Cara Menghapus Apple Id

DuniaTeknologi.Info – Memakai akun sendiri pada ponsel Apple Anda tentu lebih nyaman. Tetapi bagaimana jika Anda adalah pemilik kedua dari ponsel tersebut? Tentunya harus dilakukan penggantian akun, kan? Tetapi akun yang ada pada Apple Id ini tidak bisa dihapus. Terlebih Anda juga akan kesulitan masuk karena setiap ingin mengakses, akan muncul alamat surel yang lama. Sedangkan Anda tidak tahu password-nya. Lantas bagaimana cara menghapus Apple Id yang lama?

Apple Id sendiri merupakan sebuah akun yang dipakai agar bisa masuk dan mengakses layanan-layanan pada perangkat Apple, seperti pembelian applikasi di App Store, iMessage, Face Time, Apple Music, iCloud, dan masih banyak lagi. Layanan ini hanya bisa diakses dengan menggunakan akun Apple Id dan password. Menghapusnya tentu akan menghilangkan beberapa layanan yang pernah dijalankan sebelumnya.

Menghapus Apple Id yang tidak Anda inginkan, misalnya seperti Find My Friends atau iCloud mungkin akan sedikit sulit. Karena Apple meminta Anda untuk memasukkan kata sandi awal, yang digunakan untuk mengakses layanan ini. Hal ini untuk dimaksudkan untuk memproteksi, atau menghindari ponsel hasil curian diperjual belikan di pasaran.

Beberapa layanan aplikasi yang terdapat pada perangkat ponsel second (bekas), bisa saja hasil dari unduhan pihak pertama saat memakainya. Nah biasanya untuk melakukan pengunduhan pada App store atau layanan aplikasi lainnya, akan diperlukan akun email agar bisa masuk dan mengunduh.

Hal ini pastinya akan menjadi sebuah kendala tersendiri bagi Anda sebagai pengguna kedua. Karena biasanya setiap aplikasi kerap meminta pembaruan agar layanannya bisa digunakan secara optimal. Dan sudah tentu untuk melakukan pembaruan suatu aplikasi, anda perlu masuk menggunakan akun email sang pengguna pertama. Karena secara otomatis, iOS hanya akan mengingat bahwa aplikasi-aplikasi tersebut diunduh akun itu.

Lantas bagaimana cara menghapus Apple Id? Untuk mengatasi masalah ini, Anda sebenarnya bisa langsung menghapus aplikasinya. Namun beberapa layanan biasanya tidak mau dijalankan saat dilakukan pengunduhan ulang. Untuk itulah Anda perlu menanyakan atau meminta pemilik lama untuk memasukkan kata sandinya. Karena jika Anda tidak punya akses, maka akan membuat Anda kesulitan mengakses layanan pada ponsel tersebut. Setelah sang pemilik lama memberikan password-nya, maka Anda bisa melakukan cara menghapus Apple Id tersebut dengan mengikuti beberapa langkah-langkah berikut di bawah ini:

  • Masuklah ke menu pengaturan yang ada pada ponsel tersebut. Setelah itu klik bagian yang ada di atas berisi nama dan foto.
  • Setelah Anda berhasil masuk, pilihlah tulisan sign out. Kemudian klik tulisan yang menunjukkan kata delete from my iphone.
  • Masukkan password yang Anda dapatkan dari pemilik ponsel sebelumnya. Sebelum Anda benar-benar menghapusnya, pastika dulu apakah Anda masih ingin menggunakan atau menyimpan salinan data berupa iCloud yang berisi kalender, kontak, safari, dan pengingat.
  • Setelah memastikan semuanya, barulah klik tulisan sign out, dan Anda pun bisa memulai pengaksesan layanan di ponsel tersebut, dengan menggunakan akun email dan kata sandi anda sendiri.

Demikianlah ulasan tentang beberapa cara menghapus Apple Id, yang bisa Anda terapkan pada ponsel smartphone Anda. Yang terpenting pastikan Anda melakukan tahapannya dengan benar sesuai urutan langkah di atas. Nah, sekarang sudah megnerti caranya kan? Oh ya, supaya tidak merepotkan orang lain, jika Anda ingin menjual smartphone Anda, pastikan menghapus Apple ID terlebih dahulu seperti cara di atas juga ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *