Cara Mudah Melacak Ponsel dengan GPS 100% Work

Cara Mudah Melacak Ponsel dengan GPS 100% Work – Apakah Anda sedang mengalami kehilangan ponsel ? entah itu sengaja di ambil orang atau memang karena keteledoran kita sendiri akan membuat kita merasa. Saya yakin Anda akan panik ketika mengetahui bahwa ponsel yang Anda punya telah hilang.

Saya sendri pernag mengalami hal tersebut waktu masih duduk di bangku SMK, waktu saya sangat bingung mau mencari kemana sebab ponsel yang saya letakkan di tas malah hilang padahal seingat saya, saya belum mengambilnya.

Saat itu saya sangat bingung, sebab disana ada beberapa data yang memang sangat penting. Selain beberapa kontak sanak saudara dan beberapa orang terdekat saya, dalam ponsel tersebut juga tersedia beberapa materi pelajaran yang memang saya simpan agar saat belajar tidak harus selalu membawa buku.

Sudah saya coba telfon, memang masih aktiv tapi tidak pernah di angkat. Waktu saya berfikir gak papa dech ponsel saya di ambil yang penting data saya tidak hilang. Karena sangat amat bingung saya mencoba konsultasi pada guru saya yang memang jago mengenai masalah IT. Dia menyarankan saya untuk melacak keberadaan ponsel saya melalui GPS. Dan alhamdulillah melalui cara tersebut ponsel saya berhasil kembali pada saya yang ternyata sudah di jual pada orang lain. Disana saya hanya meminta data yang saya butuhkan untuk bahan ujian praktek saja. Gak papa dech dari pada saya harus mengulang dari awal membuat materi tersebut.

Nah dari pengalaman saya di atas, mungkin saja Anda sedang mengalaminya juga, saya ingin mengulas beberapa cara yang saya gunakan untuk melacak keberadaan ponsel melalui GPS. Simak ulasannya secara rinci di bawah ini!

Cara Melacak Ponsel Android dengan GPS

Untuk melakukan hal ini pertama-tama Anda cukup pergi ke web Find My Device: https://www.google.com/android/find. Tetapi langkah ini hanya bisa lakukan apabila Anda sudah menginstal aplikasi Find My Device yang sudah diaktifkan pada ponsel Anda tersebut. Berikutnya Anda masukkan alamat email dan password (email yang dipakai harus email yang aktif dan dipakai pada ponsel Anda). Jika sudah selesai, aplikasi Find My Device secara otomatis akan melacak ponsel atau tablet Android Anda yang hilang.

Cara Melacak iPhone dengan GPS

Setelah kita mempelajrai bagaimana melacak ponsel pada Android, selanjutnya kita akan mempelajrainya bagaimana cara melacak iPhone. Nah untuk melakukannya pertama-tama Anda kunjungi terlebih dahulu https://www.icloud.com. Jika Anda ingi menggunakan cara ini, ingat fitur Find My iPhone harus sudah diaktifkan pada iPhone Anda.

Kemudaian Anda masuk ke akun iCloud. Selanjutnya di sana asukkan ID Apple Anda beserta kata sandinya pada kolom yang di bagian tengah halaman, lalu klik “>”. Setelah langkah tersebut selesai di lakukan dasbor akun iCloud akan dibuka, dan apabila Anda sudah masuk ke akun iCloud, lewati langkah ini.)

Selanjutnya Anda klik kursor “Find iPhone”. Kemudian Anda masukkan password pada kolom yang ada di tengah halaman. Klik saja kursor “All Devices” yang berada di bagian atas halaman ponsel atau laptop yang Anda gunakan untuk melacak tersebut. Selanjutnya disana akan tampil menu drop-down. Pilihlah nama iPhone dari menu drop-down tadi yah. Setelah Apple melacak keberadaan iPhone Anda tersebut, maka akan secara otomatis Anda akan bisa melihat lokasi iPhone Anda dan beberapa pilihan di sisi kanan halaman:

  • Play Sound: pada pilihan yang satu ini, iPhone akan memainkan suara yang jelas sehingga Anda dapat menemukan iPhone Anda dengan sangat cepat.
  • Lost Mode: dan pada pilihan yang satu ini akan memungkinkan Anda untuk mengunci iPhone Anda dan menangguhkan fitur Apple Pay di iPhone. Selain itu Anda juga bisa menampilkan pesan pada layar iPhone.
  • Erase iPhone: dan yang terakhir pada pilihan ini akan menghapus semua data di dalam iPhone Anda. Tapi sebelum Anda melakukan hal ini pastikan dulu sudah punya backup-annya.

Cara Melacak Ponsel orang lain dengan GPS

Saat Anda belum menginstal aplikasi Find My Device, saya yakin Anda akan bingung bagaimana caranya agar bisa melacak ponsel Anda yang hilang. Jangan khawatir yah. Pertama-tama Anda pasang GPS Tracker pada ponsel temen Anda ataupun pada ponsel orang terdekat Anda. Nah untuk  Anda pengguna iPhone buka App Store pada ponsel tersebut, sentuh search. Disana Anda masukkan “gps tracker”, geser layar dan pilih GET yang ada di samping label “GPS TRACKER”, kemudian Anda masukkan password ID Apple Anda.

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan Android, pertama tama Anda perlu membuka Google Play Store, lalu ketik “phonetracker with friendmapper”, selanjutnya Anda pilih “PhoneTracker with FriendMapper”. Kemudian Anda pilih install dan pilih accept. Disana Anda buka aplikasi GPS Tracker pada ponsel. Setelah selsai di instal Anda pilih tombol open. Kemudian Anda akan dibawa ke pembuatan akun. Disana Anda pilih Step 1 – Create Account. Dalam hal ini Anda perlu memasukkan detil akun seperti email address, verifikasi email address, first name, dan juga last name.

Jika Anda menggunakan ponsel dengan OS Android, Anda perlu memasukkan nama depan dan nama belakang duluan sebelum masukkin email yah. Disana Anda pilih “Create Account”. Kemudian anda pilih “OK”, dan selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman awal pembuatan akun tersebut.

Disana Anda akan diminta konfirmasi setelahnya dengan Anda memilih “Enter Confirmation Code”. Langkah berikutnya Anda perlu memasukkan kode konfirmasi pembuatan akun dengan cara buka email Anda. Ingat jika tidak masuk ke inbox email Anda, maka Anda bisa ngecek ke folde “Spam” ataupun “Junk”. Nah lanngkah berikutnya Anda masukkan kode konfirmasi pada kolom teks. Setelah selesai Anda pilih “verify confirmation code”.

Dalam hal ini Anda dapat mengulangi proses pembuatan akun pada PONSEL orang lain. Pada applikasi tersebut Anda pilih tombol “+”. Selanjutnya Anda pilih “send invite”. Disana Anda dapat memilih siapa yang akan Anda undang. Agar proses ini bisa berhasil Anda dapat meminta orang yang Anda pilih untuk menerima undangan Anda. Dengan begitu maka Anda akan bisa meninjau ponsel orang yang bersangkutan dari ponsel yang Anda pakai.

Beberapa cara di atas merupakan hanya tips biasa agar ponsel Anda dapat di temukan ketika hilang. Pada dasarnya setiap ponsel pasti akan ada email yang terdaftar di dalamnya, selama email tersebut tidak di hapus atau tidak dilakukan restart oleh orang yang menemukan ponsel Anda, maka disana masih ada harapan ponsel Anda akan ketemu.

Memang cara di atas membutuhkan applikasi agar dapat berhasil, tapi seperti yang saya katakan Anda akan dapat melacak ponsel Anda yang hilang dengan menggunakan email yang ada pada ponsel tersebut, dengan ponsel itu masih belum di restart.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *