Cara Mengoptimalkan Kecepatan RAM pada Windows dengan Virtual Memory

DuniaTeknologi.Info – Apakah Anda pernah membuka dan menggunakan banyak aplikasi yang ukurannya akan memakai banyak memory RAM? sehingga hal itu akan membuat kapasitas RAM pada komputer Anda penuh atau melebihi kapasitasnya sehingga terasa lemot dalam proses loading ? Apabila hal itu terjadi pada Anda maka komputer akan memakai Virtual memory sebagai cadangan pada PC.

Perlua Anda ketahuia RAM merupakan Memory terpenting pada sebuah komputer sebagai tempat penyimpanan pemrosesan data aplikasi yang berjalan, dan untuk Virtual Memory (VRAM) dapat kita artikan sebagai Memory cadangan yang digunakan saat data aplikasi yang berjalan melebihi kapasitas RAM yang tersedia pada komputer Anda sehingga hal itu memperkecil terjadinya Crash atau error sebab kehabisan RAM.

Trik dan Tips Mengoptimalkan Kecepatan RAM Windows dengan Virtual Memory

Dalam hal ini, contohnya RAM pada PC Anda hanya 2GB dan ukuran data proses semua aplikasi yang terbuka sebesar yaitu 2,5GB, maka RAM akan membutuhkan 2,5GB untuk memproses aplikasi tersebut. Apabila tidak maka akan terjadi error dan lemot yang selainjutnya system akan memakai VRAM untuk menambah sisa memory yang kurang supaya komputer Anda dapat memproses aplikasi yang sedang berjalan.

Pada setiap komputer VRAM tentu tidak akan secepat RAM dalam masalah memproses data aplikasi yang berjalan, hal ini disebabkan Virtual memory tempatnya di hardisk. Dimana hal itu hanya bersifat untuk tempat penyimpanan data file jangka panjang saja bukan berfungsi khusus untuk pemrosesan aplikasi dan VRAM diciptakan hanya untuk membantu RAM pada komputer mencadangkan memory untuk memproses banyak aplikasi yang sedang berjalan.

Jika kita pakai bahasa kerennya sih VRAM merupakan asisten dari RAM sebab dia hanya membantu saja saat RAM telah tidak sanggup lagi menampung data proses aplikasi yang berjalan tersebut, tetapi apabila RAM masih tersisa maka VRAM tidak digunakan.

Dalam hal ini apabila Virtual memory komputer sedikit dan RAM dikomputer Anda telah melebihi batas yang tersedia, maka secara otomatis komputer akan memeperoleh peringatan bahwa VRAM terlalu sedikit untuk memproses aplikasi yang sedang berjalan tersebut.

Secara umum data proses aplikasi yang berjalan tersebuta akan disimpan di Paging File yang disebut swap jika pada OS linux. Perlu Anda ketahui bahwa penyimpanan pada paging file bersifat sementara, saat komputer dimatikan maka data proses aplikasi yang sedang berjalan tersebut akan terhapus. Hal ini juga berlaku pada RAM yang akan secara otomatis menghapus data proses aplikasi yang berjalan jika komputer sudah dimatikan sehingga keduanya menjadi kosong kembali seperti sedia kala.

Ukuran Virtual Memory yang Ideal pada Komputers

Di bawah ini adalah beberapa ukuran VRAM ideal yang telah di sesuaikan dengan kapasitas RAM di Komputer Anda, antara lain :

·         RAM 512 Maka VRAM 1GB.

·         RAM 1GB Maka VRAM 2GB.

·         RAM 2GB Maka VRAM 4GB.

·         RAM 4GB Maka VRAM 2GB.

·         RAM 8GB Maka VRAM 1GB.

Mengapa saya mengidealkan seperti list diatas, sebab VRAM tercipta dari Hardisk yakni mengambil kuota ukuran hardisk. Maka semakin tinggi VRAM, secara otomatis semakin diambil pula kuota pada hardisk di komputer Anda sehingga apabila RAM lebih besar misalnya 4GB cukup VRAM 2GB saja. Hal ini bertujuan untuk menghemat kuota memory hardisk. Tetapi apabila Anda menggunakan sebaliknya RAM hanya 512MB, maka saya sangat merekomendasikan VRAM disetting lebih besar supaya komputer tetap optimal.

Cara Terbaik Mengatur Ukuran penyimpanan Paging File VRAM pada Windows

Ini adalah langkah untuk mengatur virtual memory yang dapat Anda lakukan pada beberapa windows misalnya windows 10, windows xp, windows 7, dan windows 8, antara lain :

·         Pertama-tama Anda ketik dan Cari ‘ Control Panel ‘ di pencarian Start windows.

·         Di hasil pencarian yang Anda lakukan klik pada control panel.

·         Disana Anda pilih menu System and Security.

·         Kemudian Anda pilih System.

·         Nah, Anda saat ini berada di informasi komputer. Disana Anda lihat baik-baik pada ukuran RAM yang terinstal pada PC Komputer, supaya nanti bisa dengan mudah dalam menentukan ukuran paging file yang diperlukan. Apabila Anda telah memahami dan melihatnya, kita lanjutkan dengan klik pada Advanced System Settings, selanjutnya akan muncul jendela System Properties pada komputer.

·         Disana yakni di Tab Advanced, Anda perhatikan di menu Performance, Anda klik pada Settings. Berikutnya maka akan muncul jendela Perpormance Options.

·         Selanjutnya Anda pilih Tab Advanced.

·         Nah, pada menu Virtual Memory tersebut Anda klik Change dan akan muncul jendela Virtual Memory.

·         Disana Anda kilangkan Centang pada Automatically Manage Paging file size for all drive.

·         Setelah itu Anda pilih Drive atau hardisk mana yang ingin di ambil sedikit kuotanya untuk dijadikan paging file, terserah Anna yang mana yang ingin Anda pilih sebab tidak ada efek apapun dalam pemilihan hardisk ini.

·         Berikutnya Anda klik pada Custom Size.

·         Tepat di kolom initial Size dan Maximum Size ini Anda isi dengan ukuran paging file sesuai dengan keinginan Anda, ingat Anda harus memastikan ukurannya ideal dengan RAM yang terpasang dengan PC atau komputer Anda supaya tetap optimal. Dalam hal ini, semakin banyak paging file, maka semakin dikurangi kuota hardisk yang Anda pilih sebelumnya.

·         Setelah Anda berhasil mengaturnya, Klik Set.

·         Kemudian Anda klik OK untuk menyimpan settingan yang sudah Anda atur tersebut. Setelah itu Anda Restart PC komputer, supaya effect settingan yang sudah Anda simpan tersebut dapat segera diterapkan.

Demikian Cara Mengoptimalkan Kecepatan RAM pada Windows dengan Virtual Memory yang dapat saya sampaikan. Sebenarnya untuk Anda yang tidak terlalu sering membuka beberapa applikasi secara bersamaan ini tidak terlalu penting untuk di lakukan. Sebab secara umum RAM akan habis jika Anda membuka beberapa applikasi yang berukuran berat bersamaan.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas penggunaan RAM yang banyak dan menghabiskan VRAM juga akan membuat PC komputer Anda akn eror atau malah akan hank, maka dari itu jangan sampai penggunaan RAM sampai habis.

Saran saya, jika memang tidak banyak applikasi yang di butuhkan untuk bekerja, jangan terlalu banyak membukanya. Ini untuk menjaga ke stabilan pada komputer Anda, dengan begitu tidak akan lemmot atau bahkan terjadi Hank pada Komputer Anda.

Namun ada baiknya Anda mengetahui Cara Mengoptimalkan Kecepatan RAM pada Windows dengan Virtual Memory. Sebab kita tidak tahu apa yang kita kerjakan setiap hari, mungkin akan enak saat apa yang kita kerjakan tidak terhubung ke applikasi lain, tapi jika terhubung dan wajib membukanya agar lebih cepat. Selain itu, ini juga berjaga jaga agar komputer Anda tidak terjadi hank. Sebab sekali saja terjadi hank, biasanya hank tersebut akan terjadi lagi di beberapa waktu selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *