya akan membahas codec terlebih dahulu. Codec merupakan singkatan dari code-decoder atau juga di sebut compressor-decompressor, yang merupakan sebuah alat untuk mengcompress video ke dalam bentuk satu file. Misalnya pada bentuk .mp4, mkv dan yang lainnya. Apakah Anda tahu apabila kita membongkar video yang berformat file tertentu, misalnya mp4, akan ada banyak file-file berserakan yang memberatkan ruang space penyimpanan pada PC.

Oleh karena itu PC akan secara otomatis membuat codec salah satunya MPEG-4 H264x untuk mengkompres video menjadi satu. Dan karena jenis codec inilah kita dapat memutar berbagai video di komputer atau PC kita.

Fungsi codec ini adalah untuk mengkompres file banyak menjadi satu tanpa menghilangkan satupun dari file yang banyak tersebut, sehingga kita akan bisa memutar beberapa video dalam bentuk format file misalnya .Mp4, .Mkv dll.

Tetapi yang perlu Anda ketahui bahwa codec itu bukan format file video melainkan hanya codec ibarat mesin penggeraknya saja. Dapat kita umpamakant motor = File format video, dan Codec adalah Mesin motornya.

Dalam hal ini apabila Anda memutar video namun tidak bisa diputar atau malah error, maka Anda harus mencurigai jika codec yang terinstal di pc belum mendukung format video yang Anda gunakan pada video. Caranya yakni Anda harus menginstal pemutar player yang mendukung codec dengan berbagai format file misalnya VLC, Real Player MKV Player atau juga K-LITE codec video.

Selain cara di atas Anda juga dapat memakai cara lain, contohnya Anda memakaiWindows Media Player tapi video tidak dapat diputar karena tidak mendukung, maka solusi terbaiknyanya adalah Anda harus mendownload codec.

Format video tidak mendukung di windows

Apakah Anda tahu apa itu format video dan seperti apa contohnya ? Saat Anda mendownload video yang berakhiran .mp4, maka mp4 itulah yang disebut format video. ada juga format .3gp dan masih banyak lagi format yang lainnya.

Kadang kadang kita memilik video yang formatnya tidak didukung oleh video player/pemutar video yang terinstal pada komputer atau PC kita. Beberapa video yang sangat sering tidak dapat diputar atau malah error saat dimaikan yakni video yang berformat .MOV, Sebab jenis format ini salah satu format khusus dan, hanya pemutar video khusus yang dapat memutarnya, misalnya software Quicktime yang dapat memutar format .MOV secara lancar.

Selain yang saya sebutkan di atas ada contoh video lain yang Anda download/punya berformat .MKV, format ini juga kadang kadang pada pemutar video tidak dapat dimainkan, yang ada malah error. Dalam hal ini mungkin pengguna Windows Media Player pasti mengalami error saat memutar video yang berformat .MKV, beberapa waktu yang lalu saya juga pengalaman seperti itu, untuk mengatasinya Anda dapat memakai pemutar yang mendukung format MKV seperti halnya software VLC atau MKV Player.

Pada masalah ini dapat di simpulkan untuk mengatasi format yang tidak didukung oleh Komputer atau PC Windows yakni dengan mendownload pemutar player yang mendukung banyak format yang sering digunakan pada video. Beberapa applikasi tersebut misalnya MKV, Mp4, 3gp, avi dan lainnya.

Pada umumnya pemutar yang sering saya pakai yang mendukung banyak format diantaranya, VLC, Quicktime dan MKV Player. Quicktime yang saya instal pada PC, biasanya saya pakai hanya untuk format .MOV saja. Tapi untuk format yang lain saya memakai VLC dan MKV player.

File Video Corrupt atau Rusak

Pernahkah Anda melihat saat memutar video malah tidak dapat di mainkan dan muncul notif file corrut ? ini adalah salah satu penyebab video tidak dapat di putar. Cara mengetahui video sudah corrupt ataupun rusak yakni dengan melihat ukuran aslinya sebelum dipindahkan ataupun sebelum didownload pada komputer Anda.

Contohnya Anda download di internet dengan ukuran aslinya yakni 300MB, dan setelah terdownload hanya berukuran 299MB. Maka dapat dipastikan file yang Anda download tersebut telah rusak atau corrupt dan tidak mungkin dapat diputar.

Cara mengatasinya adalah dengan Anda mendownload ulang file video tersebut, tetapi apabila Anda memperolehnya dari flashdisk atau komputer lain, maka tinggal Anda copy ulang saja.

Secara keseluruhan dapat kita simpulkan bahwa ada banyak sekali hal yang menyebabkan video tidak dapat diputar atau malah error saat diputar seperti format yang tidak mendukung, codec tidak mendukung atau bahkan filenya yang telah corrut atau rusak. Apabila Anda menemukan file tersebut error atau tidak dapat di putar maka harus melihat apa penyebabnya dan lihat cara mengatasinya seperti yang telah saya ulas di atas.

Demikian beberapa cara mengatasi file video yang tidak dapat di putar atau di mainkan yang dapat saya tulis. Secara umum semua yang ada pada tulisan saya adalah pengalaman pribadi dan pengalaman dari beberapa teman saya. Jadi jika Anda mengalaminya juga dan melakukan bagaimana cara mengatasi seperti yang saya tulis, saya yakin 100% akan berhasil di atasi.

Namun ingat satu hal, semua cara yang saya tulis harus Anda lakukan sesuai penyebab video tidak bisa di putar. Jangan sampai salah mengambil langkah, saran saya lihat secara rinci apa penyebabnya baru Anda lakukan penyelesaian untuk mengatasinya. Jika memang masih tidak dapat di putar, maka Anda dapat coment pada kolom komentar di bawah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *