Cara Menggunakan Drone Agar Hasilkan Karya Fotografi Aerial Berkualitas

DuniaTeknologi.Info – Ingin hasilkan karya fotografi aerial berkualitas? Tahapan pertama yang harus diketahui adalah cara menggunakan drone yang benar. Sehingga lebih memudahkan dan membuat Anda makin mencintai dunia fotografi ini.

Sebelum Hunting Foto Ketahui Kawasan Terlarang

Penting untuk diketahui, kalau tidak semua tempat diizinkan untuk penerbangan drone. Tiga kawasan terlarang itu adalah KKOP (Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan) di bandara, restricted area ( kawasan udara terbatas), dan prohibited area (kawasan udara terlarang). Ada baiknya kalau Anda sudah memastikan kalau drone dilengkapi dengan fitur GEO (Geospatial Environment Online).

Peranti lunak ini berfungsi untuk mencegah perangkat ini memasuki daerah terlarang. Jadi Anda tidak akan pernah melanggar peraturan penerbangan dan permasalahan keamanan. Dengan begitu, dengan software ini, drone tidak akan memasuki kawasan, seperti fasilitas pembangkit tenaga listrik, lembaga pemasyarakatan (penjara), stadion yang tengah menggelar kejuaraan besar, dan bandar udara.

Memantau Ramalan Cuaca

Kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap hasil fotografi aerial. Karena itu, Anda harus selalu memantau ramalan cuaca. Kebutuhan akan informasi ini bisa didapatkan di berbagai media di internet. Anda bisa juga membuka situs UAV Forecast. Agar bisa memperoleh informasi terkait lokasi penerbangan drone, dan ramalan cuaca yang lebih detail dan akurat.

Jadi jangan sampai Anda sudah jauh-jauh pergi ke suatu tempat, tapi ternyata keadaan cuacanya tidak mendukung. Pastinya hal itu sangat mengecewakan, menguras tenaga, menghabiskan waktu dan uang Anda. Jadi pastikan keberangkatan Anda ke lokasi pemotretan sudah terencana dengan baik.

Karya foto aerial bisa terlihat sangat jernih dan tajam, berkat pencahayaan alami. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk hunting foto ketika cuaca sedang cerah. Sehingga Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari secara optimal. Jadi cara menggunakan drone ini jangan sampai terlupakan.

Manfaatkan Teknologi Gimbal

Kalau Anda memang ingin menggeluti bidang fotografi aerial, maka harus menyediakan dana khusus untuk pengadaan gimbal. Dengan teknologi ini, sangat mendukung pengambilan foto dari ketinggian yang maksimal. Agar drone bisa bekerja dengan baik, pastikan untuk sesuaikan perangkat gimbal ini dengan drone yang digunakan. Hal itu karena tidak seluruh drone cocok digunakan terkait dengan berat perangkat gimbal.

Kalau belum punya gimbal, Anda bisa melakukan ekperimen dengan setingan drone. Anda bisa menyesuaikan pengaturan zoom, frame rate, dan resolusi kamera. Sehingga dengan cara ini Anda tetap bisa menghasilkan karya foto yang sama bagusnya.

Jangan lupa untuk selalu menerbangkan drone di ketinggian yang diizinkan. Meskipun Anda ingin menerbangkan drone lebih tinggi dari biasanya. Cara itu diterapkan supaya kamera bisa mengambil gambar lanskap alam lebih luas. Dengan begitu, foto aerialnya makin menawan.

Jangan Sampai Kehabisan Baterai

Anda harus menyiapkan baterai cadangan secara meadai. Sehingga lebih nyaman dan tidak terburu-buru ketika menerbangkan drone. Perangkat ini bisa diturunkan dari aktivitasnya di angkasa, kala tenaga baterainya tinggal 20 persen. Kemudian cermati hasil jepretannya, kalau dianggap kurang memuaskan Anda bisa menerbangkannya lagi. Tentunya dengan menggunakan baterai cadangan yang sudah disiapkan.

Merekam dan mengambil foto dengan fitur screenshoot bisa menjadi alternatif. Karena dengan video itu bisa menangkap banyak momen, yang bisa saja kesulitan dilakukan melalui cara memotret. Memang resolusi dan kualitas foto tidak begitu bagus. Tetapi tetap masih layak kalau digunakan untuk menghiasi website Anda. Jadi cara menggunakan drone ini tetap sangat berguna untuk mendapatkan seluruh angle foto yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *