Cara Merawat Laptop/Komputer Agar tidak Cepat rusak

Cara Merawat Laptop/Komputer Agar tidak Cepat rusak – Laptop ataupun komputer merupakan sebuah barang elektronik yang memang rawan mengalami kerusakan, karena merupakan barang elektronik atau rakitan sehingga harus benar-benar dirawat. Meskipun ada banyak sekali laptop ataupun komputer yang dibilang tahan lama atau tidak akan rusak, sebenarnya semua sama bahkan laptop yang murah saja jika dirawat dengan baik akan tahan lama, begitupun juga sebaliknya Jika komputer atau laptop yang harganya mahal dan dikatakan tahan lama tetapi jika tidak dirawat dengan baik sama saja, akan lebih cepat rusak.

Cara Merawat Komputer/Laptop Agar Tidak Cepat Rusak (Source : pro.co.id)

Jadi disini, bukan bagaimana harganya atau tahan lamanya, tetapi bagaimana cara kita merawat laptop ataupun komputer tersebut agar bisa digunakan dengan baik dan tidak bermasalah, Kita sendiri harus selalu merawat laptop/komputer apalagi jika kita sangat membutuhkannya, karena nantinya akan mengganggu aktifivitas anda.

Ditambah lagi, untuk memperbaiki laptop/komputer yang rusak itu butuh biaya yang bisa dibilang cukup mahal dan harus diperbaiki oleh orang yang memiliki cukup ilmu atau sudah berpengalaman dibidangnya. Nah, disini duniateknologi.info akan membagikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat laptop/komputer anda agar tidak mudah rusak dan tahan lama.

Berikut ini ulasannya.

1. Bersihkan Selalu Bagian-Bagian PC/Laptop

Cara yang cukup mudah dan harus anda lakukan pertama adalah dengan Membersihkan bagian-bagian dari Pc/Laptop, tidak perlu kebagian dalam langsung, mulailah pada bagian luar dulu mulai dari Keyboard, Layar monitor, mouse, baterai,cpu dan bagian-bagian lainnya.

Anda bisa gunakan kuas untuk membersihkannya, ataupun jika ada debu yang sulit hilang bisa dibersihkan menggunakan kain yang agak basah (jangan terlalu basah) karena debu yang terlalu banyak juga akan merusak laptop/pc anda.

Usahakan untuk membersihkan bagian-bagian ini secara rutin misalnya 1 bulan sekali ataupun lebih.

2. Jangan Gunakan Internet Pada Cuaca Yang Tidak Mendukung.

Biasakan untuk tidak menyalakan internet pada cuaca yang tidak mendukung, misalnya saat ada banyak petir ataupun hujan lebat, karena nantinya bisa saja aliran internet tersambar oleh petir dan mengalir ke dalam laptop/pc anda sehingga akan mengalami kerusakan parah di bagian dalam Komputer maupun Pc.

Namun lebih baik anda juga tidak menyalakan PC atau laptop saat sedang ada hujan lebat ataupun petir.

3. Matikan Komputer Dengan Program

Mungkin anda sering mematikan komputer atau laptop tanpa program shutdown,  sebenarnya yang anda lakukan adalah salah karena itu sama saja dengan mematikan paksa komputer/laptop anda sehingga sistem yang sedang bekerja tiba-tiba mendadak mati.

Disarankan bagaimanapun situasinya, sebaiknya anda mematikan komputer ataupun laptop dengan program shutdown untuk menghindari terjadinya kerusakan pada sistem.

4. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan akan memperbanyak kinerja Ram pada komputer atau laptop sobat, tak hanya itu, Aplikasi-aplikasi ini juga dapat mengganggu sistem kerja Hardisk komputer dan memberatkan komputer.

Sebaiknya anda menguninstall aplikasi ataupun software tak terpakai untuk mengurangi beban kinerja Ram dan menghindari terjadinya kerusakan hardisk.

5. Jangan Gunakan Laptop Diatas Kasur/Kain

Kain ataupun kasur dapat membuat baterai dan sistem bawah laptop menjadi panas, sehingga rentan terhadap kerusakan mesin. Untuk itu disarankan untuk menggunakan laptop di tempat lain, jika memang tidak bisa maka sebaiknya diberikan alas keras dibawah laptop seperti buku ataupun meja kecil agar baterai tidak mudah panas dan rusak.

6. Jangan Menggunakan Baterai Sampai Habis

Untuk menghindari kerusakan pada baterai laptop anda, usahakan untuk tidak menggunakan laptop anda sampai baterainya benar-benar habis (0%) karena jika anda terus menggunakannya secara terus-menerus hingga baterainya habis, baterai laptop tersebut akan menjadi lebih mudah panas dan rentan terhadap kerusakan baik itu ringan ataupun kerusakan parah.

7. Jangan Gunakan Baterai Untuk bermain terlalu lama

Jika anda bermain laptop dalam waktu yang lama dengan menggunakan baterai, baterai laptop anda akan lebih cepat menggembung dan mudah terkena kerusakan. Untuk itu sebaiknya jika ingin menggunakan laptop dalam waktu yang lama gunakanlah Adaptor, dan jika hanya ingin menggunakan sebentar, gunakan baterai namun jangan sambungkan adaptor.

8. Jangan Bermain Laptop Saat sedang Di cas

Hal ini berdampak sama seperti poin diatas, jika anda menggunakan laptop anda terus-menerus saat sedang di-cas, ini akan mempercepat penggembungan baterai sehingga kualitas baterai laptop anda akan menurun dan mudah terjadi kerusakan.

9. Jangan Menimpa Laptop

Usahakan agar tidak menimpa laptop anda sedikitpun, karena nantinya laptop anda akan mudah rusak terlebih lagi jika ditimpa benda-benda yang massanya lumayan berat.

10. Jangan Letakkan Benda Cair Di Dekat Laptop

Selalu hati-hati saat menggunakan laptop, jangan letakkan benda cair di sekitar laptop karena bisa saja nanti anda mengalami kesalahan, Laptop merupakan benda elektronik dan setiap benda elektronik pastinya akan rusak jika terkena air, begitupun juga dengan laptop. Untuk itu anda harus menjaga laptop maupun komputer anda agar tidak terkena air.

11. Jangan Menggunakan Laptop Pada Ruang Yang Bersuhu Panas

Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen dalam laptop, jadi sebaiknya jangan gunakan laptop di ruang bersuhu panas, namun jika memang benar-benar terpaksa ada baiknya anda menggunakan cooling pad untuk mengipasi komponen-komponen laptop dan memperkecil potensi kerusakan di laptop sobat.

12. Jangan Angkat /Gerak-gerakkan Laptop Saat Menyala

Pada saat menyala, sistem kerja laptop terus menyala dan kipasnya berputar, sehingga saat anda mengangkat atau menggerak-gerakkanya, kipas ini akan mengganggu sistem kerja komponen-komponen lain sehingga akan rentan terhadap kerusakan parah.

13. Atur Tingkat Kecerahan

Saat menggunakan laptop, atur tingkat kecerahan yang sesuai. Jangan terlalu cerah ataupun terlalu redup, jika terlalu cerah akan membuat laptop anda menjadi boros, gunakanlah pada kondisi rata-rata, selain dapat menghindari kerusakan dapat juga untuk menjaga kesehatan mata anda.

14. Pasang Screen Protektor

Gunakan Screen Protector untuk menghindari adanya gesekan dan debu yang dapat merusak laptop/komputer anda nantinya.

15. Gunakan Stabilizer

Saat menggunakan laptop pada daerah tertentu, gunakanlah stabilizer untuk mencegah tegangan listrik berlebihan ke laptop yang dapat merusak sistem kerja laptop dan juga dapat mencelakakan anda.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak, semoga bermanfaat untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *