Cara Menghapus Akun Media Sosial Kamu untuk Selamanya

DuniaTeknologi.Info – Sosial media seringkali diibaratkan sebagai pedang bermata dua. Di satu sisi, sosial media bisa menjadi alat yang sangat bermanfaat. Namun, di sisi yang lain, sosial media juga bisa menjadi candu. Terlepas dari niat Anda untuk meluangkan waktu dari bermain sosial media atau menghapus jejak informasi Anda dari dunia maya, Anda mungkin tertarik untuk menonaktifkan beberapa akun  media sosial yang Anda punya.

Tapi, tahukah Anda bahwa menonaktifkan akun dan menghapus akun tersebut untuk selamanya adalah 2 hal yang berbeda? Perusahaan media sosial biasanya menggunakan informasi Anda sebagai informasi pemasaran. Jadi, tidak aneh jika mereka tidak akan melepas data Anda dengan mudah. Atas alasan ini pulalah, menghapus akun media sosial  Anda menjadi begitu rumit.

Jangan khawatir, masih ada cara untuk melakukannya. Berikut langkah-langkah yang harus Anda tempuh.

Facebook
Jika Anda pernah menonaktifkan akun Facebook Anda, mungkin Anda akan terkejut melihat hampir tidak ada yang berubah ketika Anda masuk kembali. Hal ini karena menonaktifkan Facebook sama sekali tidak menyentuh data di dalam akun Anda. Dengan kata lain, menonaktifkan akun sama saja dengan menyembunyikan akun Anda dari publik dan teman-teman Anda. Bahkan informasi Anda pun tidak akan hilang, termasuk hobi, artikel yang pernah Anda sukai, halaman favorit, atau bahkan permainan online yang Anda pernah ikuti. Misalkan saja Anda pernah membagikan kisah Anda bermain di 188bet, kisah ini akan tetap ada bahkan jika akun Anda sudah nonaktif.

Berikut langkah yang bisa Anda tempuh untuk benar-benar menghapus akun Facebook Anda:

1. Masuk ke Settings dan pilih General.
2. Pada bagian bawah, masuk ke bagian Manager Your Account, dan pilih Deactivate Your Account. Jangan lupa masukkan password Anda.
3. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar, kemudian pilih Deactivate.
4. Pada sudut kanan atas, pilih ikon Quick Help, kemudian pilih ikon Search.
5. Ketik Delete Account pada kotak isian yang tersedia.
6. Pada hasil pencarian yang ditampilkan, pilih How do I permanently delete my account?. Pada bagian ini, Facebook Anda menyajikan instruksi untuk “log into your account and let us know.” Kurang lebih, ini artinya menyajikan alasan di balik penghapusan akun. Klik tautan tersebut.
7. Masukkan password Anda dan jawab pertanyaan keamanan dengan benar.
8. Facebook akan memproses permohonan penghapusan akun Anda.

Ya, benar. Penghapusan akun di Facebook harus diawali dengan permohonan ke pihak Facebook sendiri. Pihak Facebook sendiri akan menunda proses penghapusan akun selama beberapa hari untuk memastikan Anda tidak mencoba masuk ke akun. Jika Anda sempat masuk, padahal Facebook belum menghapus akun tersebut, maka akun Anda akan tetap nonaktif.

Instagram
Instagram mirip dengan Facebook dalam hal tidak mengizinkan para penggunanya untuk menghapus akun mereka. Satu-satunya opsi yang dihadirkan langsung kepada Anda adalah untuk menonaktifkan akun Anda. Penonaktifan akun akan menyembunyikan foto profil, foto, riwayat tayangan yang Anda sukai, dan komentar Anda dari pengguna Instagram lain. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara masuk ke bagian Edit Profile. Kemudian, di bagian bawah layar, Anda akan menemukan opsi untuk menonaktifkan akun.

Jika Anda ingin menghapus akun Instagram Anda untuk selamanya, silahkan masuk ke halaman berikut:

https://instagram.com/accounts/remove/request/permanent/

Ketika Anda sudah berada di halaman tersebut, masukkan password Anda dan klik Permanently delete my account.

Twitter
Dibandingkan dengan kebanyakan sosial media, menghapus akun Twitter tampaknya sedikit lebih mudah.
Sebelum Anda menghapus akun Twitter yang Anda miliki, ada baiknya menyimpan arsip dari akun tersebut. Arsip ini akan berisi riwayat cuitan Anda berdasarkan rentang waktu. Untuk mengunduh arsip ini, masuk ke bagian Settings, kemudian klik Request your archive. Anda mungkin perlu menunggu beberapa lama sampai Twitter mengirimkan arsip ini kepada Anda. Ketika Twitter menyetujui permohonan ini, Anda akan dikirimkan surel yang berisi tautan untuk mengunduh arsip tersebut dalam format .zip.

Langkah berikutnya ialah Anda perlu masuk ke bagian Settings, kemudian tarik ke bagian bawah layar dan klik Deactivate my account. Kemudian, masukkan password Anda.

Perlu diingat bahwa Twitter akan menjaga data Anda selama kurang lebih 30 hari sebelum benar-benar menghapus akun tersebut. Durasi ini diberikan andaikata Anda tiba-tiba berubah pikiran dan masih ingin menggunakan akun yang sama. Setelah masa tersebut berakhir, Twitter akan memulai penghapusan akun Anda. Proses ini sendiri bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu.

Snapchat
Jika Anda berpikir ini sudah saatnya beralih dari Snapchat dan menghapus akun Anda disana, maka langkah-langkah berikut ini bisa membantu Anda melakukannya.

1. Masuk ke aplikasi Snapchat dan klik ikon profil ANda di bagian kiri atas layar.
2. Pilih Settings pada sudut kanan atas layar.
3. Pilih Support dari opsi yang tersedia dan Anda akan diarahkan ke fitur pencarian.
4. Ketikkan Delete my account pada kotak isian pencarian yang tersedia.
5. Fitur pencarian kemudian akan menampilkan panduan untuk menghapus akun Anda. Silahkan ikuti langkah demi langkah untuk memastikan akun Snapchat Anda dihapus seutuhnya.
Sebagaimana Twitter, Snapchat juga memberikan rentang waktu 30 hari sebelum proses penghapusan akun benar-benar dilakukan. Silahkan gunakan waktu ini jika Anda tiba-tiba berubah pikiran dan masih ingin menggunakan Snapchat 😊

Sosial media lain
Meski di luar Facebook, Instagram, Twitter, dan Snapchat masih banyak sosial media lainnya, namun proses penghapusan akun di kebanyakan sosial media mirip dengan sosial media di atas. Jika karena satu dan lain hal, Anda bingung bagaimana cara melakukannya, cara yang termudah adalah dengan menuju bagian Settings (nama opsi ini mungkin berbeda tergantung dari sosial media yang Anda gunakan) atau ke bagian dukungan sosial media tersebut. Dari sini, Anda seharusnya mendapatkan informasi perihal cara penghapusan akun. Selain itu, Anda pun sebenarnya bisa mencari cara untuk melakukannya dengan cara mencarinya di Google atau mesin pencari lain.

Satu hal yang perlu diingat adalah, Anda perlu komitmen untuk menghapus akun sosial media, jika memang Anda sudah memutuskan hal itu. Tiga puluh hari adalah waktu yang cukup lama, jadi pastikan Anda sudah memikirkannya matang-matang. Segala langkah yang Anda lakukan untuk menghapus akun sosial media akan menjadi sia-sia jika di tengah-tengah 30 hari masa percobaan tersebut, Anda memutuskan untuk urung menghapus akun.

Jadi, mungkin ada baiknya Anda mempertimbangkan opsi untuk menonaktifkan akun jika masih bimbang. Setidaknya, jika ternyata Anda masih butuh dengan akun sosial media tersebut, Anda masih bisa mengaktifkannya kembali.

2 tanggapan untuk “Cara Menghapus Akun Media Sosial Kamu untuk Selamanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *