Cara Mengatur Pelacakan Untuk Ponsel Anak

DuniaTeknologi.Info – Saat ini banyak orang tua yang memfasilitasi anak-anak mereka dengan perangkat telepon. Mulai dari ponsel biasa hingga yang canggih, dengan harga lumayan mahal. Hal ini dianggap sebagai salah satu cara untuk bisa memantau sang buah hati. Sayangnya, kejahatan selalu punya celah untuk terjadi. Untuk itu orang tua harus bisa mengantisipasi dengan cara mengatur pelacakan untuk ponsel anak.Ditambah lagi bisa menjadikan anak kecanduan dengan gadget sehingga dibutuhkan cara mengatasi kecanduan gadget pada anak.

Pengaturan ini akan sangat berguna jika suatu saat orang tua bingung, atau pun was-was ketika menanti sang anak yang tak kunjung pulang atau susah dihubungi. Dengan bantuan ponsel dan teknologi yang dimilikinya, paling tidak dapat membantu para orang tua dalam meningkatkan keselamatan anaknya. Untuk itu kami akan ulas caranya khusus untuk Anda dalam tulisan ini.

Cara Mengatur Pelacakan Untuk Ponsel Anak

Aplikasi Find My Device

Find my device merupakan salah satu alat pelacak yang bisa disematkan pada perangkat ponsel Android. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di play store. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Klik ikon play store pada ponsel anak.
  2. Masukkan kata “Find My device” di kolom pencarian.
  3. Pilih hasil pencarian dan klik tulisan install yang berada pada kolom kotak berwarna hijau.
  4. Setelah penginstalan berhasil, klik tulisan open untuk mulai mengaktifkan aplikasi pelacakan pada ponsel anak.
  5. Klik tulisan continue as (nama). Di depan (nama) akan muncul nama depan anak.
  6. Klik tulisan sign in dan ketikkan akun google anak. Pastikan Anda tahu informasi alamat email dan password anak untuk bisa masuk.
  7. Aktifkan layanan lokasi agar bisa melihat ponsel pada layar find my device. Namun jika Anda tidak bisa melihatnya, Anda bisa ikuti cara mengatur pelacakan untuk ponsel anak dengan langkah dibawah ini.
  • Masuk ke menu setting di ponsel
  • Klik tombol location
  • Klik tombol bulat berwarna abu atau putih yang bertulisakan “Enable location setting”.
  • Layanan lokasi baru akan aktif jika tombol bulat tadi berubah warna menjadi biru.

Aplikasi Zenly Locator

Ponsel berbasis Android selalu punya kecanggihan dalam banyak hal. Salah satunya kemampuan untuk menemukan atau melacak keberadaan seseorang, seperti lewat aplikasi zenly locator, yang merupakan aplikasi berupa realtime GPS. Caranya dapat Anda simak dalam uraian berikut:

  1. Unduh aplikasi melalui Play Store.
  2. Setelah berhasil di-install, pasang aplikasi Zenly Locator pada ponsel anak.
  3. Untuk menjalankan aplikasi ini, Anda harus melakukan registrasi dengan mengisikan nomor ponsel. Setelah itu Anda akan menerima SMS berisi kode verifikasi.
  4. Masukkan kode verifikasi yang tertera agar bisa mengaktifkan layanan aplikasi Zenly Locator.
  5. Setelah masuk, Anda bisa melihat keberadaan orang yang ingin Anda ketahui lokasinya dengan hanya memasukkan nomor telepon orang yang bersangkutan.

Aplikasi Famy

Aplikasi ini sangat memudahkan komunikasi antar keluarga. Fitur di dalamnya bisa secara akurat mendeteksi lokasi, bahkan merekam lokasi-lokasi keberadaan sebelumnya. Jadi jika ada kejadian seperti penculikan, aplikasi ini dapat sangat berguna dalam membantu melacak melalui lokasi-lokasi yang telah dilalui. Berikut cara untuk mengatur aplikasi pelacakan ini:

  1. Pastikan keluarga telah mengunduh dan menginstal aplikasi.
  2. Jelajahi dengan membuka tulisan my Verizon – my plan and services.
  3. Klik view detail and edit kemudian klik locate your family.
  4. Klik close jika belum terinstal.
  5. Klik activate now.
  6. Semua langkah telah terverifikasi, bila setiap step menampilkan tanda pengaktifan berwarna hijau muncul di sebelah kiri keterangan step. Jika sudah baru klik ok.

Demikianlah cara mengatur pelacakan untuk ponsel anak. Dengan pengaturan ini maka Anda bisa memantau setiap aktivitas dan keberadaan anak tanpa perlu berada bersamanya 24 jam. Semoga ulasan ini bermanfaat.

2 tanggapan untuk “Cara Mengatur Pelacakan Untuk Ponsel Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *