3 Cara Menyambungkan HP ke TV Dengan Sangat Mudah dan Praktis

Pasti di zaman sekarang sudah banyak orang yang memiliki HP Android. Pernahkah terlintas di benak Anda untuk menggunakan layar pada TV sebagai pengganti layar HP? Lantas bagaimana cara menyambungkan HP ke TV?

Perkembangan teknologi semakin ke sini memang semakin canggih. Dibuktikan dengan banyaknya model perangkat teknologi yang ada di dunia ini. Itu karena perangkat tersebut sangat cepat perkembangannya.

Contohnya adalah TV yang sekarang memiliki berbagai bentuk. Padahal dahulunya TV itu berbentuk tabung. Tetapi sekarang, TV tabung sudah banyak ditinggalkan karena memiliki berbagai kelemahan. Orang-orang lebih menyukai TV dengan model terbaru.

Begini Cara Menyambungkan Hp ke TV Dengan Mudah

Selain karena mengikuti perkembangan zaman, rupanya TV keluaran terbaru memiliki berbagai kelebihan, salah satunya yang akan kita bahas yaitu bisa dihubungkan dengan HP. Menyambungkan Hp ke TV merupakan cara lain untuk menikmati game, menonton video atau film, atau hal lainnya. Dengan layar yang lebih besar dan lebar, mata menjadi lebih puas menikmati keseruan bermain game. Langsung saja kita bahas cara menyambungkan HP ke TV.

  1. Menggunakan Wireless Display

Ketika Anda ingin menghubungkan HP Anda ke TV, Anda bisa melakukan cara ini. Langkahnya cukup mudah karena tidak membutuhkan kabel sebagai media perantaranya.

Anda hanya perlu membeli perangkat bernama Wireless Display di toko elektronik atau toko komputer terdekat. Kemudian, Anda perlu mendownload aplikasi yang sesuai dengan perangkat Wireless Display milik Anda.

Tips lain yang wajib Anda baca:

Setelah itu, Anda tinggal memasang Wireless Display pada TV Anda dan selanjutnya Anda hubungkan saja HP Anda dengan TV yang telah terpasang Wireless Display.

  1. Menggunakan Kabel HDMI to HDMI

Anda bisa menghubungkan HP ke TV menggunakan kabel HDMI to HDMI. Jika Anda belum mempunyai kabel ini, Anda bisa membelinya di toko elektronik terdekat. Setelah itu, lakukan langkah di bawah ini:

  1. Hubungkan kabel HDMI to HDMi dengan HP Android Anda dan TV Ada. Pastikan TV dalam keadaan mati
  2. Hidupkan TV Anda lalu pindahkan saluran TV ke saluran HDMI
  3. Aktifkan HDMI Connection pada smartphone Anda

Setelah melakukan cara di atas, maka HP Anda sudah tersambung dengan TV. Anda sudah bisa melihat layar TV Anda sama dengan yang ada pada HP Anda.

  1. Menggunakan Chromecast

Ketika Anda menggunakan cara ketiga ini, Anda tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan TV Anda dengan HP. Itu karena sudah ada perangkat penggantinya, yaitu Chromecast.

Cara ini juga bisa dibilang cara yang mudah untuk menyambungkan HP ke TV Anda. Anda hanya perlu membeli perangkat bernama Chromecast di toko elektronik maupun toko online. Chromecast itu bentuknya seperti USB dan memiliki fungsi seperti Hotspot dan Wi-Fi.

Jadi, seolah-olah HP Anda itu berfugsi sebagai Hotspot sedangkan TV Anda akan berfungsi sebagai Wi-Fi yang berperan untuk mengakses HP Anda. Berikut adalah cara-cara menghubungkan HP agar bisa dilihat di TV Anda dengan menggunakan Chromecast.

  1. Hubungkan perangkat Chromecast dengan TV Anda dengan memasukkan melalui lubang HDMI pada TV
  2. Hidupkan fitur Hotspot pada HP Anda
  3. Download aplikasi Google Home di Playstore
  4. Buka aplikasi Google Home dan pilih pengaturan untuk menyambungkan TV dengan HDMI
  5. Pindahkan saluran TV Anda menjadi saluran HDMI
  6. Lakukan sinkronisasi dengan memasukkan kode pada TV Anda

Proses menghubungkan HP dengan TV sudah selesai. Cukup mudah bukan. Anda bisa menikmati tampilan layar TV Anda seperti pada HP Anda. Nah, itulah 3 cara menyambungkan HP ke TV dengan menggunakan kabel maupun tanpa kabel.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *