Cara Mudah Melacak HP yang Hilang Dengan Email Gmail

Cara Mudah Melacak HP yang Hilang Dengan Email Gmail – Mungkin beberapa orang akan merasa sangat sedih di kala ponsel yang ia miliki malah hilang, entah itu hilang di ambil orang atau memang hilang tapa sengaja. Terlebih lagi jika di dalam ponsel tersebut ada beberapa data yang memang sangat di butuhkan. Mungkin ada file pekerjaan kantor atau ada beberapa file tugas bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

Nah, untuk melakukan pelacakan pada ponsel tersebut sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh. Tapi dalam hal ini kita akan mengulas bagaimana Cara Melacak HP yang Hilang melalui Email Gmail yang ada ponsel tersebut. Agar Anda dapat memahaminya secara menyeluruh, mari kita simak ulasannya di bawah ini!

Syarat Sebelum Melakukan Pelacakan pada Ponsel

Perlu Anda ketahui bahwa untuk melakukan pelacakan disini ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, tujuannya agar Anda dapat memperoleh tempat da lokasi yang akurat dari lokasi yang ada pada map.

Anda Harus Mengetahui Email Gmail yang Ada di Smartphone

Dalam hal ini jika Anda ingin melacak menggunakan email, tentunya Anda harus tau email yang tertanam di dalam ponsel yang hilang tersebut. Apakah Anda masih bingung ? Hemm…jangan bingung yah…!!!

Apabila Anda sudah pernah mendownload aplikasi atau game di Google Play Store, maka itu artinya Anda sudah menambahkan email ke dalam smartphone tersebut. Sebab jika tanpa email, aplikasi Google Play Store tidak akan dapat di pakai untuk mendownload aplikasi ataupun game.

Intinya Anda harus mengetahui apa alamat email dan kata sandinya karena akan kita pakai untuk login ke situs pelacak HP Android yang memang disediakan oleh Google secara gratis.

Ponsel Harus Terhubung ke Internet

Tentunya akan sangat ustahil ada orang yang mampu melacak jika HP yang akan dilacak jika tidak terhubung ke internet. Dimana internet merupakan penghubung antara perangkat pelacak dengan smartphone yang akan dilacak tersebut.

Pada dasarnya Anda masih bisa tetap melacak smartphone tersebut walaupun tidak terhubung ke internet. Namun, lokasi yang terdeteksi nantinya lokasi terakhir kali smartphone tersebut terhubung ke internet.

Makanya jika Anda memang ingin melacaknya secara akurat tentunya smartphone harus terhubung ke internet donk. Jika masih terus terhubung ke internet maka juga bisa melacaknya secara real-time, perpindahan lokasi smartphone bisa Anda lihat setiap menit.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Menggunakan Email

Seperti yang telah di jelaskan pada beberap situs terkemuka bahwa ada banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan, namun menurut pandangan saya ini merupakan cara yang paling akurat. Sebelum memulai, terlebih dahulu Anda perlu menyiapkan perangkat komputer atau smartphone yang akan dipakai sebagai pelacak.

Tapi perlu Anda ketahuia pada tutorial kali ini saya menggunakan komputer, dan jangan khawatir jika Anda memakai smartphone, karena caranya sama saja dan memang tidak jauh beda. Biar gak buang waktu, simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama tama Anda buka situs Find My Phone, selanjutnya Anda login memakai email Gmail yang tertanam di smartphone yang hilang.
  • Apabila login berhasil Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi peta.
  • Dan pada peta yang tampil pada halaman tersebut, Anda disana akan dapat melihat ikon smartphone pada satu titik peta.
  • Nah itu adalah tanda smartphone Anda Anda, jadi Anda dapat langsung meluncur ke lokasi tersebut.
  • Dalam hal ini agar Anda bisa melihat informasi lengkap mengenai alamat tersebut, alangkah baiknya jika pilih ikon + yang ada di pojok kanan bawah layar.
  • Cara memastikan, apakah lokasi yang ditunjukkan akurat atau tidaknya, maka Anda dapat melihatnya melalui tulisan yang ada pada bagian bawah merk smartphone, tepatnya di pojok kiri atas yah.

Fitur-fitur Find My Phone

Perlu anda ketahui bahwa selain bisa digunakan untuk melacak lokasi HP Android yang hilang dengan email, situs Find My Phone yang diusung oleh Google ini juga menyediakan beberapa fitur unggulan yang sangat bermanfaat untuk penggunya.

Beberapa fitur tersebut tentunya akan dapat membantu Anda untuk memecahkan berbagai masalah dan solusi saat smartphone hilang. Mungkin saja Anda masih bingung bukan mengenai beberapa fiturnya, maka dari itu mari kita simak ulasannya sebagai berikut :

Putar Suara

Saat Anda memakai fitur yang satu ini, smartphone akan berdering selama 5 menit lho. Walaupun pada kenyataannya smartphone sedang berada dalam mode senyap, ponsel Anda akan tetap berdering dengan volume yang paling keras.

Menurut saya fitur ini sangat berguna saat Anda mengintai orang yang Anda curigai mencuri ponsel Anda, tetapi Anda belum yakin bahwa dia pelaku yang sebenarnya. Anda bisa memakai fitur ini untuk mengidentifikasinya, dan apabila ada ponsel berdering disekitar lokasi orang yang Anda curigai tersebut tepat saat Anda mengaktifkan fitur “Putar Suara“.

Maka saran saya Anda introgasi orang tersebut, tapi tentunya dengan cara yang baik. Selain kegunaan tersebut fitur ini juga dapat membantu ketika Anda lupa menaruh ponsel, jadi Anda tidak akan kesulitan lagi untuk mencarinya.

Amankan Perangkat

Fitur yang satu ini bisa Anda pakai untuk mengunci dan mengirimkan pesan kepada pemegang ponsel Anda yang hilang tersebut. Bahkan tidak hanya mengirim pesan saja, dalam hal Anda juga bisa sambil menyertakan nomor HP yang bisa dihubungi.

Apabila orang yang menemukan ponsel Anda memang berniat untuk mengembalikannya, dia akan bisa menghubungi ke nomor telepon yang Anda kirim tersebut. Pesan ini akan otomatis tampil di layar kunci ponsel Anda yang hilang.

Hapus Perangkat

Apabila ponsel yang hilang tidak ada harapan untuk kembali, maka Anda bisa memakai fitur ini untuk mengamankan data pribadi di dalam ponsel Anda tersebut. Perlu Anda ketahui dengan memakai fitur ini, maka semua data akan dihapus atau dikembalikan ke pengaturan pabrik (reset). Namun ini akan berakibat setelah memakai fitur ini Anda tidak akan bisa lagi melacaknya, karena akun Google Anda juga akan ikut terhapus dari ponsel tersebut.

Demikian Cara Melacak HP yang Hilang Dengan Email Gmail yang ada pada smartphone Anda. Pada dasarnya tidak satupun orang yang ingin kehilangan ponsel yang ia miliki, tapi apa boleh di kata jika memang sudah nasih, maka mau tidak mau harus Anda terima.

Seperti yang saya jelaskan di atas, syarat utama untuk melakukan pelacakan tersebut Anda harus mengetahui email dan sandi yang ada ponsel. Oleh karena itu saran saya Anda dapat mencatat email dan sandi HP Anda pada buku, supaya saat terjadi kehilangan dapat Anda lacak dengan sangat mudah. Ini hanya sebatas cara untuk menghadapi hal tidak dinginkan, tapi mari kita kembali lagi berdo’a agar ponsel kesayangan tidak pernah hilang dari tangan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *